Inilah 8 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia / Sulit Tidur dengan Mudah dan Cepat

Inilah 8 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia /Sulit Tidur dengan Mudah dan Cepat


Cara mengatasi insomnia


Cara mengatasi insomnia - Tidur adalah kebutuhan yang harus dilakukan manusia. Fungsi tidur adalah me-regenerasi sel - sel dalam tubuh supaya bisa terbentuk dengan sempurna dan kuat dalam menjalani aktivitas di keesokan harinya. Tapi, ada beberapa orang yang mengalami sulit tidur atau insomnia. Mereka sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut tapi belum juga teratasi.

Tidur merupakan proses yang kompleks dan terdiri dari beberapa tahapan, diantaranya tidur dengan gerakan mata lambat (non rapid eye movement) dan tidur dengan gerakan mata cepat (rapid eye movement).

Siklus tidur dimulai dengan gerakan mata lambat yang mempunyai beberapa tahap :

Tahap 1 : transisi dari sadar menjadi tidur
Tahap 2 : mulai masuk pada tahap tidur tapi masih bisa dibangunkan dengan suara
Tahap 3 : peralihan ke deep sleep
Tahap 4 : mulai masuk ke deep sleep secara menyeluruh
Fase REM : disini terjadinya mimpi yang sering dialami saat tidur.

Kebutuhan tidur beragam tergantung usia. Biasanya untuk anak - anak waktu tidurnya adalah 9 - 11 jam sedangkan untuk orang dewasa adalah 7 - 9 jam per hari. 

Insomnia adalah gangguan kualitas tidur yang disebabkan oleh beberapa hal. Gejala insomnia diantaranya adalah kesulitan memulai tidur (early insomnia), sering terbangun di malam hari (middle insomnia) dan terbangun di malam hari dan sulit untuk tidur kembali (late insomnia).

Gejala insomnia di atas tentunya akan mengganggu aktivitas anda di siang hari. Jika mengalami insomnia mungkin anda akan mengantuk di siang hari dan sulit konsentrasi. Itulah alasan kenapa anda harus menjaga kualitas tidur supaya bisa menjalani kehidupan sehari - hari dengan lancar dan menyenangkan.


Penyebab insomnia



Sebelum ke tahap mengatasinya, anda harus mengetahui apa saja penyebab dan faktor insomnia yang anda alami, biasanya dari faktor lingkungan dan pola hidup.


1. Lingkungan



Penyebab kenapa anda susah tidur adalah pengaruh dari lingkungan sekitar. Jika kamar tidur anda berantakan dan kotor tentu tidur anda akan terganggu dan tidak nyaman. Oleh karena itu, anda harus membersihkan dan merapihkan kamar anda sebelum tidur supaya tidur lebih berkualitas.

Baca juga : inilah 9 cara menambah tinggi badan secara alami

Usahakan untuk mematikan lampu saat ingin tidur. Tapi, beberapa orang mengaku takut gelap di malam hari sehingga mereka tetap menyalakan lampu saat tidur. Sebenarnya tidur dengan lampu yang masih menyala akan mengganggu atau mengurangi kualitas tidur anda sehingga saat terbangun di pagi hari perasaan tidak enak dan rasanya ingin tidur kembali.


2. Stress



Stress bisa dikatakan seseorang yang mempunyai banyak pikiran sehingga mengganggu jam tidur di malam hari. Bukan masalah stess nya yang harus anda hadapi, tapi bagaimana sikap anda menghadapi stress yang dialami (melakukan manajemen stress).

Pikiran yang menganggu otak seperti memikirkan ujian, memikirkan pacar, memikirkan orang tua. Hal itu akan membuat otak terus bekerja sehingga rasa ingin tidur berkurang.


3. Pola hidup



Pola hidup sangat mempengaruhi insomnia, jika anda tipe orang yang tidur di pagi sampai sore hari dan beraktivitas atau bekerja di malam hari maka hal itu sangat tidak baik untuk tubuh anda. Tapi, jika hal itu harus dilakukan karena tuntutan pekerjaan maka boleh saja.

Jika anda mengubah pola hidup anda dengan mengurangi tidur di pagi & sore hari dan mulai kembali tidur di malam hari maka tubuh akan kembali sehat karena kembali kepada pola hidup yang tepat dan teratur. Kita sebagai manusia alamiahnya tidur di malam hari dan beraktivitas dari pagi sampai sore hari. Jadi, rubah pola hidup anda mulai dari sekarang.


4. Masalah kesehatan



Ada beberapa penyakit yang membuat seseorang sulit tidur di malam hari diantaranya penyakit nyeri kronis, gangguan pernafasan (penyakit asma dan paru), gangguan jantung, gangguan hormon, masalah persendian, diabetes dan stroke.


Cara mengatasi insomnia



Sekarang anda sudah tahu kenapa anda terkena insomnia. Jika sudah, anda bisa mengatasinya dengan melakukan cara di bawah ini dengan tepat dan teratur supaya insomnia bisa teratasi dengan cepat.


1. Konsumsi makanan yang sebenarnya



Untuk mengatasi insomnia, anda harus mengonsumsi makanan tanpa proses pengolahan, tanpa bahan pengawet, tanpa diberi pemanis buatan dan pewarna. Contohnya adalah buah - buahan, sayur - sayuran dan biji - bijian.

Jangan makan 3 jam sebelum tidur karena jika perut terlalu kenyang maka anda akan sulit berbaring, perut terasa sakit dan sulit tidur.


2. Melakukan meditasi



Jika anda sulit tidur maka lakukanlah meditasi sebentar saja. Jernihkanlah pikiran anda dari hal yang menganggu seperti memikirkan utang, keluarga, anak, teman dan lainnya.

Usahakan untuk berhenti memakai handphone, laptop dan menonton televisi satu jam sebelum tidur. Semua cahaya yang ada di sekitar bisa menghambat hormon melantonin yang berfungsi membuat tidur anda lelap.

Baca juga : inilah 6 cara mengatasi rambut bercabang dengan bahan alami

Cahaya HP dan monitor efeknya lebih kuat dalam menghambat hormon melantonin daripada cahay lampu sehingga membuat anda lebih sulit tidur jika terus memainkan HP atau laptop anda.


3. Jangan tidur di siang hari



Beberapa orang menjadikan hari siang sebagai tempat istirahat karena aktivitas yang padat di pagi hari. Tapi tidur di siang hari bisa membuat anda terjaga di malam hari karena waktu tidur sudah diisi di siang hari.

Usahakan untuk menghindari tidur di siang hari. Jika benar - benar lelah, cukup duduk atau mengonsumsi air putih supaya energi cepat pulih dan bisa beraktivitas kembali.


4. Mengonsumsi suplemen



Cara selanjutnya, anda bisa mengonsumsi suplemen - suplemen seperti calcium, magnesium, vitamin B kompleks dan vitamin E. Suplemen ini berfungsi memberikan efek relaksasi sehingga pikiran anda menjadi tenang dan mudah untuk tidur di malam hari.


5. Mengonsumsi pisang



Satu - satunya makanan yang bisa membuat anda tidur lelap adalah pisang. Pisang mengandung magnesium, potasium dan vitamin yang berfungsi mengatur fungsi otak dan tubuh.

Dengan mengonsumsi pisang sebelum tidur maka hormon melantonin akan meningkat sehingga tidur menjadi lebih tenang dan nyaman tanpa terbangun di malam hari.


6. Melakukan olahraga



Insomnia bisa diatasi dengan melakukan olahraga untuk tubuh. Jika anda jarang olahraga maka mulailah berolahraga sebanyak 3 - 5 kali per minggu selama 30 menit. Pada beberapa orang, untuk mengatasi insomnia tidak perlu mengonsumsi obat - obatan, mereka hanya perlu berolahraga untuk mendapatkan rasa nyenyak untuk tidur di malam hari.

Dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur, metabolisme tubuh akan meningkat dan tingkat stres akan menurun sehingga membuat anda tidur lebih nyenyak di malam hari.


7. Menghindari hal yang membuat sulit tidur



Ada beberapa hal yang membuat anda sulit tidur di malam hari diantaranya adalah mengonsumsi obat - obatan seperti obat darah tinggi dan diet. Jika anda ingin membeli obat maka konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Obat - obatan yang sering anda konsumsi mungkin menjadi penyebab insomnia dan menganggu pola tidur anda di malam hari.

Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung kafein sebelum tidur seperti coklat, soda, kopi dan teh. Jika anda mengonsumsi kafein di malam hari maka membuat anda sulit tidur dan dan terjaga di malam hari.

Baca juga : anda sulit gemuk ! Kenali 8 penyebab sulit gemuk dan cara mengatasinya

Jangan terlalu sering mengonsumsi obat - obat tidur apalagi tanpa pengawasan dokter, karena jika sering dikonsumsi dalam jangka panjang bisa mempengaruhi kinerja otak anda.


8. Mandi air hangat



Anda bisa mandi air hangat terlebih dahulu sebelum pergi ke kasur untuk tidur. Mandi terutama memakai air hangat bisa memberikan efek relaksasi pada tubuh sehingga tubuh menjadi segar kembali. Dengan melakukannya setiap ingin tidur maka tidur lelap pun bisa anda rasakan dan insomnia sedikit demi sedikit akan teratasi.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya yang berguna bagi kehidupan sehari - hari.

Posting Komentar

0 Komentar