Cara Menanam dan Merawat Bunga Kenikir Supaya Cepat Tumbuh

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kenikir Supaya Cepat Tumbuh




Bunga kenikir atau ulam raja tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin dan Amerika Tengah. Kenikir biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

Bunga kenikir menghasilkan tanaman yang sangat cantik, terdapat berbagai jenis warna pada bunga mulai dari merah, merah muda, putih, orange, kuning dan lain-lain.

Bunga kenikir sebagai tanaman herbal

Bunga Kenikir biasa dijadikan untuk pengendali OPT (Organisme Pengganggu Tanaman). Tapi belakanga ini Bunga Kenikir bagi sebagian petani merupakan jenis tanaman yang bisa mengendalikan hama.

Sebagian petani menggunakan teknik budidaya dan dilakukan secara organik. Bunga Kenikir yang diburu dan dijadikan bahan ramuan pestisida nabati. Anda bisa menanam tanaman kenikir di samping sayuran atau tanaman yang ingin dibersihkan hamanya. Sesuai sifatnya tanaman Kenikir mempunyai kemampuan mengusir hama dan serangan penyakit.

Baca juga : cara merawat dan menanam bunga desember

Bunga kenikir banyak ditanam di pulau jawa mulai dari dataran rendah sampai pegunungan ketinggian 1200 MDPL. Karena keindahan bunga ini banyak ditanam oleh para penggemar bunga di indonesia.

Cara menanam dan merawat Bunga Kenikir sangatlah mudah, baik di tanam di pekarangan atau di pot. Di bawah ini adalah cara menanam Bunga Kenikir.

1. Tahap pembibitan Bunga Kenikir

Pembibitan Bunga Kenikir bisa dilakukan melalui biji. Ambilah biji yang sudah kering dan tua di pohon kenikir, jika masih basah bisa dijemur di sinar matahari supaya benar-benar kering. Simpan beberapa waktu, kemudian sebarkan ke media tanam tanpa harus disemai.

2. Tahap tanam Bunga Kenikir

Pertama, siapkan media tanamnya berupa campuran tanah gembur dengan pupuk kandang / kompos yang sudah di ayak halus hingga campur merata. Kemudian tebarkan benih pada media tersebut, tutup dengan lapisan media tanam tipis supaya tunas cepat tumbuh. Lakukan penyiraman dan perawatan yang rutin terutama pada awal masa tanam agar Bunga Kenikir cepat tumbuh.

Cara menanam Bunga Kenikir menggunakan pot atau polibag

Bahan yang dibutuhkan :

1. Pot atau polibag

Siapkan pot / polibag berukuran sedang dan berdiameter 25 CM dan tinggi 30 CM, atau menggunakan kaleng / timba bekas.

2. Bokashi atau kompos

Siapkan bokashi / kompos, kedua benda itu mengandung unsur dan zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan berbagai tanaman.

3. Bibit Kenikir

Bibit ini diambil dari tanaman Kenikir yang sudah tua, ambil bagian bunga kemudian gosok dengan tangan sampai bijinya terlepas. Lalu tempatkan di wadah, jemur selama 2 hari kemudian baru bisa di tanam.

4. Bahan lain : 
- Sekop kecil
- Furadan
- Selang
- Air

Step by step :

1. Bokashi dan tanah di campur kemudian tambahkan furadan 2-3 sendok makan sesuaikan dengan ukuran pot / polibag.

2. Aduk dengan cangkul / sekop kecil sampai merata lalu masukan dalam pot atau polibag, siram dengan air sampai basah merata.

3. Rendam bibit kenikir selama 2-3 jam. Sebarkan benih ke pot atau polibag secara merata tanpa di tutup tanah.

Cara menanam Bunga Kenikir menggunakan stek

Bahan yang dibutuhkan :

1. Bunga Kenikir yang berkualitas
2. Polibag tanah
3. Pupuk kandang
4. Cutter cetok

Step by step :

Siapkan bunga Kenikir yang masih bagus dan sehat. Bunga Kenikir yang akan dijadikan stek harus bibit unggul dilihat dari bunga dan daun yang berkualitas.

Ciri Bunga Kenikir berkualitas adalah mempunyai batang sebesar jari telunjuk orang dewasa jika terlalu kecil akan sulit untuk stek. Batang yang dibuat stek haruslah lurus dan berisi kayu di dalamnya.

Potong batang Bunga Kenikir yang digunakan untuk stek, siapkan cutter tajam lalu potong dengan arah menyerong, kemudian lakukan pemotongan sekali tebasan supaya tidak merusak struktur tanaman.

Setelah itu anda bisa melakukan rendaman di larutan Zat Perangsang Tumbuh (ZPT) selama 3 - 5 menit untuk merangsang daya tumbuh bunga. Sambil menunggu batang kenikir direndam, siapkan juga media tanam .

Caranya adalah dengan mencampurkan tana dengan pupuk kandang yang dicampurkan secara merata. Kemudian campurkan tanah masukan ke dalam polibag yang kecil.

Sebaiknya gunakan tanah yang bisa anda lihat agar bisa menahan air untuk jenis tanaman tertentu. Kemudian buat lobang tanam di tengah polibag, caranya cukup menancapkan jari telunjuk pada media tanam sehingga terbentuk lubang untuk menancapkan batang.

Tanamkan batang Kenikir ke dalam lubang penanaman yang dibuat. Timbun dengan tanah yang padat supaya dapat berdiri tegak dan tidak mudah goyah. Pindahkan semuanya ke polibag untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup, jangan lupa tambahkan air agar media selalu lembab.

Posisi batang yang tertanam harus tegak agar menghindari kerusakan pada tanaman. Jangan khawatir jika Kenikir lama tumbuh mengingat Bunga Kenikir yang sulit untuk merangsang pertumbuhan.

Cara Merawat Bunga Kenikir

Penyiraman Bunga kenikir dilakukan 3 hari kemudian dengan pancaran air yang lembut supaya biji tidak rusak, penyiraman dilakukan 3 - 4 hari sekali.

Jika tanaman kenikir tumbuh terlalu rapat maka harus melakukan penjarangan dan penyulaman, dipindahkan ke pot atau polibag lain supaya pertumbuhan merata.

Saat 1 minggu pemindahan setelah sebar benih, keadaan tanah harus basah agar saat pemindahan akar tidak putus. Pemupukan Bunga Kenikir dilakukan 10 hari sekali, untuk pemupukan pertama tambahkan unsur Nitrogen (N) agar Bunga Kenikir cepat tumbuh.

Baca juga : cara menanam dan merawat bunga mawar hitam

Gunakan pupuk organik baik jenis cair maupun jenis kompos. Lakukan penyiraman sesudah pemupukan supaya cepat meresap ke dalam tanah. Penyiangan dan pembubunan dilakukan 2 minggu sekali supaya rumput tidak mengganggu Bunga Kenikir.

Pembubunan atau menimbun tanah pada batang Bunga Kenikir supaya bunga bekerja dengan baik. Untuk mencegah penyakit, gunakan intektisida dan fungsinida hayati agar daun bunga kuat dan tidak.cepat rusak.

Daun kenikir bisa dipetik saat daun rimbun atau berumur 35 hari. Tenang saja, memetik daun Kenikir tidak akan mengganggu pertumbuhan bunga.

Posting Komentar

0 Komentar