4 Cara Mengubah Tampilan Keyboard Android dengan Mudah dan Cepat

Mengubah keyboard android


Smartphone android sudah dimiliki 80% penduduk dunia saat ini. Yap, android selalu dibutuhkan untuk kepentingan sehari-hari baik pekerjaan, belajar, aktivitas dan lain-lain. Android bisa digunakan untuk mencari informasi penting bahkan di saat jenuh terdapat game yang bisa kita mainkan di android.

Android mempunyai papan ketik (keyboard) yang berfungsi untuk mengetik suatu kata atau kalimat. Apa jadinya jika android tanpa keyboard mungkin 50% sistem tidak akan berfungsi. Keyboard digunakan untuk mengetik sesuatu, menulis pesan dan lain-lain. Terkadang keyboard memiliki simbol atau emote yang merupakan bawaan dari android.

Dari sekian juta android yang tersebar pasti memiliki jenis keyboard yang berbeda-beda berdasarkan versi. Keyboard android berbeda dengan PC, dimana keyboard PC mempunyai tombol ctrl, alt, tab, f1, f2 .... dan seterusnya, sementara android hanya terdapat tombol penting yang sering digunakan saja.

Mungkin ada keinginan dalam diri anda untuk mengubah tampilan keyboard. Tampilan keyboard yang sering dilihat membuat kita bosan, tampilannya yang terlalu simpel serta bentuk huruf yang biasa membuat kita ingin mengubah menjadi keyboard yang luar biasa. Betul nggak? 

Pada kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengubah tampilan keyboard anda yang biasa menjadi luar biasa. Yuk simak cara nya di bawah ini

Cara mengganti keyboard android melalui pengaturan keyboard


Untuk cara ini tidak tersedia di semua android hanya versi tertentu yang dibekali aplikasi bawaan keyboard lain. 

- buka pengaturan android
- pilih menu bahasa dan masukan
- pilih opsi keyboard default
- pilih keyboard yang ingin digunakan
- asyiapp

Baca juga : 3 Cara menghapus file di android dengan mudah dan cepat

Cara mengganti tampilan keyboard menggunakan aplikasi


Jika sudah di cek dan ternyata tidak ada keyboard bawaan lain. Anda bisa pakai aplikasi go keyboard, aplikasi ini menyediakan berbagai macam jenis huruf yang bisa dipakai di keyboard anda dan ratusan tampilan keyboard yang lucu, keren dan dinamis bisa anda temui di aplikasi go keyboard.

- download go keyboard terlebih dahulu 

GO KEYBOARD


- lalu buka aplikasi go keyboard
- disitu anda akan dialihkan ke pengaturan keyboard
- centang go keyboard
- pilih opsi keyboard default, ganti ke go keyboard

Nah, untuk cara ini bisa dipakai untuk semua tipe android karena merupakan aplikasi yang bisa kalian install di playstore atau download di browser. Jika ingin mengubah jenis dan tampilan keyboard, jelajahi dan pahami aplikasi go keyboard pasti kalian menemukan ratusan tampilan keyboard yang unik dan keren.

Cara Merubah Keyboard Android Qwerty menjadi ABC


Jika anda merasa bosan dengan mode keyboard QWERTY yang menggunakannya harus dengan dua jari. Anda bisa kok mengganti mode keyboard dari QWERTY ke ABC. Semua orang pasti tahu dengan hp jadul, yap hp jadul kalo kita ingin mengirim pesan tentu hanya memakai satu tangan dan satu jari saja untuk mengoperasikannya. Berbeda dengan keyboard dimana harus menggunakan dua tangan supaya proses pengetikannya cepat.

Keyboard ABC atau keyboard 3×4. Mungkin penyebab kenapa seseorang memakai keyboard ABC karena layar smartphone terlalu kecil, ingin simpel dalam pengetikan dan lain-lain.

Terdapat 2 cara mengganti mode keyboard dari QWERTY ke ABC

1. Cara yang pertama yaitu melalui pengaturan android anda. Semua tipe android memiliki tampilan pengaturan yang sama walaupun berbeda tata letak. Setelah anda masuk ke pengaturan android lalu carilah pengaturan keyboard kemudian pilih icon pengaturan jenis keyboard. Ganti tombol QWERTY menjadi 3×4.




2. Cara kedua yaitu menggunakan aplikasi yang diinstall di playstore contohnya: .... . Aplikasi ini berfungsi untuk mengubah mode keyboard menjadi 3×4, biasanya pada tipe android yang baru dirilis tidak memiliki opsi keyboard 3×4 sehingga kita harus menggunakan aplikasi pihak kedua untuk mengoperasikannya.

Baca juga : 8 Manfaat case untuk smartphone android anda

Install aplikasi A keyboard + emoji di playstore lalu buka aplikasinya. Jelajahi dan pahami fitur aplikasinya pasti anda akan menemukan mode keyboard 3×4 yang bisa anda gunakan.

Cara memasang background keyboard android tanpa aplikasi


Kebanyakan pengguna android ingin mengganti tampilan keyboard nya dengan foto sendiri. Betul nggak? Mengubah tampilan keyboard berguna untuk menghias keyboard android menjadi luar biasa. 

Perangkat android memiliki beberapa mode yang bisa di customisasi. Contohnya launcher, launcher bisa di ubah sesuka hati menggunakan aplikasi pendukung. Begitu juga keyboard, jika ingin mengubah tampilan keyboard maka harus install aplikasi pendukung. Tapi, bagaimana cara mengubah tampilan keyboard tanpa aplikasi lain.

Jawabannya bisa, tapi hanya bisa digunakan pada android versi 5+ (lolipop), jika versi android anda kurang dari 5 maka tidak bisa memakai fitur ini. Fitur ini tidak memakai koneksi internet apapun karena sudah tersedia dari bawaan android.

1. Pertama, tampilkan keyboard anda bisa dari pesan, whatsapp, memo dan yang lain. Selanjutnya anda tekan ikon gambar google di pojok kiri atas keyboard.

2. Setelah di tekan akan muncul beberapa banyak pilihan fitur, pilih fitur gerigi (lambang pengaturan).

3. Setelah itu anda akan dialihkan ke pengaturan keyboard, lalu pilih opsi tema

4. Pilih kolom khusus untuk mengubah tampilan keyboard yang keren menggunakan foto anda 

5. Atur lebar dan panjang tampilan foto supaya keyboard terlihat keren.

6. Lalu pilih terapkan

Coba tampilkan keyboard melalui pesan, memo atau whatsapp untuk melihat tampilan keyboard anda. Jika kurang cocok penempatannya bisa di atur kembali dengan cara yang sama.

Cukup sekian pembahasannya, pasti anda sudah paham kan bagaimana cara mengubah tampilan keyboard tanpa aplikasi. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. very useful infonya gan, minerals help restore the body's electrolytes
    Visit UMA
    Visit P2MAL

    BalasHapus