Tidak banyak yang tahu! 8 manfaat yoghurt untuk kesehatan

Tidak banyak yang tahu! 8 manfaat yoghurt untuk kesehatan


Manfaat yoghurt untuk kesehatan



Yoghurt mengandung bakteri baik yang berfungsi melancarkan pencernaan, juga termasuk sumber makanan tinggi probiotik. Yoghurt juga mempunyai manfaat lain yang baik untuk kesehatan dan juga mencegah penyakit.

Berikut ini adalah manfaat yoghurt yang baik untuk kesehatan tubuh kita:

1. Menurunkan tekanan darah

Orang dewasa yang mengonsumsi yoghurt sebanyak 2-3 porsi per hari atau bisa lebih akan bermanfaat menurunkan tensi darah sampai 50% dibandingkan yang tidak mengonsumsi yoghurt sama sekali.

Yoghurt mengandung kalium yang bisa membersihkan kelebihan natrium dari dalam tubuh. Natrium merupakan mineral yang berfungsi meningkatkan tekanan darah, juga banyak ditemukan pada makanan yang mengandung garam yang tinggi.

2. Sumber protein

Protein merupakan mineral penting yang diperlukan untuk menjalankan Fungsi tubuh. Kekurangan protein akan mengakibatkan gangguan Fungsi tubuh, seperti: kesulitan berpikir jernih, Rambut~kulit dan kuku yang mudah rapuh, dan bisa kehilangan masa otot.

Banyaknya protein pada yoghurt tergantung dari yoghurt yang anda konsumsi. Greek yogurt merupakan jenis yogurt dengan kandung protein yang tertinggi. Pada 6 ons greek yoghurt mengandung 15-20 gram protein hal itu setara dengan 3 ons danging tanpa lemak. Yoghurt biasa hanya menghasilkan 9 gram protein.

Biasakan untuk mengecek informasi gizi pada kemasan.

3. Sumber energi

Ketika anda sedang menjalankan aktivitas berat lalu anda merasa cape dan lapar maka pilihlah yoghurt sebagai makanan anda. Yoghurt mengandung prorein dan karbohidrat yang dapat menggantikan energi kita selama melakukan aktivitas berat.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Yoghurt mengandung  probiotik, bakteri baik yang membantu menyingkirkan bakteri jahat penyebab infeksi di usus. Setelah anda rutin mengonsumsi yoghurt pencernaan akan lebih lancar dan terhindar dari bakteri jahat.

5. Menguatkan Tulang

Manfaat satu ini sudah tidak diragukan lagi, sebab yoghurt mengandung banyak kalsium yang selalu dibutuhkan untuk kesehatan tulang kita.

Mengonsumsi yoghurt secara rutin akan mencegah terjadinya osteoporosis, karena yoghurt mengandung kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk memberi kekuatan pada tulang. Kandungan vitamin D pada yoghurt juga membantu tubuh menyerap kalsium dengan baik.

6. Mencegah penyakit jantung

Yoghurt mengandung vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium dan zinc. Yoghurt juga mengandung vitamin B12 yang bermanfaat untuk membantu sistim saraf agar bekerja dengan baik dan juga melindungi dari penyakit jantung.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Yoghurt mengandung banyak mineral dan gizi penting lainnya untuk membantu produksi sel T, sel darah putih di dalam tubuh bertugas untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Konsumsi setidaknya 400 Gram yoghurt setiap hari untuk memperkuat sistem imun dan menyingkirkan virus dan bakteri.

8. Menurunkan berat badan

Yoghurt adalah cemilan sehat yang tidak akan bikin gemuk karena yoghurt mengandung probiotik, protein dan kalsium yang bermanfaat untuj memicu produksi hormon anti lapar seperti GLP-1 dan peptide YY. Dengan mengonsumsi yoghurt anda akan cepat merasa kenyang, sehingga tidak akan makan lagi sampai waktu makan berikutnya.

Selain manfaat di atas yoghurt juga terbukti dapat menyeimbangkan kadar kolesterol.

Jika ingin mengetahui lebih banyak artikel bermanfaat lainnya terus pantau blog ini.

BACA JUGA:

5 Penyebab penyakit rabun dekat yang berbahaya

Posting Komentar

0 Komentar