5 Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar Hitam Dengan Mudah

5 Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar Hitam Dengan Mudah



Menanam bunga mawar hitam dari biji bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan ketelitian dan kemampuan untuk merawatnya nanti. Memperbanyak mawar melalui metode tanam biji merupakan sesuatu yang anda impikan bukan? Mawar hitam menghasilkan biji yang cukup banyak untuk kita pakai atau tanam kembali.

Tapi untuk menghasilkan biji yang banyak tidaklah mudah kadang terjadi masalah sehingga membuat biji sulit untuk berkecambah meskipun kita sudah melakukan berbagai cara.

Bunga Mawar tergolong bunga yang indah bentuknya dari kelopak, warna bunga yang indah sudah menjadi ciri khas yang dimiliki bunga mawar.

Kenapa anda ingin menanam mawar warna hitam? Mungkin anda menggunakan warna hitam sebagai rasa duka dan belasungkawa. Warna hitam juga melambangkan rasa kesedihan yang mendalam.

Jika anda suka warna hitam, anda bisa menanam satu atau beberapa bunga mawar hitam untuk menghiasi halaman rumah anda. Mawar hitam memiliki keunikan dalam warna, warna hitam yang gelap dan pekat membuat halaman anda terlihat keren.

Cara menanam bunga mawar hitam

1. Pilih bunga mawar berwarna gelap

Insinyur biotik mencoba membuat mawar berwarna hitam ternyaa tidak ada mawar yang dianggap 100℅ hitam. Pilih mawar yang dominan gelap dengan sedikit warna merah dengan menggunakan tektik kultivasi yang tepat.

Mintalah saran dari penjual bunga atau cari mawar dengan jenis:

- Black jade

Black jade adalah jenis bunga mawar yang memiliki warna gelap tapi mudah terkena hama dan penyakit.

- Black Baccara

Black baccara termasuk bunga mawar yang mudah didapat tapi memiliki bunga kecil dan tidak wangi.

- Midnight blue

Midnight blue merupakan jenis mawar berwarna ungu gelap yang bisa anda dapatkan dengan mudah dan bunganya memiliki aroma yang tidak biasa.

Itulah beberapa varietas mawar yang bisa anda beli di toko bunga terdekat.

2. Cobalah tanam mawar hitam di rumah kaca

Suhu dan cuaca dapat mempengaruhi pertumbuhan mawar hitam. Untuk mencegah terjadinya masalah sebaiknya tanam mawar hitam di rumah kaca. Rumah kaca mampu mengendalikan suhu dan cahaya sehingga tanaman akan berkembang dengan cepat.

Carilah informasi tentang mawar atau bertanya pada petugas pembibitan tentang ruang, jenis tanah, paparan sinar matahari. Secara umum anda membutuhkan tanah dengan kemampuan drainase yang bagus untuk berbagai tanaman.

3. Tunggu kuncup mawar hitam tumbuh

Pada saat kuncup bunga mawar hitam mulai tumbuh, bunga akan terus memfokuskan energinya pada batang. Jika batang berhenti tumbuh dan kuncup merekah berarti tanaman mencapai tahap kritis pengembangan.

Jika anda punya bunga yang tumbuh beberapa kali pada satu musim, buatlah catatan perkembangan bunga pada kertas atau buku dan lacak perkembangan bunga pada musim berikutnya. Pertumbuhan akhir mawar hitam yaitu 2 minggu sebelum mekar.

4. Alihkan mawar hitam yang sudah mekar dari sinar matahari

Bunga mawar hitam menyerap banyak sinar matahari, semakin gelap warna mawar semakin banyak juga cahaya matahari yang akan diserap. Sebaiknya letakan di atas naungan parsial, sebagian mawar mekar dengan warna merah tua saat cuaca dingin dan berwarna hitam saar cuaca panas.

Baca juga : Cara merawat dan menanam bunga Anggrek Dendrobium

Jika warna mawar tidak sesuai harapan maka anda terpaksa harus memaparkan bunga di bawah sinar matahari.

Cara merawat bunga mawar hitam

Cara merawat mawar hitam sama seperti cara merawat tanaman lainnya.

Cara merawatnya yaitu dengan melakukan penyiraman pada bunga secara rutin dan beri pupuk tambahan NPK Slow Release yang diberikan oleh tajuk tanaman. Anda juga bisa menggemburkan permukaan pada media tanam supaya akar lebih mudah menyerap air dan hara.

5. Bunga mawar siap untuk berbunga

Bunga mawar hitam akan berbunga saat satu tahun setelah di tanam. Mawar hitam bisa bertahan hidup selama 3 tahun atau lebih. Bunga mawar hitam akan menghasilkan bunga secara rutin jika perawatan dan pemeliharaannya dilakukan secara rutin juga.

Cara di atas bisa anda lakukan walaupun anda baru pertama kali dalam hal menanam tanaman. Ikuti step by step di atas supaya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Terus pantau blog seribu niche ini untuk mencari informasi tentang tanaman lainnya atau anda bisa baca artikel lain untuk.menambah pengetahuan anda.

Posting Komentar

0 Komentar