Cara Menanam dan Merawat Bunga Lobelia yang Indah dan Menawan

Cara Menanam dan Merawat Bunga Lobelia yang Indah dan Menawan


Bunga lobelia yang indah dan menawan


Bunga lobelia adalah bunga yang terkenal dengan bentuk bunganya yang indah dan menawan. Warna bunga lobelia beragam mulai dari ungu, merah, biru dan putih. Selain itu, lobelia termasuk tanaman yang mudah tumbuh dari penanaman biji dan bisa berkembang di semua musim.

Kebanyakan para pecinta tanaman merawat bunga lobelia ini untuk menambah keindahan pekarangan rumah dan mengambil berbagai macam manfaat yang ada dalam bunga. Bunga lobelia mempunyai senyawa kimia seperti lobeline, alkaloid dan piperidin.

Bunga lobelia memiliki manfaat sebagai mengobati pembengkakan wajah, neoplasimas, mengurangi endema, mengencerkan batuk berdahak, penghilang racun ular, mengatasi asma, tonsilitis dan lain - lain yang bisa anda rasakan saat mulai membudidayakan lobelia.

Baca juga : cara menanam dan merawat bunga wijaya kusuma dengan mudah

Bunga lobelia tergolong tanaman yang mudah dalam hal penanaman dan perawatan. Lobelia bisa ditanam di semua media tanam baik di tanah langsung, di pot atau di pot gantung supaya bunga bisa menampakkan keindahannya. Saya sarankan memakai pot gantung karena bunga akan menjuntai ke bawah dan mempercantik lingkungan.

Klasifikasi bunga lobelia

Kindom : Plantae
Clade : Angiospermae
Clade : Traceophytes
Clade : Asterids
Clade : Eudicots
Family : Campanulaceae
Sub Family : Lobelioideae
Order : Asterales

Bunga lobelia adalah bunga yang termasuk spesies tahunan besar dan kecil. Bunga ini memiliki warna dan habitat yang berbeda, hanya sama dalam daun dan bunga. Bunga lobelia memiliki 2 bibir dengan masing - masing memiliki 5 lobus.


Cara menanam bunga lobelia


Cara menanam bunga lobelia di pot



Menanam dan merawat bunga lobelia sangatlah mudah, asalkan dilakukan dengan benar dan teratur. Berikut cara penanamannya.

Siapkan media tanam untuk bunga lobelia lalu taburi benih bunga pada media tanam > tekan tanah supaya bisa sedikit memadat dan menghilangkan udara di dalam pot > simpan tanaman di dalam ruangan atau tempat yang sejuk karena benih lobelia ini menyukai tempat yang memiliki kelembapan.

Untuk menjaga kelembapan media tanam supaya tanaman lobelia tumbuh adalah dengan memberikan air dengan benar dan teratur, jangan biarkan benih tergenang air karena bisa membuat proses pertumbuhan menjadi lebih lama.

Benih lobelia membutuhkan waktu sekitar 3 - 4 minggu untuk berkecambah. Setelah benih berkecambah, letakkan di tempat yang memiliki intensitas cahaya matahari yang cukup. Tanaman lobelia akan bertumbuh dan perlu dipindahkan ke pot yang lebih besar.

Cara memindahkan tanaman lobelia ke pot yang lebih besar adalah dengan mencabut tanaman kecil yang ada di pot supaya tanaman yang lebih besar bisa tumbuh dan berkembang tanpa halangan. Lakukan perawatan sampai benih bunga tumbuh sekitar 2 - 4 inci.

Untuk membuat tanaman menjadi tumbuh subur, kuat, tidak mudah kering dan patah maka anda harus  meletakkan tanaman lobelia di bawah sinar matahari selama 1 jam di hari pertama. Pada hari kedua dan seterusnya tingkatkan durasi menjadi 1 jam 30 menit dan terus menerus ditambah sampai tanaman mampu tahan dan beradaptasi dengan sinar matahari.

Pada saat lobelia sering beradaptasi dengan sinar matahari, anda bisa membiarkan tanaman di luar ruangan atau pekarangan untuk memperindah lingkungan sekitar rumah anda.


Cara merawat bunga lobelia





Untuk perawatannya, anda hanya perlu menyiram bunga saat pagi atau sore hari. Pada saat musim kemarau bisa ditambah intensitas air dan saat musim hujan bisa dikurangi intensitas hujan. Jika perlu lakukan pemupukan supaya bunga lobelia bisa tumbuh dengan subur dan kuat.

Baca juga : cara menanam dan merawat bunga adenium supaya tumbuh subur dan berbunga

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena supaya mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang kehidupan sehari - hari.

Posting Komentar

0 Komentar