9 Cara Mengatasi Android Restart Sendiri, Terbukti Ampuh !!!

9 Cara Mengatasi Android Restart Sendiri


cara mengatasi android restart sendiri



Di indonesia terdapat banyak sekali pengguna handphone dari mulai anak-anak, remaja, dewasa sampai para orang tua pun memakai handphone untuk keperluan sehari-hari. Dengan fitur canggih yang berubah dari zaman ke zaman membuat kita semakin mudah dan nyaman saat memakai handphone (HP).

Dengan adanya handphone model baru dan fitur canggih membuat para pengguna bingung untuk mengatasi permasalahan pada smartphone seperti: HP restart sendiri, HP blank tidak berfungsi, HP mati sendiri tanpa sebab.


Di blog ini saya akan memberikan tutorial cara mengatasi HP restart sendiri, Untuk langkah-langkahnya silahkan scroll ke bawah.



Penyebab HP Restart Sendiri



Terdapat kerusakan pada sistem yang disebabkan oleh aplikasi tertentu atau efek dari gagal update.


Memori internal penuh, Jika memori internal penuh, sistem akan lambat dan terkadang membuat crash lalu restart sendiri.


HP yang terlalu panas, jika anda terlalu lama bermain HP pasti akan terasa panas dan lemot. Jika melewati batas waktu android akan restart dengan sendirinya.


RAM penuh, RAM berfungsi untuk menampung memori aplikasi yang berjalan. Jika RAM penuh bisa menyebabkan sistem restart.


Sistem crash, maksudnya adalah kegagalan sistem yang tidak diketahui.


Itu adalah sebagian penyebab kenapa HP restart sendiri, untuk cara mengatasinya simak di bawah ini.



1.periksa pengaturan HP



cara mengatasi android restart sendiri


Jika anda pernah mengotak-atik pengaturan handphone, maka anda sudah mengubah pengaturan handphone dari yang asli ke pengaturan sendiri. Pengaturan HP menurut sendiri itu kurang efektif dan bisa menyebabkan masalah seperti: HP restart sendiri. Jika anda ingin supaya HP anda tidak restart terus, anda harus mengembalikan pengaturan seperti semula. Caramya adalah dengan melakukan factory reset pada HP, tutorialnya ada di bawah silahkan lanjut baca.



2.Matikan HP android



cara mengatasi android restart sendiri



Setiap HP pasti memiliki batas waktu komponen. Ketika HP sudah terlalu panas maka sistem HP akan restart sendiri dengan tujuan pemulihan dari kinerja yang berat.


Cara mengatasinya adalah dengan matikan HP sebentar sekitar 5-10 menit untuk mendinginkan komponen internal HP. Agar lebih bagus jika baterai, memori dan kartu SIM dilepas saat HP dimatikan untuk memaksimalkan pendinginan.



3.Aktifkan aplikasi yang dinonaktifkan



cara mengatasi android restart sendiri



Pada android terdapat dua jenis aplikasi yaitu: aplikasi internal (sistem) dan aplikasi eksternal. Tapi yang menyebabkan sistem HP restart sendiri adalah aplikasi internal yang dinonaktifkan baik oleh kita sendiri atau oleh sistem.


Untuk mengaktifkan kembali aplikasi internal yang dinonaktifkan adalah dengan masuk ke pengaturan > Aplikasi > masuk ke menu nonaktifkan > pilih aplikasi > aktifkan.



4.Ganti baterai HP



cara mengatasi android restart sendiri


Jika anda sudah memakai HP sekitar 1-2 tahun, makq disarankan untuk mengganti HP tersebut karena seiring waktu kinerja baterai akan menurun. Apalagi jika anda sering ngecas sambil main HP, hal itu dapat mengurangi kinerja baterai.


Jika kinerja baterai menurun akan menyebabkan masalah seperti: Hp restart sendiri, HP mati sendiri dan HP tidak bisa nyala.


Sebelum anda membeli baterai baru harap lakukan dua hal penting ini:


- Beli baterai original, karena batrrai original memikiki tegangan yang sesuai dengan android anda maka baterai akan lebih awet saat digunakan. Jika anda membeli baterai non-original maka baterai akan boros dan lowbat.


- Lakukan kalibrasi pada baterai, untuk mengatasi error pada status baterai misalnya: di status baterai 70% padahal aslinya tersisa 20%.


Anda bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan kalibrasi pada baterai anda. Aplikasinya bernama "Baterai Calibration" tersedia di play store.



5.Install aplikasi antivirus



cara mengatasi android restart sendiri


Virus adalah sebuah file yang berbahaya bagi setiap sistem operasi yang ada karena virus bisa merugikan penggunanya. Virus bisa masuk melalui celah terbuka seperti browsing, install aplikasi dari sumber tidak dikenal dan transfer file. Dengan membersihkan virus anda bisa mengatasi setiap permasalahan yang ada di android termasuk HP restart sendiri. Cara membersihkan virus adalah dengan mendownload aplikasi antivirus berkualitas yang ada di google seperti: Clean master, NOX cleaner, CM securiry.

Link aplikasi anti virus:


-clean master

-360 security
-virus cleaner

Jika cara di atas tidak bisa mengatasi HP restart sendiri. Maka jalan keluarnya adalah dengan mereset HP android anda. Cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi permasalahan pada sistem operasi android. Jika anda ingin melakukan reset android sebaiknya anda backup dulu data penting yang ada di android ke google drive supaya menghindari kehilangan data. Tutorial reset android ada di bawah.



6.Update sistem HP



cara mengatasi android restart sendiri


Setiap HP pasti sukan memberi update perbaikan dan keamanan sistem termasuk juga masalah HP restart sendiri. Hal ini harus dilakukan jika HP anda sudah sering restart sendiri.


Cara melakukan update sistem HP adalah: masuk ke pengaturan > tentang perangkat > perbarui perangkat lunak > perbarui.


Pastikan sebelum update anda mempuyai kuota yang banyak dan koneksi internet yang lancar. Karena jika sistem gagal update biasanya akan menyebabkan error pada sistem.


Dengan melakukan update sistem, berbagai masalah pun akan teratasi termasuk juga mengatasi HP restart sendiri.



7.Unroot android



Keuntungan root pada android banyak sekali. tapi jika tidak digunakan dengan baik maka akan mengalami masalah pada sistem android.


Untuk mengatasinya anda cukup meng-unroot android anda supaya bisa kembali ke pengaturam normal.



8.Reset android



Factory reset atau disebut dengan reset pabrik adalah cara untuk mengatasi permasalahan sistem operasi termasuk juga mengatasi HP restart sendiri.


Cara melakukan factory reset di android:


Masuk ke recovery mode dengan mematikan HP terlebih dahulu kemudian tekan tombol power + Volume down (untuk HP advan) jika tidak bisa kalian bisa melihat artikel cara masuk mode recovery di berbagai macam tipe HP DISINI. Jika kalian sudah menemukan cara masuk mode recovery sesuai dengan tipe HP kalian. Maka masuklah ke recovery mode, untuk memilih menu gunakan tombol volume UP dan DOWN dan tombol HOME atau POWER untuk memulai proses recovery mode. Tunggu beberapa menit biasanya proses ini berlangsung lama tergantung kondisi HP kalian. Jika sudah selesai pilih menu Reboot untuk restart ulang HP.


Lebih lengkapnya cek artikel lain.


HP android yang sudah di reset akan memiliki kapasitas ROM dan RAM yang luas sehingga terhindar dari masalah sistem operasi yang mengganggu.



9.Bawa android ke Service Center



Jika cara di atas belum berhasil, mungkin komponen hardware HP yang rusak. Dengan membawa android ke service center, android anda akan diperbaiki oleh orang yang ahli.


Jangan coba-coba untuk mengoprek android sendiri, karena akan membuat android lebih rusak lagi.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.


Itulah beberapa cara untuk mengatasi HP restart sendiri, jika semua cara tidak berhasil buang saja HP nya ke sungai gan. :v


Jangan lupa like dan subscribe blog ini untuk mendapatkan artikel berkualitas lainnya :v






BACA JUGA:


*4 cara memperbaiki recovery mode yang bermasalah
*3 cara menghilangkan iklan di xiaomi dengan cepat


Posting Komentar

0 Komentar