4 Cara Mudah dan Ampuh Untuk Mengatasi HP Android yang Suka Install Aplikasi Sendiri !

4 Cara Mudah dan Ampuh Untuk Mengatasi HP Android yang Suka Install Aplikasi Sendiri !


Cara menghapus aplikasi dan virus


Android merupakan tipe smartphone yang banyak dipakai di indonesia. Android mempunyai kecanggihan yang bisa menyelesaikan semua masalah dengan mudah dan cepat, terutama melalui internet.

Internet memudahkan setiap pekerjaan atau hal lain yang ingin diketahui atau dipelajari. Internet membuat kita seolah - olah berjalan keliling dunia melalui smartphone android anda. Tapi tidak selamanya android bekerja dengan baik, ada masanya android mengalami masalah yang membuat sistem tidak stabil.

Masalah ini membuat pengguna tidak nyaman saat menggunakannya terutama saat terhubung ke wifi atau internet. Masalah yang paling umum adalah masuknya virus ke android dan merubah sistem smartphone sehingga membuat pennguna tidak nyaman.

Masalah virus ini bisa membuat android lemot, mati sendiri, restart sendiri dan menghapus file tanpa kita ketahui. Apa penyebabnya ? Sebaiknya anda cari tahu dulu penyebab dari masuknya virus atau terjadiny masalah di android anda.


Penyebab android install aplikasi sendiri



Penyebab paling umum kenapa hp suka install aplikasi sendiri adalah :


1. Update otomatis playstore



Pada saat anda tersambung ke internet dan di android terdapat aplikasi yang membutuhkan pembaruan, biasany android akan langsung mengunduhnya tanpa perintah penggunanya. Hal ini kadang membuat penggunanya kesal karena update aplikasi membuat aktivitas di smartphone menjadi terganggu.

Baca juga : mau buat aplikasi ! Beginilah cara membuat aplikasi android dengan mudah tanpa harus jago coding

Cara mengatasinya yaitu masuk ke playstore > Aplikasi market lainnya > nonaktifkan pada "perbarui aplikasi secara otomatis".


2. Aplikasi yang sering sebar iklan



Anda periksa satu per satu aplikasi yang terinstall di android anda. Apakah ada aplikasi yang penuh dengan iklan atau menyuruh android mendownload aplikasi secara otomatis. Jika ada maka langsung saja hapus, caranya masuk ke pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > copot pemasangan.


Cara mengatasi android install aplikasi sendiri



Dua penyebab di atas adalah yang paling sering dialami para pengguna android. Tapi ada sebagian android yang menginstall aplikasi sendiri tapi saat mencopotnya, tidak lama kemudian terpasang lagi.

Hal itu terjadi pada android saya sendiri. Android saya suka menginstall aplikasi yang bernama Magic, Firewey, Setting dan xhelper. Keempat aplikasi tersebut sudah saya cabut, tapi tidak lama kemudian terinstall dan berjalan dengan sendirinya.

Saya telah mencoba berbagai cara diantaranya :


1. Menonaktifkan sumber tidak dikenal



Sumber tidak dikenal ini berfungsi untuk menginstall aplikasi dari sumber selain google play store. Aplikasi yang anda install dari sumber lain bisa mengandung virus yang bisa mengubah sistem android.

Caranya masuk ke pengaturan > keamanan > jangan centang kolom "sumber tidak dikenal". Pada saat saya melakukan ini, ternyata tidak berhasil. Aplikasi tersebut masih menginstall dengan sendirinya.


2. Memindai dengan aplikasi antivirus


Aplikasi antivirus bisa mendeteksi aplikasi atau file yang berbahaya di android. Anda bisa menginstall beberapa aplikasi antivirus yang tersedia di playstore. Tapi saya sarankan untuk menginstall antivirus lookout, mobile security antivirus dan malwarebytes.

Ketiga aplikasi tersebut bisa mendeteksi aplikasi yang mencurigakan sekaligus menghapus secara langsung di android.


3. Keluarkan akun google dari android



Cara selanjutnya untuk mengatasi android install aplikasi sendiri adalah mengeluarkan (log out) akun google dari android anda,  semuanya. Hal ini bertujuan untuk mencegah virus tidak mengubah pengaturan atau hal lain dari akun google anda.

Caranya masuk ke pengaturan > akun > google > pilih akun > pilih titik tiga di pojok kanan atas > hapus akun. Cara ini mungkin bisa mengatasi masalah di beberapa smartphone saja dan di android lainnya tidak mendapatkan perubahan. 


4. Reset pabrik android



Cara ini sudah tidak asing lagi bagi pengguna android. Setiap ada masalah yang tidak dimengerti dan susah mengatasinya pasti anda langsung mereset androidu sebagai jalan pintas untuk memperbaiki masalah.

Caranya masuk ke pengaturan > buat cadangan & setel ulang > kembalikan ke setelan pabrik > setel ulang telepon. Pada saat saya selesai mereset android, keempat aplikasi tidak pernah terinstall lagi di android saya.

Penyebab kenapa aplikasi tersebut menginstall sendiri menurut saya berasal dari file yang di download dari sumber lain yang menyimpan virus.

Baca juga :
mau android jadi lebih canggih ! Cobalah 21 aplikasi android unik dan canggih yang wajib anda install

cara menggunakan aplikasi android device manager untuk melacak android yang hilang

Nah, itulah beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi android yang suka install aplikasi sendiri tanpa izin dari penggunanya. Semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga.

Posting Komentar

0 Komentar