Inilah 9 Cara Menghafal Dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa

Cara Menghafal Dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa


Cara agar tidak mudah lupa saat menghafal


cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa - Pada kehidupan sehari - hari pasti anda pernah disuruh untuk menghafal sesuatu baik di dunia pendidikan, organisasi atau lingkungan sekitar. Ada beberapa orang yang cepat menghafal dan ada orang yang sulit menghafal, orang yang mempunyai kemampuan menghafal cepat pasti memiliki sesuatu yang membuat otak mereka merespon dengan cepat.

Menghafal bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu menghafal memakai otak kanan dan menghafal memakai otak kiri. Bagaimana kita tahu saat menghafal sedang menggunakan otak kiri atau kanan, contoh:

Sebelum menghadapi ulangan atau ujian pasti anda harus menghafal materi terlebih dahulu dan saat menghadapi ujian, anda hanya bisa ingat setengah dari materi yang anda hafal. Hal itu menandakan bahwa anda menghafal memakai otak kiri.

Cara menghafal yang efektif adalah menggunakan otak kanan. Menghafal dengan otak kanan membuat anda benar - benar paham dengan sesuatu yang ingin anda hafal. Tentunya anda akan terus ingat karena sudah sangat paham dengan materi tersebut.

Lalu, bagaimana cara supaya menghafal dengan otak kanan supaya kegiatan menghafal menjadi lebih cepat dan tidak mudah lupa.

1. Berikan motivasi pada diri anda


Motivasi berperan penting dalam melakukan suatu hal karena motivasi mendorong jiwa dan raga untuk bergerak lebih banyak dan keras dari biasanya. Jika anda menghafal karena terpaksa atau tugas dari seseorang maka kadar hafalnya hanya sekejap dan beberpa hari kemudian akan lupa.

Anda harus mempunyai motivasi atau dorongan dalam diri anda untuk menghafal materi yang anda inginkan. Buatlah target atau tujuan yang jelas dan saat anda mampu menghafal materi tersebut dan mencapai tujuan maka akan timbul kesenangan dalam hati anda.

2. Fokus dan konsentrasi


Anda harus fokus dan konsentrasi dalam menghafal sesuatu supaya muncul ketenangan dalam diri anda. Hal yang paling penting adalah tancapkan niat yang kuat ingin menghafal materi dan jangan ada sedikit pun rasa malas dalam diri anda karena bisa mengganggu fokus da konsentrasi. Dengan fokus pada materi yang anda hafal dan dilakukan secara konsisten maka anda akan mudah dalam menghafal materi tersebut.

3. Menghafal sambil mengonsumsi sesuatu


Ada beberapa orang (mungkin anda termasuk) saat mengonsumsi suatu makanan maka kinerja pikiran mereka akan meningkat dan proses menghafal menjadi lebih berkualitas. Kebanyakan orang mengonsumsi cokelat saat belajar supaya kualitas belajar menjadi lebih baik dan materi akan mudah dipahami.


Anda bisa mengonsumsi roti, teh, kopi, susu atau makanan dan minuman lainnya yang membuat anda segar kembali. Beberapa ahli mengatakan bahwa teh hijau bisa meningkatkan kemampuan menghafal karena mengandung senyawa yang berfungsi menjaga sel otak supaya bekerja lebih lama.

4. Menulis materi yang anda hafal


Untuk mendukung kualitas menghafal anda maka gunakanlah media menulis. Anda pasti pernah menulis sesuatu lalu anda mudah ingat dengan apa yang anda tulis dan tidak lupa walaupun sudah beberapa hari.

Anda bisa menulis materi yang ingin anda hafal, tapi ingat jangan hanya sekedar menulis saja, anda harus menulis sambil memahami dan membaca apa yang anda tulis supaya menghafal memakai otak kanan.

Dengan menulis sambil memahami yang ditulis maka alam bawah sadar anda akan terbuka dan materi yang anda tulis mudah diserap dan dipahami. Jadi, anda jangan meremehkan kegiatan menulis karena ini adalah cara kuno dalam menghafal sesuatu.

5. Beri waktu istirahat


Menghafal secara terus menerus tanpa henti bisa menurunkan kinerja otak. Pikiran anda akan merasa lelah dan daya fokus turun saat anda melakukan kegiatan menghafal berjam - jam. Memaksa otak untuk menghafal juga tidak baik karena bisa menyebabkan kelelahan dan akhirnya pusing dan mengantuk.

Sebaiknya, anda memberikan waktu istirahat untuk otak supaya bisa segar kembali dengan cara meditasi, minum air putih atau belajar topik lain. Terkadang otak akan bosan saat belajar hal yang sama terus menerus, lebih baik mencari hal atau materi baru untuk dipelajari supaya pikiran bisa fokus kembali.

6. Menghafal melalui menggambar


Jika anda malas menulis, anda bisa menggunakan media menggambar untuk mendukung kualitas menghafal anda. Cobalah untuk menggambar atau gambarkan materi yang ingin anda hafal dan pahami melalui gambar tersebut.

Dengan menggambar materi lalu anda memahami materi dari gambar maka anda akan mudah hafal dan tidak cepat lupa, saat melihat gambar tersebut anda akan ingat sesuatu dan mengarah ke materi.

Jika anda senang menggambar maka menghafal dengan menggambar ini harus dilakukan karena melakukan sesuatu yang menyenangkan akan membuat hati merasa gembira dan saat dilakukan secara konsisten maka anda tidak mudah lupa.

7. Menghafal dengan media bernyanyi


Untuk menghafal melalui nyanyian, anda tidak perlu menjadi seorang penyanyi. Menghafal dengan kreatifitas membuat anda lebih mudah hafal dan menyanyi adalah salah satu dari bentuk kreatifitas.

Anda pasti pernah saat SD, SMP atau SMA disuruh oleh guru anda menghafal suatu materi dengan bernyanyi. Teknik bernyanyi ini bisa anda gunakan untuk menghafal dengan efektif dan hafalan anda akan bertahan dalam waktu yang lama.

8. Membuat mind map untuk menghafal


Mind map adalah kegiatan menyederhanakan atau merangkum suatu materi yang sangat banyak menjadi penjelasan singkat yang mudah dimengerti. Jika anda mempunyai yang panjang dan banyak maka buatlah mind map untuk mempermudah dalam menghafal.


Contoh mind map :

Contoh mind mapping
Sumber : depoedu.com


Anda harus membuat poin - poin pada materi dan menulis penjelasan yang singkat dan jelas. Penjelasan di mind map harus menggunakan bahasa sendiri supaya anda bisa lebih mudah memahaminya karena jika menggunakan bahasa pada materi maka anda akan susah hafal.

9. Tidur yang cukup


Kurang tidur menyebabkan anda kelelahan sepanjang hari, waktu tidur yang kurang bisa membuat kinerja otak anda menurun karena istirahat yang tidak tercukupi. Otak anda harus berisitrahat terutama saat tidur supaya makin segar dan kinerja optimal.

Dengan waktu tidur yang cukup sekitar 7 - 8 jam per hari maka kesehatan otak akan terjaga, menghilangkan stres dan rasa lelah. Saat menghafal maka akan cepat hafal dan tidak mudah lupa karena segala hal dalam tubuh sudah normal kembali.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa membaca artikel lainnya di blog Magersena supaya mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar