12 Cara Mudah Mengatasi Android yang Sering Lag dan Macet

12 Cara Mudah Mengatasi Android yang Sering Lag dan Macet






 Selamat datang di artikel ini, anda datang ke sini pasti untuk mencari informasi tentang cara mengatasi android lemot / macet iya'kan. Oke, langsung saja kita bahas masalah anda di bawah. Mohon di baca sampai tamat yah supaya tidak salah paham nanti 😆. 

Android yang spesifikasi rendah tentu pernah mengalami lag atau macet saat menjalankan aplikasi berat. Hal ini membuat anda greget karena smartphone yang macet / lag.

Menurut riset, smartphone yang mengalami lag / macet adalah smartphone keluaran zaman batu, jika anda ingin simple untuk mengatasi android lag maka ganti android anda dengan yang baru.

Masalah ini terjadi pada semua jenis perangkat android, kita terkadang bingung cara untuk mengatasinya. Android sudah di Factory Reset tapi setelah beberapa hari android mulai lag atau macet.

Hal yang menyebabkan android lag atau macet bisa berupa RAM android penuh, ROM android penuh dan aplikasi latar belakang yang terlalu banyak.

Baca juga : 4 cara mengubah tampilan keyboard android

Android yang memiliki RAM 512 MB atau 1024 MB sering mengalami lag atau macet, terutama jika di isi dengan aplikasi berat yang banyak.

Penyebab lag atau macet berbeda - beda, penyelesaiannya juga bervariasi. Untuk lebih jelasnya silahkan lanjut baca.

Penyebab android lag dan macet


Pertama, saya jelaskan dulu beberapa penyebab android anda menjadi lag atau macet :


1. ROM penuh



ROM atau penyimpanan internal android jika penuh maka menyebabkan android slow respon, macet atau patah - patah. ROM penuh disebabkan oleh banyaknya cache pada aplikasi yang di install. Cara membersihkan dengan cara manual : pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > clear cache. Atau menggunakan aplikasi seperti : Clean master, Nox security.


2. Aplikasi latar belakang



Aplikasi latar belakang adalah aplikasi yang dijalankan lalu di tinggalkan tanpa menutupnya terlebih dahulu. Hal ini sering dilakukan setiap pengguna android, harusnya anda hentikan aplikasi jika sudah tidak digunakan yaitu dengan cara tekan tombol tengah ( bisa juga tombol kiri atau kanan ) lalu bersihkan aplikasi yang ada. 


3. Iklan System Android


Hal ini yang sedang saya alami, saat saya sedang menjalankan aplikasi dan tiba - tiba muncul tampilan menunjukan iklan dan android menjadi macet serta koneksi internet terputus. Terpaksa saya harus mati - nyalakan kembali data smartphone. Cara mengatasinya cukup install aplikasi penghilang iklan di google atau di playstore.


4. RAM penuh



Masalah ini berkaitan dengan aplikasi latar belakang, jika anda membersihkan aplikasi maka RAM yang tersedia akan bertambah. Untuk membersihkan RAM yang penuh anda bisa menggunakan aplikasi pembersih di smartphone seperti : 360 security.


5. Menggunakan wallpaper animasi



Wallpaper animasi memakan RAM Android cukup besar, jika hp anda kentang maka ubah wallpaper anda menjadi biasa atau gunakan foto.

Baca juga : 8 manfar case untuk smartphone Android


6. Efek browser dan situs



 Saat anda menghidupkan koneksi data setelah restart android, pasti akan terasa lambat. Hal itu karena efek trafik hosting sedang padat antrian. Jika tidak mau masuk situs dan sudah menunggu lama. Caranya matikan lalu hidupkan data kemudian coba masuk ke situs.

7. Pemakaian android yang lama


Jika hp anda kentang pasti jika dipakai dalam waktu lama bisa menyebabkan android panas, lag dan macet.

Cara mengatasi android lag dan macet


Pada tahap ini anda hanya perlu melakukan cara sederhana saja seperti: install dan uninstall aplikasi serta sedikit perubahan pada android.


1. Periksa Spesifikasi Android



Mengenali spesifikasi Android anda akan berguna saat menginstall aplikasi apakah support atau tidak dan juga bisa menghindari Android dari overhead. Cara cek spesifikasi Android, anda bisa menggunakan aplikasi CPU - Z di playstore. Buka aplikasinya dan anda akan menemukan spesifikasi detail tentang ponsel anda.


2. Bersihkan cache Android



Pertama - tama anda harus menghapus cache di setiap aplikasi android. Cara menghapusnya bisa melalui pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > hapus cache. Atau bisa melalui aplikasi pembersih, seperti Clean Master. Saya sering menggunakan Clean Master untuk membersihkan sampah dan cache aplikasi serta scan antivirus.


3. Gunakan wallpaper bawaan atau foto



Apabila anda saat ini sedang menggunakan wallpaper animasi atau aplikasi launcher Android, ganti wallpaper Android anda ke wallpaper bawaan atau memakai foto, hapus aplikasi launcher karena biasanya terdapat malware yang bisa membuat Android error.


4. Hapus aplikasi yang tidak perlu



Aplikasi yang terlalu banyak akan menguras RAM Android dan menyebabkan lag atau macet. Sebaiknya hapus beberapa aplikasi yang tidak perlu untuk menambah kinerja RAM Android. Cara menghapus aplikasi android bisa melalui pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > copot pemasangan.


5. Matikan AutoSync



Fitur AutoSync berfungsi untuk mengirimkan notifikasi bahwa aplikasi terdapat versi terbaru di play store yang bisa anda download. Fitur ini membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar. Oleh karena itu, anda disarankan untuk menonaktifkan fitur ini. Caranya pengaturan > akun > tekan titik tiga di pojok kanan > nonaktifkan.


6. Gunakan aplikasi Seeder



Aplikasi Seedee berfungsi untuk mengoptimalkan Android supaya bekerja lebih agresif saat digunakan. Download aplikasi Seeder.

Baca juga : 3 cara menghapus file thumbnail di Android

Untuk menggunakan aplikasi Seeder tinggal menyalakan fitur ON pada aplikasi. Lalu pada bagian light ubah menjadi aggresive.

Note : Cara ini hanya dilakukan untuk Android Root.


7. Paksa berhenti aplikasi yang mengganggu



Aplikasi yang berjalan secara tiba - tiba tentu sangat mengganggu anda saat mengoperasikan ponsel. Oleh karena itu, paksa berhenti aplikasi merupakan cara ampuhampuh untuk mengatasi android lag. Caranya masuk ke pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > paksa berbenti. Jika terdapat notifikasi "nonaktifkan aplikasi berbahaya" maka segera nonaktifkan.


8. Hapus virus atau malware di Android



Cara selanjutnya adalah menggunakan aplikasi antivirus untuk memastikan apakah Android anda terserang virus atau tidak ? Install aplikasi antivirus seperti 360 Security, clean master, AVG antivirus.


9. Jangan gunakan Android terlalu lama



Saat kita membeli Android baru atau setelah factory reset maka akan terasa lancar - lancar saja. Seiring waktu Android tiba - tiba lag dan macet serta koneksi internet yang lemot.

Sebaiknya instiraharkan ponsel saat digunakan selama 30 Menit. Istirahatkan selama 5 Menit setelah itu anda bisa menggunakannya kembali.


10. Gunakan aplikasi anti iklan



Iklan yang tertanam dalam sistem Android sangat mengganggu anda dan terkadang menyebabkan macet. Sebaiknya gunakan aplikasi anti iklan yang bertebaran di play store.


11. Update system Android



Jika Android lag atau macet disertai dengan kerusakan internal maka caranya dengan melakukan update OS Android. Caranya pergi ke pengaturan > tentang ponsel > update.


12. Factory Reset



Factory reset merupakan obat segala penyakit di Android karena bisa menyembuhkan beberapa error di perangkat Android. Cara factory reset pergi ke pengaturan > buat cadangan & setel ulang > kembalikan ke setelan pabrik > setel ulang telepon ( itu di android saya ).

Jika anda sudah factory reset tapi masih lag atau macet maka ikuti cara sebelumnya yaitu menjaga RAM supaya tidak cepat penuh, rajin bersihkan cache, sering scan virus maka Android anda akan berjalan normal. Jangan lupa baca artikel lainnya di blog MagerSena untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar artikel ini.  

Posting Komentar

0 Komentar