Cara Menanam dan Merawat Bunga Adenium Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbunga

Cara Menanam dan Merawat Bunga Adenium Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbunga


Cara merawat bunga adenium


Bunga adenium atau kamboja jepang adalah tanaman hias yang mempunyai batang yang besar, daun panjang dan lonjong, warna bunga bermacam - macam dan akarnya yang besar dan menyerupai umbi.

Bunga adenium ini sangat cocok untuk anda para penanam bunga pemula karena adenium ini tidak memerlukan cara menanam dan merawat yang sulit. Anda bisa menambah koleksi tanaman hias di halaman rumah anda dengan bunga kamboja jepang yang sangat cantik ini.

Bunga adenium sering disebut bunga padang pasir karena bunga ini menyukai daerah kering. Tanaman hias ini lebih cocok ditanam di media tanam yang kering daripada media tanam yang basah. Alasannya, akar adenium yang besar berfungsi untuk menyimpan air. Jika media tanam basah maka tanaman kelebihan air dan lama - kelamaan akan mati.

Bunga adenium terbagi menjadi dua bagian yaitu kelompok spesies dan kelompok varietas. Bunga adenium semakin berkembang dengan berbagai macam proses pesilangan, ada kelopak bunga bersusun dan kelopak bunga yang mirip dengan bunga mawar.

Klasifikasi bunga adenium

Spesies : Adenium Obesum
Ordo : Gentianales
Genus : Adenium
Familia : Apocynaceae
Upatribus : Neriinae
Upafamilia : Apocynaceae
Tribus : Nerieae

ada beberapa spesies asli adenium yang harus anda ketahui, diantaranya :

Adenium arabicum : ciri - cirinya memiliki warna bunga campuran antara putih dan pink serta mempunyai bonggol yang besar dan batang yang tumbuh di atasnya.

Adenium obesum : ciri - cirinya mempunyai bonggol besar dan memanjang serta bentuk bunga yang besar dan berwarna merah dan putih.

Spesies asli adenium lainnya yaitu Adenium bohamianum, adenium socotranum, adenium swazicum dan adenium somalence.

Cara menanam bunga adenium


Tahap pertama dalam menanam bunga adenium adalah mengenali sifat - sifat dari bunga supaya anda lebih tahu tentang fakta bunga adenium ini. Oke, langsung saja kita bahas sifat bunga adenium.

Baca juga : cara mudah menanam dan merawat bunga puring supaya cepat tumbuh

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa bunga adenium menyukai media tanam yang kering dan tidak akan tumbuh dengan baik di media tanam yang lembab. Selain itu, bunga adenium menyukai cahaya matahari langsung karena bunga ini berasal dari daerah kering, jadi bunga akan tumbuh subur dan cepat berbunga.

Anda harus memilih media tanam adenium yang cocok di daerah anda masing - masing. Untuk media tanam adenium terbaik akan saya jelaskan di bawah. Bunga adenium akan tumbuh baik dengan suhu yang tidak terlalu dingin, tempat yang cocok yaitu diletakkan di depan rumah yang cahaya mataharinya bersinar tanpa terhalang oleh apapun.

Jika anda ingin menanam bunga adenium di tanah secara langsung, anda bisa melakukan cara berikut. Pertama anda harus membuat lubang dengan ukuran sekitar 30 × 30 × 30 CM, lubang yang anda buat tersebut harus dibiarkan selama kurang lebih 2 minggu lebih untuk menghindari  pertumbuhan hama yang bisa menyakiti tanaman.

Setelah waktunya tiba, anda isi lubang tersebut dengan campuran antara top soil dan pupuk kandang dengan perbandingan 50 : 50.

Jika anda ingin menanam bunga kamboja di dalam pot atau polybag. Hal yang harus anda perhatikan adalah media tanam adenium, media tanam terbaik adalah sekam padi, kotoran kambing yang mengering atau sejenis lainnya dan pasir bangunan dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Media tanam itu bisa jadi tidak cocok di wilayah anda karena perbedaan suhu, kelembapan dan curah hujan. Sebaiknya anda bereksperimen lebih lanjut untuk membuat media tanam adenium terbaik versi anda sendiri. Anda harus menyediakan lubang yang memadai untuk pertumbuhan adenium nantinya. Setelah itu, anda bisa melakukan proses penanaman bunga.

Anda ingin mencoba cara menanam bunga adenium dengan stek batang maka ikuti langkah di bawah ini.

Isikan media tanam yang terdiri campuran pupuk kandang dan sekam mentah ke polybag. Anda harus pilih batang adenium yang sehat, tua dan bebas dari penyakit. Buang daun yang ada pada batang dan sisakan dua helai saja.

Selanjutnya, potong batang dengan ukuran 15 - 20 CM. Anda oleskan batang adenium tersebut dengan bawang merah sebagai perangsang akar. Kemudian tancapkan pada media tanam yang sudah disiapkan. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Cara menumbuhkan tunas bunga adenium


Anda pilih batang adenium berwarna hijau dan bebas penyakit. Jika batang memiliki penyakit puru maka bisa mengurangi keindahan bunga saat ia tumbuh besar. Agar membentuk adenium yang cantik dan indah maka gunakan bonggol yang bercabang banyak dan sehat.

Siapkan pisau atau kater yang bersih dan tajam. Anda cabut tanaman dari pot dengan menggoyang - goyangka media tanam sehingga menjadi lunak dan bisa dicabut dengan mudah.  Letakkan tanaman di atas talenan atau kertas, potong adenium di bagian paling besar bonggol secara perlahan - lahan supaya tidak rusak.

Baca juga : cara mudah menanam dan merawat bunga bungur supaya cepat tumbuh

Kemudian celupkan batang  yang dipotong ke dalam larutan fungisida selama 5 - 10 menit, lalu keringkan selama 30  menit atau sampai 1 jam. Setelah itu, anda oleskan batang dengan zat perangsang akar yaitu atonik atau rooton F. Keringkan di tempat sejuk selama 5 - 10 menit dan terakhir tanam dan simpan di tempat sejuk.

Cara merawat bunga adenium


Anda harus siram bunga adenium secara teratur. Jika ingin menyiramnya lagi biarkan sampai tanah kering terlebih dahulu, anda bisa menambahkan air jika tanah di dalam media tanam terasa kering.

Suhu tanaman juga harus anda perhatikan, untuk menjaga suhu adenium cukup memantau tanamannya saja. Jika suhu dingin maka pindahkan ke tempat yang lebih hangat. Jika tanaman dibiarkan kedinginan maka lama kelamaan akan mati.

Berikan pupuk pada bunga adenium dengan pupuk cair, berikan campuran kalsium, fosfor dan nitrogen dengan perbandingan 20 : 20 : 20. Kandungan tersebut membantu dalam mempercepat pertumbuhan bunga, daun dan akar. Jika perbandingan salah satunya lebih tinggi maka bunga akan tumbuh dengan bunga yang kurang cantik.

Anda harus memberi pupuk cair setiap minggu selama musim hujan. Saat musim kemarau, anda bisa menggunakan pupuk sawit 2 kali, yaitu saat musim kemarau tiba dan pada pertengahan musim kemarau. Setelah umur tanaman 3 tahun, hentikan pemberian pupuk cair.

Jangan lupa untuk melakukan pergantian media tanam, hal ini penting untuk dilakukan seiring pertumbuhan bunga adenium yang semakin besar dan berbunga lebat. Manfaat dari mengganti media tanam adalah membuat tanaman tumbuh subur. Anda bisa mengganti media tanam saat adenium sudah tumbuh besar.

Anda harus melakukan pergantian media tanam paling sedikit 6 bulan sekali. Cara melakukannya, anda buang semua akar yang halus kemudian biarkan selama 1 minggu di tempat yang teduh untuk menyembuhkan luka yang ada.

Cara merawat bunga adenium


Setelah seminggu, anda bisa menanam kembali adenium di media tanam yang kering. Anda bisa melakukan penyiraman seminggu setelah penanamannya. Terakhir, anda letakkan adenium di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Baca juga : cara menanam dan merawat bunga air mata pengantin dengan mudah supaya cepat berbunga

Untuk penyiraman bunga, anda bisa menyiram bunga pada pagi dan sore hari saat musim kemarau. Pada musim hujan tidak perlu menyiram bunga terlalu sering, anda letakkan bunga di tempat yang teduh supaya media tanam tidak sering terkena air. Jika daun dan batang adenium mulai layu, bunga tidak bermunculan. Jangan khawatir, letakkan saja di tempat yang intensitas sinar mataharinya tinggi maka daun, batang dan bunga akan kembali normal.

Posting Komentar

0 Komentar