6 Cara Menanam dan Merawat Bunga Desember dengan Mudah dan Cepat Berbunga

6 Cara Menanam dan Merawat Bunga Desember dengan Mudah dan Cepat Berbunga



Menanam bunga desember tentu bisa menambah suasana halaman rumah anda, sesuai dengan namanya bunga desember cocok untuk dinikmati di bulan desember.

Bunga ini berbunga setiap bulan november -desember, oleh sebab itu kenapa bunga tersebut dinamakan bunga desember. Bunga berbentuk bulat dengan warna merah disertai dengan warna daun hijau yang cerah menjadi ciri khas kecantikan bunga desember ini.

Bunga desember adalah bunga yang berasal dari afrika selatan, bunga ini sering disebut African Blood Lily oleh masyarakat afrika selatan. Bunga desember mempunyai nama latin Hemanthus multiflorus, bunga ini masuk ke dalam bakungan Amarillydaceae.

Bunga desember ini mempunyai akar yang bisa menghasilkan umbi yang nantinya akan digunakan untuk memperbanyak bunga.

Cara menanam bunga desember bisa dibilang gampang gampang susah, apalagi jika iklim dan cuaca yang tidak bisa diprediksi akan mengganggu pertumbuhan bunga desember. Tapi anda jangan ragu untuk menanam bunga desember di rumah karena saya akan memberikan tips untuk menanam dan merawat bunga desember.

Klasifikasi Bunga Desember
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Amaryllidaceae
Genus: Haemanthus
Spesies: Haemanthus multiflorus

Inilah cara menanam dan merawat bunga desember dengan mudah dan cepat berbunga.

1. Pilih umbi bunga desember yang berkualitas

Untuk tanaman yang menggunakan umbi harus melakukan penangan khusus. Hal yang penting, pilihlah umbi bunga desember yang berkualitas supaya pertumbuhan bunga cepat tumbuh. Jika umbi jelek maka akan menghambat pertumbuhan bunga bahkan bunga tidak bisa tumbuh.

Umbi bunga desember yang berkualitas mempunyai ukuran besar. Besar kecilnya umbi menunjukan pertumbuhan bunga. Jika bunga mempunyai umbi kecil maka bunga kurang berkualitas. Umbi yang cerah dan mengkilap merupakan ciri umbi bunga desember yang sehat dan cocok untuk diperbanyak.

2. Menanam umbi pada polibag

Jika anda sudah memilih umbi yang berkualitas selanjutnya adalah dengan menyiapkan media tanam umbi dan menanamnya dalam polibag. Cara ini akan membuat bunga desember tumbuh dengan optimal sebelum dipindahkan ke pot besar.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menanam bunga desember yang benar:

- Cuci bersih umbi bunga dengan air bersih. Setelah itu biarkan umbi selama beberapa hari di tempat yang bersih dan gelap, hal ini bertujuan agar umbi muncul tunas. Di samping menunggu umbi bertunas anda bisa menyiapkan media tanam untuk bunga.

- Bunga desember menyukai tanah yang gembur dan subur, anda bisa menggunakan media percampuran pasir dan tanah humus. Kemudian ayak media dan ambil media yang halusnya saja kemudian aduk sampai merata.

- Masukan media ke dalam polibag berukuran sedang dan berdiameter 10 cm atau bisa disesuaikan dengan ukuran umbi bunga. Siram media dengan air secukupnya, jika media menyusut tambahkan supaya penuh kembali.

- Lakukan penanaman pada pagi atau selatan hari. Setelah siap, lakukan penanaman umbi ke dalam polibag. Harap berhati hati saat memindahkan umbi supaya tidak merusak tunas yang tumbuh. Buat lubang yang sesuai dengan ukuran umbi lalu masukan umbi dalam polibag.

- Tutup rapat umbi yang ditanam dengan media, jangan ada bagian umbi yang terlihat oleh mata. Selanjutnya adalah penyiraman rutin sebanyak 2× sehari.

Baca juga: 5 Cara menanam dan merawat bunga mawar hitam

- Pada saat bunga tumbuh lakukan penyemprotan dengan fungisida dan pestisida dengan ukuran 3-5 G / L. Jangan lupa berikan pemupukan anorganik NPK untuk mempercepat pertumbuhan tunas bunga.

3. Transpalanting bunga ke pot individu

Pada saat bunga desember berumur 3-4 bulan setelah ditanam, maka tiba saatnya untuk memindahkan bunga ke dalam pot individu yang disediakan. Teknik pemindahan ini sering disebut transpalanting.

Transpalanting ini bertujuan untuk pertumbuhan tanaman agar menghasilkan bunga. Pada satu polibag mungkin akan menghasilkan sekitar 2-3 stek baru jika tidak dilakukan pemidahan maka akan menghambat pertumbuhan bunga.

Cara transpalanting bunga desember:

- Sediakan pot plastik ukuran besar berdiameter 25-35 CM. Media yang digunakan sama dengan komposisi tanah, kompos dan pasir. Ayak media kemudian campur media secara merata.

- Masukan dalam wadah pot. Untuk bagian dasar media menggunakan pecahan batu bata supaya membantu proses pengeluaran air. Pilih bibit polibag yang sehat dan menghasilkan pertumbuhan yang baik. Harap berhati hati saat mengeluarkan bibit, sobek polibag dan sertakan juga tanah di dalamnya.

- Jika terdapat lebih dari satu umbi pada polibag maka pisahkan dan tanam di pot yang berbeda jika bisa. Transpalanting ini dilakukan untuk satu tanaman dan 1 pot tanam, tutup kembali lubang tanah dan jangan biarkan umbi terlihat di permukaan, jika media berkurang saat disiram tambahkan media sampai penuh kembali.

Cara merawat bunga desember

1. Jangan terlalu sering melakukan penyiraman saat cuaca lembab karena bisa menyebabkan umbi membusuk.

2. Pada saat kemarau lakukan penyiraman sebanyak 2× sehari menggunakan hand sprayer.

3. Pangkas atau buang daun yang sudah menguning atau rusak.

4. Beri bunga pemupukan menggunakan pupuk NPK.

Posting Komentar

0 Komentar