Cara Menanam dan Merawat Bunga Amarilis Dengan Mudah dan Cepat Berbunga

Cara Menanam dan Merawat Bunga Amarilis Dengan Mudah dan Cepat Berbunga




Bunga Amarilis adalah jenis tanaman hias yang populer. Amarilis memiliki kecantikan bunga dan kemampuan tumbuh di semua musim dan jenis tanah. Bunga Amarilis berasal dari wilayah tropis. Amarilis bisa anda temukan hampir di seluruh dunia kecuali antartika.

Bunga Amarilis atau Bunga bakung selalu mekar saat musim hujan. Setiap tanaman mampu menghasilkan sekitar 2 - 5 kembang bunga. Bunga ini akan terus mekar selama 6 minggu, warna bunganya pun beragam mulai dari merah, jingga, putih, pink, biru bahkan sampai veriabrata.

Cara menanam Bunga Amarilis


Siapkan umbi Amarilis, anda bisa membelinya di Toko atau dari Tanaman sebelumnya. Supaya pertumbuhan akar bunga lebih cepat, rendamlah umbi di dalam air selama beberapa jam. Rendamlah pada bagian bawahnya saja.

Jika ditanam di pot, pilihlah pot yang mempunyai lubang drainase yang bagus, lebar pot sekitar 3 - 5 CM dari diameter umbi. Bunga Amarilis memiliki beban yang berat, pilihlah pot yang agak besar supaya bisa menampung berat bunga.

Siapkan media tanam yang telah dicampur dengan bubuk kompos. Lubangi bagian tengah tanah sebesar 2 / 3 bagian pot. Kemudian tanamlah umbi yang di rendam tadi, lalu padatkan media tanam agar bibit terasa kuat, kemudian letakkan pot pada tempat yang terang.

Setelah umbi mulai tumbuh, berilah pupuk 2 - 3 minggu sekali. Bunga Amarilis akan mekar menghadap cahaya matahari, oleh karena itu putarlah pot supaya badan bunga tetap tegak.

Baca juga : cara menanam dan merawat Bunga Kenikir

Bunga akan muncul 2 - 10 minggu sejak ditanam. Jika anda memilih untuk menanam Amarilis langsung di taman, pilihlah tempat yang mempunyai drainase yang baik. Contohnya adalah  tempat yang tidak tergenang air atau bisa menambahkan media lain seperti sekam dan sabuk kelapa.

Siram Bunga Amarilis secara berkala, tapi jangan sampai tergenang oleh air. Jika Bunga tergenang oleh air maka Bunga akan membusuk setelah beberapa hari. Buanglah daun yang sudah kering atau tua, singkirkan juga gulma dalam media tanam bunga.


Cara menanam Bunga Amarilis di air



Amarilis ternyata bisa tumbuh di dalam air lho, walaupun tidak selamanya bisa hidup sih. Tapi Bunga Amarilis ini bisa bertahan selama beberapa minggu di dalam air sehingga cocok diletakkan di sudut ruangan rumah.

Bahan yang diperlukan : 

-  Umbi Amarilis
- Vas Bunga kerikil
- batu hias atau pecahan kaca

Step by step :

Buang akar mati pada umbi menggunakan gunting. Akar yang mati akan cepat membusuk sehingga membuat air kotor dan bau. Bilas umbi dari tanah yang menempel sampai bersih supaya bisa menjaga kebersihan dan kejernihan air.

Setelah itu masukan umbi ke dalam vas, kemudian masukan batu kerikil atau pecahan kaca ke dalam vas. Batu kerikil berfungsi untuk hiasan dan menstabilkan posisi umbi supaya tumbuh akar.

Susun batu kerikil atau pecahan kaca sampai rapat dan terlihat cantik. Isi vas dengan air sampai bagian bawah akar, jangan sampai umbi terendam oleh air. Setelah itu pindahkan ke tempat sekitar rumah anda.

Cara merawat Bunga Amarilis di air diantaranya:

Jangan biarkan air habis kering. Pertahankan volume air supaya tidak menyentuh bagian umbi. Cara yang efektif adalah isi air setiap 1 minggu sekali.


Cara merawat Bunga Amarilis




Letakkan pot di tempat yang terpapar sinar matahari, tempatkan selama beberapa minggu. Bunga Amarilis akan tumbuh pada suhu 21 - 24 °C.

Siram umbi Amarilis dengan air yang sedikit sampai batangnya tumbuh sekitar 5 CM. Putarlah dasar pot 1 minggu sekali untuk pertumbuhan tangkai bunga yang lurus.

Pada saat Amarilis mulai berbunga, pindahkan pot ke tempat sinar matahari tak langsung. Bunga Amarilis akan mekar sekitar 2 minggu, juga akan mekar lebih lama dalam suhu 18,3 °C dibandingkan dengan suhu panas.

Siramlah Bunga Amarilis secara teratur seperti yang dilakukan pada tanaman indoor. Berikan pupuk tanaman cair pada beberapa minggu.

Jika bunga mulai layu, potonglah sampai 2,5 CM dari umbi. Saat tangkai bunga layu, potonglah bagian pertemuan antara umbi.

Baca juga : cara menanam dan merawat Bunga Desember

Bibit Bunga Amarilis yang belum tumbuh, jangan dilAmarilis
di tempat yang terdapat sinar matahari langsung. Saat umbi mulai tumbuh lakukanlah pemupukan 2 - 3 minggu sekali. Bunga Amarilis biasanya akan mekar 7 - 10 minggu sejak di tanam.

Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lain di sekitar pot. Siramlah Bunga secara rutin, minimal setiap 1 - 2 minggu sekali asalkan jangan sampai media tanam Bunga kering.

Posting Komentar

0 Komentar