Cara Cepat Mengatasi Android yang Sering Mati dan Nyala Sendiri

Cara Cepat Mengatasi Android yang Sering Mati dan Nyala Sendiri


Gambar android


Cara mengatasi android sering mati dan nyala sendiri - Masalah pada ponsel android menjadi keluhan para penggunanya mulai dari baterai ngedrop, aplikasi tidak bisa dibuka, aplikasi error dan lainnya. Hal yang akan dibahas kali ini adalah mengatasi perangkat android yang sering mati dan nyala sendiri.

Para pengguna android pasti pernah mengalami ponsel nya mati sendiri atau restart sendiri tanpa penyebab yang pasti. Kalian pasti mengira hal ini wajar karena umur ponsel yang sudah lama. Sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan mudah, jika masalah pada android ringan.

Jika masalah pada android berat seperti kerusakan komponen ponsel maka anda harus membawa android ke tempat service untuk diperbaiki. Saya akan menjelaskan penyebab dan cara mengatasi android sering mati dan nyala sendiri.

Penyebab nya ada 2 yaitu kerusakan pada komponen ponsel dan masalah pada sistem operasi android. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya di bawah ini.


Penyebab android sering mati dan nyala sendiri



Sebelum ke tahap cara mengatasinya, sebaiknya anda mengenali penyebab dari android yang sering mati dan nyala sendiri. kerusakan pada beberapa komponen android bisa menyebabkan ponsel mati sendiri, reboot terus - terusan bahkan mati total. Saya akan menjelaskan beberapa kerusakan komponen yang bisa menyebabkan ponsel mati sendiri. Oke, berikut penyebabnya.


1. Baterai android longgar



Jika anda membanting perangkat ke kasur atau menggoyangkan perangkat maka akan mati sendiri. Hal ini karena baterai android yang terpasang terasa longgar sehingga sinkron antara baterai dan hp sulit dan arus listrik tidak maksimal. 

Cara ini mungkin sudah pernah anda lakukan yaitu dengan mengganjel baterai dengan kertas atau benda lain untuk merapatkan baterai ke konektor perangkat supaya arus listrik bisa bergerak dengan lancar.


2. Speaker musik android rusak



Ciri - ciri speaker musik android rusak adalah ketika anda memutar musik di perangkat maka perangkat tiba - tiba mati dan nyala dengan sendirinya. Hal ini disebabkan oleh speaker yang short atau koslet yang menyebabkan perangkat terlalu banyak menyuplai arus pada speaker.

Cara mengatasinya sangat mudah, yaitu dengan mengganti speaker android dengan yang baru. Anda bisa mendapatkan speaker android di tempat service.


3. Tombol On / Off kotor



Android yang sering mati sendiri bisa disebabkan oleh tombol switch on / off yang kotor atau berdebu. Debu atau kotoran yang terkumpul banyak pada tombol on / off ini bisa menekan salah satu tombol dan menyebabkan perangkat mati dengan sendirinya.

Anda harus membersihkan bagian switch on / off supaya bagian tersebut terbebas dari debu dan mencegah perangkat mati sendiri.


4. Earpice (speaker kecil) rusak



Jika anda ingin menelpon atau ditelpon seseorang, pada saat anda mengangkatnya maka ponsel langsung mati. Hal itu karena earpice atau speaker kecil yang sudah rusak. Sama seperti no.1 tadi, perangkat terlalu banyak menyuplai arus pada earpice sehingga menyebabkan koslet dan ponsel akan mati.

Baca juga : cara mudah membuat video di galeri menjadi wallpaper di android

Untuk cara mengatasinya sama, yaitu dengan mengganti speaker kecil atau membawanya ke tempat service hp terdekat di daerah anda.


5. Konektor baterai berkarat



Jika konektor baterai berkarat maka ponsel tidak bisa menyala sama sekali karena arus penghubung antara baterai dan perangkat terhalang karena karat tersebut. Jika ponsel masih bisa menyala maka tidak akan lama, setelah beberapa menit dioperasikan ponsel akan mati sendiri.

Cara mengatasinya adalah dengan menyingkirkan karat pada konektor baterai atau mengganti baterai android dengan yang baru dan sesuai dengan settingan ponsel.


6. Micro SD rusak



Ciri - ciri micro SD yang rusak adalah ketika anda memasangnya di ponsel, micro SD terbaca dan tidak lama kemudian micro SD hilang atau tidak terbaca. Kejadian ponsel mati sendiri akan dirasakan jika micro SD dipindahkan ke ponsel lain maka akan mengalami reboot terus - terusan pada ponsel.

Untuk mengatasinya, anda hanya perlu mengganti micro SD dengan yang baru supaya mencegah ponsel reboot terus - terusan. Micro SD yang rusak jika dipasang di ponsel akan menyebabkan konsleting arus sehingga hp mati sendiri atau reboot.


7. Konektor charger berkarat



Ciri - ciri konektor charger berkarat adalah pada saat anda ingin mengecas ponsel dan tiba - tiba ponsel mati tanpa sebab. Hal ini dikarenakan ponsel yang dimasukkan charger rusak maka android akan protect karena menganggap konektor berkarat itu benda asing dan ponsel langsung mati sendiri.

Untuk mengatasinya, ganti charger ponsel dengan yang baru. Jangan bekas dari ponsel teman karena bisa menyebabkan perbedaan arus listrik dan baterai android bisa boros atau lowbat.


Cara mengatasi android sering mati dan nyala sendiri



Selain kerusakan pada perangkat hardware, ponsel mati sendiri bisa terjadi karena penyebab dari software atau sistem operasi android. Untuk mengatasinya, simaklah cara berikut.


1. Menghapus file yang tidak penting di penyimpanan android



Semua pengguna android pasti tahu jika penyimpanan android penuh maka akan muncul masalah pada kinerja perangkat termasuk hp tiba - tiba mati sendiri. Untuk mengatasinya, anda hanya diminta untuk menghapus beberapa file yang tidak dibutuhkan untuk memberikan ruang pada penyimpanan android.

Dengan menghapus beberapa file besar maka ruang penyimpanan android akan bertambah dan kinerja perangkat bisa berjalan dengan normal karena ketersediaan ruang penyimpanan.


2. Memakai aplikasi antivirus



Anda bisa memakai beberapa aplikasi antivirus yang bisa di download di playstore secara gratis. Fungsi dari aplikasi antivirus ini adalah untuk mendeteksi dan menghapus virus atau file yang menyebabkan perangkat mati dan nyala sendiri.

Dengan terhapusnya file atau virus yang ada. Maka android tidak akan mati dan nyala dengan sendirinya. Aplikasi antivirus yang saya sarankan adalah AVG antivirus yang bisa kalian download di playstore secara gratis.

Setelah aplikasi di install, silahkan gunakan antivirus untuk membantu dalam setiap masalah di android anda.


3. Kurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang



Aplikasi yang berjalan di latar belakang menyebabkan kinerja aplikasi berkurang dan lemot sehingga bisa terjadi ponsel blank,
mati sendiri dan reboot sendiri. Untuk mengatasinya sangat mudah, anda hanya perlu menghapus beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk memberi ruang pada RAM dan membuat perangkat bekerja lebih efisien.

Anda bisa memakai aplikasi Greenify untuk menghapus aplikasi yang bekerja di latar belakang atau memakai widget percepat yang sudah disediakan di semua perangkat android.


4. Menghapus cache aplikasi



Untuk mencegah android mati dan nyala sendiri, anda bisa mencoba cara sederhana ini yaitu menghapus cache yang menumpuk di setiap aplikasi. Untuk melihat berapa banyak cacheyang ada di semua aplikasi android. Anda bisa masuk ke
pengaturan > penyimpanan > data dalam cache.

Di bagian data dalam cache adalah jumlah cache yang ada di seluruh aplikasi android yang terinstall. Untuk menghapusnya
silahkan tekan pada bagian data dalam cache dan pilih OK. Maka cache di semua aplikasi android sudah terhapus.

Baca juga : cara menyembunyikan aplikasi android dengan mudah dan cepat

File cache yang terlalu banyak di aplikasi android ternyata bisa menyebabkan kinerja perangkat menurun dan kemungkinan terjadierror seperti perangkat tiba - tiba mati, ponsel blank tidak bisa disentuh dan ponsel nyala sendiri.

Cara lain untuk menghapus cache aplikasi android adalah masuk ke pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > hapus cache. Dengan cara ini anda bisa melihat jumlah cache yang terkumpul pada setiap aplikasi android.


5. Gunakan Memory card sebagai penyimpanan file



Saat anda download sebuah file dari internet maka akan ditempatkan di memori internal. Terkadang, saat memori internal sudah hampir penuh dan anda download file besar dari internet maka perangkat tidak akan kuat dan memunculkan notifikasi peringatan penyimpanan penuh dan menyebabkan masalah perangkat lainnya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, anda bisa mengubah penempatan download file ke memori eksternal atau memori card. Caranya masuk ke pengaturan > penyimpanan / storage > pilih memory card atau memory eksternal. Dengan menerapkan pengaturan seperti ini maka setiap anda download file di internet, file tersebut akan ditempatkan di memory card.


6. Uninstall aplikasi yang jarang digunakan



Aplikasi yang terlalu banyak bisa memberatkan kinerja smartphone. Oleh karena itu, anda harus menghapus beberapa
aplikasi yang menurut anda tidak penting. Dengan uninstall beberapa aplikasi maka penyimpanan android bertambah danmasalah perangkat langsung teratasi.

Tidak hanya itu, aplikasi yang error atau tidak bisa dibuka juga menyebabkan masalah pada perangkat termasuk hp tiba - tiba mati. Silahkan periksa android anda, apakah ada aplikasi yang tidak bisa dibuka atau error. Jika ada, langsung saja uninstall karena jika dibiarkan bisa mempengaruhi kinerja android.


7. Mengganti sim card



Masalah ponsel tiba - tiba mati atau nyala sendiri bisa disebabkan
oleh sim card yang bermasalah atau tidak cocok dengan perangkat. Menurut anda, hal ini tidak berhubungan dengan masalah android tiba - tiba mati dan nyala sendiri. Tapi, banyak orang yang sudah mencoba cara ini dan berhasil.

Ciri ciri kartu sim rusak adalah pada saat anda memasang kartu sim, perangkat tidak mau menyala. Jika dipasang kartu sim perangkat menyala maka kartu sim bisa terbaca dan tidak lama kemudian menghilang lagi. Jika terus seperti ini maka ponsel bisa mati sendiri atau mati total.

Apa salahnya anda mencoba untuk mengganti sim card anda yang sudah bertahun - tahun dengan sim card yang baru. Sim card yang sudah lama biasanya sudah usang dan sering tergores sehingga membuat perangkat tidak sinkron dengan sim card dan terjadilah reboot.


8. Baterai android rusak



Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan ternyata tidak membuahkan hasil atau hp tetap sama masih mati sendiri. Anda
coba mengecek kondisi baterai android dengan membuka bagian belakang ponsel. Anda lepaskan baterai dan perhatikan apakah baterai kembung atau tidak, jika tidak maka baterai baik - baik saja.

Jika baterai tidak kembung, anda coba lepas baterai dari android dan biarkan selama 5 - 10 menit. Setelah itu, anda pasang kembali
baterai ke ponsel dan nyalakan android nya. Fungsi dari cara ini adalah untuk memberikan daya ulang pada perangkat supaya tidak menyebabkan gagal sinkron antara baterai dan perangkat.

Demikian yang bisa saya jelaskan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog MagerSena untuk mendapatkan pengetahuan dan cara mengatasi masalah pada kehidupan anda.

Posting Komentar

0 Komentar