Anda Sulit Gemuk ! Kenali 8 Penyebab Sulit Gemuk dan Cara Mengatasinya

Anda Sulit Gemuk ! Kenali 8 Penyebab Sulit Gemuk dan Cara Mengatasinya


Cara mengatasi sulit gemuk


Penyebab sulit gemuk dan cara mengatasinya - Semua orang tidak ingin tubuhnya kurus dan kering, tentu ia menginginkan tubuh yang gemuk dan sehat. Sulit gemuk menjadi keluhan setiap orang yang ingin berat badannya naik, sudah makan banyak dan mengurangi aktivitas tapi masih saja berat badan tidak naik.

Sebaliknya, ada orang yang ingin mengurangi berat badan tapi sulit menjalaninya. Sudah mengurangi porsi makan, mengonsumsi sayur dan buah tapi berat badan tidak turun sama sekali atau malah tambah naik.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi sulit gemuk ? Langkah pertama adalah mengenali penyebab kenapa anda sulit gemuk. Oke, berikut 8 penyebab seseorang sulit gemuk dan cara mengatasinya.


1. Bawaan sejak lahir


Jika anda seorang yang sulit gemuk, bisa jadi itu sudah bawaan dari lahir. Jadi, anda dari lahir sudah membawa materi genetik yang membuat anda sulit gemuk atau orang tua anda yang tidak gemuk membuat keturunannya juga sulit menjadi gemuk.


2. Penyakit tertentu



Penyakit yang terkenal membuat susah gemuk adalah cacingan, bisa jadi anda terkena penyakit cacingan sehingga membuat anda menjadi gemuk. Metabolisme tinggi karena penyakit tertentu seperti gangguan hormon (hormon tiroid). Oleh karena itu, tubuh sulit menimbun lemak karena penyakit tersebut.

Penyakit lain yang bisa membuat tubuh susah gemuk adalah asma, diabetes, kanker dan gangguan anatomi tubuh seperti sulit menelan.


3. Stres



Orang yang stres cenderung mengalami kenaikan dan penurunan berat badan yang tidak stabil karena faktor psikologis yang sedang terganggu.


4. Masalah pencernaan



Masalah pencernaan bisa membuat seseorang sulit gamuk karena makanan yang dikonsumsi tidak mengandung gizi sama sekali sehingga menyebabkan masalah pada sistem pencernaan.

Kelainan organ pencernaan menyebabkan sulit mencerna atau menyerap gizi makanan. Kelainan organ seperti gagal organ pencerna dan organ penyerap bisa membuat badan kekurangan gizi sehingga membuat seseorang sulit gemuk.


5. Kurang gizi



Kurang salah satu gizi seperti karbohidrat dan lemak. Anda harus mengonsumsi kedua gizi tersebut supaya bisa menambah berat badan dengan cepat dan optimal.


6. Olahraga secar berlebihan



Olahraga yang berlebihan juga bisa membuat seseorang sulit menambah berat badan karena ketika anda olahraga dalam waktu yang lama, kalori di tubuh akan terbakar dan hilang. Sedangkan kalori menjadi alat untuk membuat anda menjadi gemuk.

Baca juga : inilah 7 cara mengatasi hidung tersumbat dengan mudah dan cepat

Kurangi waktu olahraga anda menjadi seminggu sekali atau dua minggu sekali supaya kalori bisa tertimbun di tubuh dan menambah berat badan.


7. Sering merokok



Pada rokok terkandung zat bernama nikotin. Nikotin ini digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan, fokus, konsentrasi dan adrenaline tubuh akan naik.

Pada saat adrenaline tubuh maka kadar insulin akan turun dan kadar gula darah naik sehingga membuat seseorang tetap kenyang. Energi yang akan terbentuk di tubuh hanya bersumber dari nikotin rokok dan kopi yang mengandung kafein.

Sementara untuk membuat tubuh gemuk adalah karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin dan mineral.


8. Mengonsumsi makanan rendah kalori



Jika anda sering mengonsumsi makanan yang berkalori rendah sampai nol maka anda akan sulit gemuk dan hasil yang didapatkan tidak sesuai harapan.

Contoh makanan berkalori rendah adalah buah & sayur - sayuran. Buah dan sayur tidak mengandung kalori sama sekali, jika anda sering mengonsumsi buah dan sayur maka peningkatan berat badan tidak signifikan.

Buah dan sayur sering digunakan oleh orang - orang yang ingin menurunkan berat badan atau diet karena tidak mengandung kalori dan bisa menurunkan berat badan dalam beberapa bulan. 

Setelah anda mengetahui penyebab sulit gemuk. Selanjutnya adalah cara mengatasi tubuh sulit gemuk dengan mudah.


1. Membuat kalori surplus



Untuk membuat tubuh anda cepat gemuk adalah membuat kalori surplus di tubuh. Maksudnya asupan kalori yang anda makan harus lebih banyak dari kalori yang keluar. Anda bisa mengurangi waktu aktivitas anda sehari - hari dan menambahkan intensitas makan supaya kalori yang masuk bisa tertimbun dan berubah menjadi daging dan lemak.

Baca juga : cara mudah mencegah dan mengatasi kepala bayi peyang

Metode ini harus anda lakukan selama berbulan - bulan bahkan sampai tahunan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dalam menaikkan berat badan anda.


2. Ikuti pola makan orang tua



Jika orang tua anda gemuk kemudian anda mengikuti pola makan orang tua sehari - hari maka kemungkinan bisa gemuk dengan cepat karena dibantu faktor genetik dari keluarga.


3. Mengobati penyakit



Jika anda sulit gemuk karena penyakit, sebaiknya obati dulu penyakit tersebut supaya tidak menganggu usaha anda dalam menaikkan berat badan.


4. Olahraga yang tepat



Olahraga untuk orang yang ingin gemuk tidak sembarangan, anda harus kombinasikan antara enrobik dan aerobik. Jadi, tidak hanya olahraga lari saja, anda harus melakukan olahraga angkat beban atau lainnya.


5. Pola makan yang tepat



Pola makan sangat berpengaruh terhadap berat badan karena setiap kalori pada makanan itu berbeda - beda. Ada makanan yang kalorinya rendah sampai nol dan makanan yang kalorinya sedang sampai tinggi.

Jenis makanan berkalori tinggi biasanya mengandung makronutrien, misalnya karbohidrat, protein dan lemak. Makanan yang dimakan harus mempunyai gizi seimbang, maksudnya menyertakan sayuran dan lauk pauk lain saat makan.

Buat pola makan yang baik dan mencakup makronutrien dan mikronutrien. Misalnya karbohidrat (60%), lemak (30%) sisanya protein, vitamin, mineral dan serat.

Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung gula, garam dan minyak supaya tidak menganggu proses menambah berat badan.


6. Tidur yang cukup



Kurangi begadang atau sering tidur malam jika anda serius ingin menambah berat badan. Minimal waktu tidur yang sehat adalah 8 jam per hari, jika anda sering begadang maka bisa menimbulkan gangguan kesehatan dan secara tidak langsung mempengaruhi berat badan ada.


7. Berhenti merokok



Ketika seseorang berhenti merokok maka gula darahnya akan kembali normal. Orang yang berhenti rokok merasakan mulut terasa asam atau pahit dan akhirnya mencari makanan yang manis. Lama kelamaan nafsu makannya akan meningkat dam menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat.


8. Makan 4 - 5 kali sehari



Faktor kenapa sulit menambah berat badan adalah anda sering cepat kenyang. Jadi, anda harus lebih sering dalam hal makan, makanlah sebanyak 4 - 5 kali sehari tapi dalam porsi kecil jangan porsi besar.

Apakah sulit gemuk berbahaya untuk kesehatan ?

Hal ini kembali ke penyebab kenapa anda sulit gemuk. Jika anda sulit gemuk karena faktor genetik, metabolisme tinggi dan keturunan dari orang tua maka sulit gemuk sama sekali tidak berbahaya.

Jika anda sulit gemuk karena penyakit seperti cacingan dan hypertiroid, hal itu bisa berbahaya bagi tubuh anda. Penyakit cacingan sebenarnya tidak terlalu berbahaya tapi jika cacing di dalam tubuh sudah sangat banyak pasti menyebabkan masalah bagi tubuh anda, tapi tidak sampai mengancam nyawa manusia.

Baca juga : cara cepat mengantuk dalam 5 menit di malam hari

Untuk penyakit hypertiroid, ada satu komplikasi bernama badentiroid yang dimana penyakit bisa menyebabkan masalah jantung dan akhirnya terjadi kematian. 

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena untuk mendapatkan informasi lainnya tentang dunia.

Posting Komentar

0 Komentar