Inilah Cara Ampuh Fokus Belajar dan Meningkatkan Jam Belajar Sampai Berjam - jam !

Cara Fokus Belajar dan Meningkatkan Jam Belajar Sampai Berjam - jam


Cara meningkatkan jam belajar

Belajar adalah hal paling penting bagi semua orang. Tidak hanya para pelajar, semua orang juga harus tetap belajar setiap harinya supaya bisa meningkatkan skill dan pengetahuan untuk kehidupan di masa yang akan datang.


Belajar tidak hanya dari buku saja, anda bisa belajar lewat internet, sosial media, teman, orang tua, lingkungan sekitar dan lain - lain. Belajar membutuhkan fokus yang benar, tidak hanya cukup beberapa menit saja tapi anda harus belajar selama berjam - jam.


Ilmu yang anda pelajari pasti luas sekali dan tidak cukup dengan belajar hanya beberapa menit sehari. Bayangkan teman anda belajar selama 5 jam sehari sementara anda hanya belajar 30 menit sehari, pasti anda akan ketinggalan jauh dari teman anda.


Oleh karena itu, anda harus meningkatkan waktu belajar anda supaya pengetahuan anda lebih luas dan bisa mengerjakan ujian apapun dengan mudah. Untuk meningkatkan waktu belajar tidak mudah, pasti akan muncul berbagai gangguan seperti malas, bosan, mengantuk, fokus teralihkan ke hal lain sehingga sulit sekali untuk tetap belajar.


Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa cara fokus belajar dan meningkatkan jam belajar selama berjam - jam. Semoga tips ini bisa membantu anda dalam mengatasi hal - hal yang menghalangi anda saat ingin fokus belajar.


Eliminasi distraksi


Anda harus mengeliminasi atau menyingkirkan semua hal yang bisa membuat daya fokus terganggu seperti smartphone, televisi, teman, suara bising dan lain - lain. Jika fokus anda teralihkan ke sesuatu misalnya smartphone maka anda akan sulit kembali lagi ke zona fokus belajar.


Jika fokus anda sering teralihkan oleh pikiran anda sendiri maka anda bisa memakai aturan 3 detik. Saat belajar tiba - tiba pikiran anda teralihkan ke sesuatu yang tidak penting maka hitung 1,2,3 dan lupakan pikiran tersebut lalu kembali fokus belajar.


Jika fokus anda teralihkan oleh pikiran tapi itu penting maka gunakan lembar distraksi untuk menulis hal - hal penting yang anda pikirkan saat belajar. Misalnya, nanti ingin memasak apa, ingin menulis apa, ingin pergi kemana. Anda tulis semua hal penting yang anda pikirkan dan setelah belajar anda bisa melihat lembar distraksi yang berisi hal yang anda anggap penting.


Mempunyai target yang jelas


Bayangkan anda mengerjakan atau melakukan sesuatu tapi tidak ada target yang jelas, pasti anda akan mudah menyerah atau malas untuk melakukannya lagi. Jika anda melakukan sesuatu untuk mengejar target yang sudah anda tetapkan maka anda akan terus melakukannya sampai target itu berhasil tercapai.


Begitu juga dengan belajar, jangan asal belajar tanpa ada target yang jelas. Anda harus mempunyai target belajar seperti jumlah soal yang ingin dijawab, menguasai materi dengan cepat, meningkatkan jam belajar dan lain - lain. Dengan adanya target maka anda tidak akan malas dan merasa bosan saat belajar.


Anda bisa menerapkan metode belajar 25 menit dan 5 menit istirahat lalu belajar lagi selama 25 menit lalu istirahat lagi selama 5 menit dan lakukan lagi secara terus menerus maka waktu belajar anda akan semakin banyak.


Masuk ke zona flow


Zona flow adalah zona dimana anda terus fokus ke sesuatu dan benar - benar fokus sementara hal - hal lain tidak dipedulikan atau dipikirkan. Seperti halnya anda bermain game online, anda main game dari pagi sampai sore dan lupa waktu, makan dan lain - lain.


Inilah yang dilakukan oleh atlet - atlet internasional, musisi berkelas dan orang yang memecahkan rekor dunia. Mereka masuk pada zona flow dimana semua daya fokus ditempatkan pada satu hal dan hal yang lain tidak dipedulikan.


Untuk masuk zona flow, anda harus mengerjakan sesuatu di atas kemampuan anda saat ini. Dengan kata lain, anda harus mengerjakan sesuatu yang tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah.


Jika anda mengerjakan hal yang sulit maka anda akan merasa gugup, mudah menyerah karena sangat sulit dan merasa stres sehingga membebani pikiran dan mengurangi daya fokus saat belajar. Sebaliknya, jika melakukan hal yang terlalu mudah maka anda cepat merasa bosan, kurang motivasi dan merasa percuma.


Charger diri anda


Cara untuk mengatasi bosan saat belajar, anda bisa melakukan sesuatu untuk men-charger atau mengisi jiwa anda supaya lebih semangat dalam belajar. Misalnya, sebelum belajar anda mandi pagi dulu, ngopi dulu, olahraga dulu dan lainnya.


Baca juga : cara menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa


Kegiatan yang anda lakukan sebelum belajar menjadi charger bagi anda supaya tidak bosan atau mengantuk saat belajar selama berjam - jam. Jika anda tidak melakukan aktifitas yang bisa membangunkan mental belajar maka anda akan mengantuk saat belajar, mudah bosan, muncul rasa ingin bermalas - malasan dan mulai rebahan.


Mindset "tanggung"


Anda mulai melakukan hal yang sedikit lalu katakan pada pikiran anda untuk menambahkannya lagi karena tanggung supaya tugas cepat selesai. Misalnya, anda mulai mengerjakan 10 soal, setelah mengerjakannya anda katakan pada pikiran anda "ah tanggung nih, ada 5 soal lagi kerjain aja dulu" dan akhirnya anda kerjakan.


Anda lakukan lagi dan lagi, tambahkan sedikit setelah anda selesai mengerjakannya maka tidak terasa anda sudah belajar selama berjam - jam berkat menerapkan mindset "tanggung" ini.


Meningkatkan standar belajar


Meningkatkan standar adalah dengan menambah jam belajar dan menambah soal yang ingin dikerjakan dari hari ke hari. Misalnya, anda kemarin berhasil belajar selama 1 jam maka hari ini anda harus bisa belajar selama dua jam. Besoknya, anda harus bisa belajar selama 3 jam dan seterusnya.


Dengan meningkatkan standar dari ke hari maka anda mulai sadar bahwa diri anda sudah bisa belajar atau mengerjakan soal sebanyak ini dalam satu hari. Anda akan merasa senang dan pada akhirnya terus melanjutkan belajar tanpa henti setiap harinya.


Sumber : Zahid Azmi Ibrahim

Posting Komentar

0 Komentar