3 Cara Menghapus File Thumbnail di Android dengan Mudah dan Cepat

3 Cara Menghapus File Thumbnail di Android dengan Mudah dan Cepat


file thumbnail


File thumbnail sudah dikenal sejak jaman komputer berbasis user friendly dahulu. Thumbnail berperan mengoptimasi gambar besar untuk disesuaikan dengan kondisi layar android. File thumbnail mengompres fie foto besar untuk disesuaikan dengan layar android.

Contoh thumbnail yaitu ketika anda membuka galeri android akan nampak foto-foto berukuran kecil yang sudah dikompres oleh thumbnail. Contoh lain yaitu ketika anda melakukan editing gambar dengan resolusi tinggi lalu disimpan ke penyimpanan android maka thumbnail akan mengompres file editing tersebut supaya sesuai dengan kondisi layar.

Fungsi thumbnail di penyimpanan android


Sebagai navigasi foto di android supaya mudah saat menjelajah foto di file android atau galeri.

Mempermudah proses deteksi foto, dengan adanya file thumbnail di android akan mempermudah anda dalam membuka dan mendeteksi foto yang anda sukai.

Apa yang terjadi jika file thumbnail muncul di penyimpanan android


Dengan adanya file thumbnail maka penyimpanan internal android akan cepat habis, karena file thumbnail menyimpan file cadangan setiap foto yang pernah anda simpan.

Semakin banyak foto di android juga akan memperbesar size file thumbnail sehingga membuat kinerja android sedikit bermasalah.

Ketika anda menyimpan foto dalam jumlah banyak maka foto akan terasa lama saat di buka atau bahkan terjadi force close pada aplikasi. 

Dampak yang terjadi jika file thumbnail dihapus oleh pengguna


Pada saat file thumbnail dihapus kemudian anda membuka galeri maka akan terasa lama karena kinerja sinkron yang teratata ulang setelah itu galeri pun kembali normal.

Sistem android akan semakin efisien dan penyimpanan android bebas dari sampah file. Dengan tidak adanya file thumbnail maka akan terasa berbeda sistem kerja android saat digunakan tapi itu tidak akan bertahan lama.

Cara Menghapus File Thumbnail di Android


Pada saat memori internal android kita penuh, maka kita tidak bisa menginstall atau update aplikasi lagi karena kapasitas android yang sudah mencapai batas peringatan. Hal ini membuat kita kesulitan dalam menjalani aplikasi, terkadang aplikasi force close atau black screen. Terpaksa kita harus hapus beberapa file atau aplikasi agar sistem android berjalan lancar kembali, tapi tetap saja muncul notifikasi bahwa memori internal hampir penuh.

Baca juga: 13 cara mengatasi aplikasi force close di android

Penyebab yang paling umum kenapa memori internal android cepat penuh adalah folder thumbnail. Folder thumbnail menyimpan file yang berukuran besar sehingga menguras memori internal android. File thumbnail muncul di android karena anda menyimpan foto pada penyimpanan android. Jadi, semakin banyak foto di penyimpanan android semakin besar file thumbnail yang dihasilkan.

File thumbnail di penyimpanan android adalah sebagai review file yang membantu kita dalam menemukan foto di galeri terutama foto yang berukuran kecil. File thumbnail membantu kita untuk mencari foto yang ingin digunakan tanpa file tersebut kita harus membuka foto satu per satu sehingga mempersulit kita dalam mencari foto yang diinginkan.

Cara menghapus file thumbnail bisa melalui file penjelajah aplikasi bawaan atau menggunakan aplikasi lain. Masuk ke memori internal home masuk ke folder DCIM maka anda akan menemukan file thumbnail lalu hapus. Jika kalian tidak menemukan file thumbnail, pastikan untuk memilih opsi tampilkan file tersembunyi untuk melihat dan menghapus file thumbnail tersebut.

Lah, kemarin kan file thumbnail nya sudah saya hapus, kenapa bisa muncul lagi? Karena folder thumbnail sangat penting untuk mempermudah dalam menjelajah foto yang kita simpan sehingga memudahkan kita dalam mencari foto yang kita inginkan. Jadi percuma saja anda menghapus file thumbnail yang tentunya akan muncul kembali. Cara agar file thumbnail tidak menguras memori yaitu dengan menghapus file saat foto kita dihapus. Jadi, pada saat kita melakukan penghapusan massal untuk foto maka hapus juga file thumbnail nya supaya sistem bisa membuat file baru sesuai memori internal kita.

Cara menghapus file thumbnail di android menggunakan aplikasi file lain


File thumbnail terdapat pada folder DCIM. Folder tersebut digunakan untuk menyimpan foto hasil dari jepretan kamera android kita. Kita sudah tau, jika file thumbnail dibiarkan menumpuk pasti akan menguras memori internal android sehingga android menjadi lemot dan gagal sinkron aplikasi.

Untuk mengatasi hal itu adalah dengan menghapus file thumbnail di atas sudah dijelaskan cara menghapus file thumbnail menggunakan aplikasi file bawaan android. Jika anda lebih nyaman menggunakan aplikasi lain contohnya Root Explorer akan memudahkan anda dalam menjelajahi file yang ada di android.

Baca juga: 8 Manfaat case untuk smartphone android anda

Aplikasi Root Explorer merupakan aplikasi file manager yang banyak digunakan pengguna android karena tampilan yang dinamis sehingga nyaman saat menjelajah file. Aplikasi ini bisa menampilkan file tersembunyi di memori internal maupun eksternal. Berikut cara menghapus file thumbnail menggunakan aplikasi Root Explorer.

1. Install aplikasi Root Explorer di google play store atau bisa download melalui browser.

2. Setelah di install kemudian buka aplikasi Root Explorer setelah itu cari folder DCIM, disana anda menemukan file thumbnail, tidak berlama-lama langsung hapus saja file tersebut.

3.  Lalu buat file di folder DCIM dengan nama "thumbnail" lalu klik buat.

Setelah itu sistem akan menyimpan file thumbnail baru di folder DCIM, tentu size nya akan lebih ringan dari yang sebelumnya.

Posting Komentar

0 Komentar