Inilah 2 Cara Mudah Mengatasi Bootloop di Android

2 Cara Mudah Mengatasi Bootloop di Android

MENGATASI BOOTLOOP DI ANDROID


   Bootloop adalah masalah pada perangkat lunak Android yang menunjukan berupa kegagalan masuk ke dalam sistem, biasanya perangkat hanya menampilkan logo Android secara berulang-ulang.

   Jika perangkat Android anda terjadi bootloop. Jangan dibawa ke konter karena bisa diatasi dengan trik di bawah ini, Bootloop dibedakan menjadi dua macam berdasarkan tingkat kerusakannya.

- light bootloop atau bootloop ringan, biasanya bootloop ini hanya sementara waktu saja, kadang-kadang hilang sendiri dan android bisa digunakan lagi.

-hard bootloop atau bootloop parah yang ditunjukan dengan kegagalan masuk ke sistem secara permanen.

Sesudah mengetahui sebab dan jenis bootloop, selanjutnya cara mengatasi masalah bootloop inie.

Bootloop ringan atau berat mendapatkan perbaikan yang berbeda. Bootloop ringan juga jangan diremehkan walaupun tidak menggangu tapi nanti akan menjadi parah dan bersifat permanen. Sebaiknya untuk diperbaiki terlebih dahulu.

 Trik Mengatasi Bootloop Ringan

Untuk mengatasi perangkat yang mengalami bootloop ringan, yang harus dilakukan adalah Matikan perangkat anda kemudian cabut baterai, kartu sim, kartu memori lalu diamkan selama 30 menit kalau bisa 24 jam penuh. Kemudian pasang dan hidupkan android kembali. Jika masalah bootloop masih terjadi, lanjutkan ke trik kedua.



Mengatasi bootloop parah

   Mengatasi bootloop parah memerlukan langkah-langkah yang teliti.

   Cara untuk mengatasi bootloop parah adalah kembalikan android ke pengaturan pabrik atau factory reset.caranya, kita harus masuk ke Recovery Mode pada android.Untuk masuk ke recovery mode bisa dilakukan dengan menekan tombol Home + Volume Up + Power secara bersamaan, Tapi setiap model android berbeda cara. Berbagai macam cara untuk masuk ke recovery mode berdasarkan model android :

Samsung :
  Galaxy Gio, Fit , Mini dan ACE: Home + tombol Power
    Galaxy Young , young duos , Pocket: pencet tombol Home + Volume Up + Power

HTC :
Tombol Power + Volume Down + Power On.

HUAWEI :
Power + volume up + Power

LG :
 Home + Volume Up + Power

Andromax :
Home + Volume Up + Power

ADVAN VANROID :
Power + Volume Down

CROSS :
Power + Volume DOWN

   Cobalah sesuai dengan model android, jika bisa masuk ke recovery mode biasanya ditandai dengan gambar android. Untuk menggerakkannya menggunakan tombol volume untuk memulai perintah bisa gunakan tombol power.

   Kemudian pilih perintah Yes — delete user data dan tekan tombol power untuk memulai proses. Berikutnya perangkat akan menghapus semua data yang ada di Android. Kalau sudah selesai biasanya perangkat langsung restart, tapi ada juga yang hanya memberi informasi selesai.

   Jika android tidak restart,arahkan ke opsi reboot system now dan tekan power untuk memulai perintah. Setelah android restart, anda bisa mengatur ulang pengaturan android sesuka hati.




Posting Komentar

0 Komentar