Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Pungir Supaya Cepat Tumbuh

Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Puring Supaya Cepat Tumbuh


Cara merawat bunga puring


Anda suka menanam bunga di pekarangan rumah dan mengoleksi berbagai tanaman hias yang membuat halaman rumah lebih cantik dan tertata rapi. Anda bisa menambahkan tanaman hias satu ini untuk memperlengkap koleksi tanaman hias anda yaitu bunga puring.

Bunga puring sering ditemui di daerah yang luar dan tumbuh secara liar. Anda bisa menanam bunga puring untuk menghiasi atau mempercantik lahan tanam anda. Bunga puring ini wajib ditanam di beberapa daerah untuk usaha penghijauan lahan.

Bunga puring ini adalah tanaman yang banyak dicari para pemburu tanaman hias dan menjadi kebutuhan orang banyak karena terdapat banyak sekali manfaat. Bunga puring memiliki banyak jenis yang menjadi daya tarik para pecinta tanaman, sementara harga bunga puring terbilang cukup murah dan terjangkau.

Jenis bunga puring ini dibedakan dari warna daun dan bentuk yang berbeda. Warna dan bentuk daun puring menjadi pusat keindahan saat ditanam di halaman rumah, bunga puring mempunyai beragam warna seperti ungu, jingga, hijau, kuning dan warna lainnya.

Bunga puring memiliki berbagai macam bentuk diantaranya puring berbentuk oval, memanjang, bergelombang, helainya terputus - putus dan bentuk cantik lainnya. Puring atau kroton cocok ditanam di lahan terbuka dan bisa juga sebagai tanaman hias di ruangan tertutup.

Klasifikasi bunga puring :

• Ordo : Malpighiales
• Familia : Euphorbiaceae
• Genus : Codiaeum
• Spesies : Codiaeum Variegatum

Baca juga : cara menanam dan merawat bunga bungur untuk tanaman herbal yang bermanfaat

Bunga puring sudah terlebas luas ke daerah tropis dan sub tropis dan perkembangan era perdagangan modern membuat bunga ini tersebar luas ke seluruh wilayah. Puring sering dijadikan tumbuhan yang disediakan untuk upacara keagamaan. Kadang puring ini tumbuh di daerah makam, maka tidak heran jika bunga ini dijadikan sebagai bunga kematian.


Jenis bunga puring



Sebelum ke tahap cara menanam bunga puring, sebaiknya anda kenali dulu jenis - jenis dari bunga puring yang ingin anda tanam. Berikut jenis - jenis bunga puring yang harus anda ketahui :

Bunga puring anggur : bunga puring jenis ini mempunyai bentuk daun oval dan warna campuran antara hijau, kuning, merah dan cokelat. Ciri khas bunga puring anggur yaitu memiliki bintik corak di bagian tengah.

Bunga puring apel : bunga puring apel memiliki  warna daun kuning dan hijau, sementara bentuk puring apel berbentuk bulat.

Bunga puring bor : puring bor memiliki warna daun campuran yaitu hitam, merah, hijau, kuning emas. Sesuai namanya puring bor memiliki bentuk seperti bor yang memanjang.

Bunga puring cabai : sama dengan cabai, puring cabai mempunyai bentuk daun yang kecil dan warna daun kuning dan hijau.

Bunga puring cobra : bentuk daun jenis puring ini berbentuk daun yang memanjang dan melebar seperti ular kobra. Sementara warna daunnya yaitu hijau, kuning dan jingga.

Bunga puring dasi : bentuknya mirip dengan dasi kupu - kupu sesuai namanya. Dan kombinasi warna antara merah, hijau dan kuning.

Bunga puring emping : bentuk daun puring emping berbentuk bulat dan lancip di bagian ujung. Serta warna daun hijau dan kuning.

Bunga puring jari : puring jari mempunyai warna hijau dan kuning pada bagian pinggirnya. Sesuai dengan namanya, bentuk puring ini seperti jari manusia.

Bunga puring kura - kura : warna bunga puring kura - kura adalah warna kuning, hijau dan merah. Selain itu, bentuknya yang unik yaitu menyerupai batok kura - kura menjadi daya tarik bagi para pecinta tanaman.

Ada juga jenis puring hasil silangan yaitu bunga puring sukun. Jenis bunga puring lainnya yaitu puring oscar dan puring krupu, puring krupu merupakan jenis bunga puring yang rentan terhadap hama karena bentuk daun yang bulat dan tertutup.


Cara menanam bunga puring



Bunga puring mempunyai banyak manfaat diantaranya untuk tanaman obat yang berkhasiat dan bisa menyerap timah hitam dari sisa pembakaran bahan bakar motor. Oke, simak di bawah ini langkah - langkah menanam bunga puring dengan benar supaya cepat tumbuh.

Pertama - tama, anda harus menyiapkan media tanam untuk bunga puring dan bunga akan mudah tumbuh dan beradaptasi. Anda harus menyediakan media tanam 2 minggu sebelum proses penanaman, anda harus memilih lokasi yang tepat untuk bunga puring yang ingin anda budidayakan.

Pastikan lokasi tersebut bersih dari polusi jalan dan limbah sekitar. Anda bisa menanam bunga puring di dalam pot atau secara langsung di tanah. Jika ingin menanam di tanah, maka pastikan tanah itu bersih dan rapi. Singkirkan batu kerikil, sampah dan rumput liar karena benda ini akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan puring.

Baca juga : cara menanam dan merawat bunga air mata pengantin supaya cepat tumbuh

Jangan lupa untuk melakukan penggemburan tanah. Alat yang harus anda gunakan yaitu cangkul atau sekop supaya lebih mudah dalam melakukan penggemburan. Selain itu, lakukanlah pemupukan dengan pupuk kandang atau kompos (1 : 1).

Jika anda ingin menanam bunga puring di dalam pot maka akan lebih mudah, anda hanya perlu mencampurkan antara pupuk dan tanah dengan perbandingan (1 : 1). Kemudian lakukan penyiraman pada tanaman, buat lubang tanam sedalam 5 - 10 CM.

Langkah selanjutnya yaitu melakukan pembibitan pada bunga puring. Pembibitan sangat penting dalam hal menanam bunga karena menentukan pertumbuhan bunga menjadi lebih baik dan teratur. Anda bisa melakukan pembibitan bunga puring dengan cangkok atau stek batang.

Caranya, pilih batang puring yang sehat, lalu kerok batang bunga dengan pisau sampai semua lendir batang keluar dan bsrsihkan lendir pada batang bunga. Ambil bawang putih dan potong menjadi 2 bagian, lalu gosokkan batang pada bawang putih sebagai perangsang akar. Anda harus potong sebagian bunga untuk penancapan batang ke tanah lebih dalam. Kemudian tancapkan batang puring ke dalam tanah dan terakhir bungkus dengan plastik.


Cara merawat bunga puring


Anda lakukan penyiraman dengan rutin sampai terlihat akar. Biarkan puring berkembang sampai 3 minggu. Untuk membuat bunga puring yang cantik, anda bisa menggunakan puring yang tua sebagai indukan.

Setelah itu, kita maju ke tahap perawatan bunga puring. Anda harus merawat bunga ini dengan benar supaya tumbuh dengan baik dan terhindar dari penyakit.


Cara merawat bunga puring



Lakukan penyiraman pada bunga puring sebanyak 2× sehari pada waktu pagi dan sore hari. Pungir sangat menyukai air, anda tidak boleh melewatkan atau lupa menyiram tanaman satu ini. Jika cuaca sering hujan maka kurangi jumlah penyiraman atau banyaknya air.

Anda harus meletakkan bunga puring di tempat yang teduh dan cahaya matahari bisa menjangkaunya. Puring tahan dan kuat dengan cuaca panas tanpa air selama beberapa hari tapi jangan tidak memberinya air sama sekali. Jika bunga puring kekurangan cahaya matahari maka warna daun akan berubah yaitu hijau saja, tidak ada campuran warna lain.

Jangan lupa untuk melakukan pemangkasan bunga secara teratur supaya bunga pungir meiliki cabang yang banyak dan cepat tumbuh besar. Selain itu, anda harus melakukan pembersihan dan memberi pupuk organik sebulan sekali saja untuk memberi nutrisi pada bunga.

Lindungi puring dari berbagai jenis hama yang membahayakan kesehatan bunga terutama kutu - kutu putih yang hinggap pada bagian bunga puring. Jika bunga tidak dibersihkan maka kutu akan semakin banyak dan puring akan perlahan layu kemudian mati. Cara mencegah hama menyerang bunga puring ini, anda hanya perlu membersihkan bagian daun atau memperhatikan setiap daunnya.

Baca juga : cara menanam dan merawat buah naga supaya cepat berbuah

Sekian penjelasan saya tentang cara menanam dan merawat bunga puring, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel magersena lainnya untuk mendapatkan pengetahuan lebih tentang kehidupan.

Posting Komentar

0 Komentar