5 cara alami menghilangkan kurap dan panu

5 cara alami menghilangkan Kurap dan Panu secara Alami

5 cara alami mengatasi panu dan kurap

Pada kegiatan atau rutinitas kita tidak akan terhindar dari mikroba atau sejenis lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit kita, sebagian besar orang pasti pernah mengalami penyakit kulit ini, dan penyakit kulit yang banyak dialami masyarakat yaitu panu dan kurap.

Pengertian Penyakit Panu dan Kurap

Panu yaitu infeksi jamur yang menimbulkan bercak kecil berwarna putih pada kulit. Secara umum, panu muncul pada permukaan kulit yabg berbentuk bulat yang disebabkan oleh jenis jamur alami yang hidup pada kulit.

Kurap merupakan penyakit kulit yang ditimbulkan oleh jamur yang menyerang area kaki, tubuh bagian atas kepala atau bahkan selangkangan pada kaki. Kurap ditandai dengan ciri-ciri ruam kemerahan berbentuk cincin disertai dengan garis luar yang tidak beraturan, penyakit kurap ini akan menyebabkan rasa sangat gatal dan akan menyebar pada arean tubuh yang lain.

Jika panu dan kurap terdapat di daerah sekitar wajah, hal itu akan menjadi suatu hak yang menyebalkan dan akan kehilangan rasa percaya diri. Penyakit panu dan kurap ini tergolong penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kebersihan tubuh, orang yang rajin membersihkan tubuhnya tentu tidak akan menderita penyakit panu dan kurap, kalau sudah terlanjur terkena penyakit panu dan kurap maka sebaiknya cari pengobatan yang ampuh untuk menghilangkan penyakit tersebut.

Terdapat berbagai metode pengobatan untuk penyakit panu dan kurap ini contohnya mengonsumsi obat tertentu dan akan memerlukan proses penyembuhan yang sangat lama atau bahkan tidak berefek sama sekali, obat ini tergolong obat yang tidak efektif. Cobalah untuk memakai metode pengobatan yang menggunakan bahan alami karena bahan alami biasanya bisa menghilangkan penyakit dengan sangat efektif dan cepat dan juga tanpa efek samping

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengatasi panu dan kurap dengan menggunakan bahan yang alami.

1. Menggunakan Belimbing Wuluh dan Kapur Sirih

Langkah pertama yang bisa anda coba adalah dengan menggabungkan kedua bahan yaitu belimbing wuluh dan kapur sirih, dengan menggabungkan kedua bahan ini akan berubah menjadi obat yang efektif dan juga ampuh untuk mengatasi panu atau jamur jahat pada kulit.

cara menggunakan belimbing wuluh dan daun sirih :

tumbuk belimbing wuluh terlebih dahulu sampai halus kemudian campurkan daun sirih.
Setelah itu, oleskanlah pada bagian anggota tubuh yang terkena panu
Ratakanlah sampai bahan campuran tersebut menyebar ke seluruh bagian tubuh yang terkena panu.
Tunggu sampai kering.
Sesudah kering lalu bersihkan dengan air jernih.
lakukan secara rutin dan teratur.

2. Menggunakan Lengkuas

Kenapa harus memakai lengkuas ?, karena lengkuas adalah salah satu dari tanaman yang ampuh untuk mengatasi panu dan kurap, dengan kandungan lengkuas yang khas begitu cocok untuk kesehatan dan perawatan kulit, dan lengkuas sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita jadi kita tidak perlu repot mencari bahan jauh-jauh.

Langkah-langkah menggunakan lengkuas untuk mengatasi panu dan kurap :

- ambil 1 buah lengkuas kemudian belah dan bagian yang dibelah itu digosokkan pada bagian panu dan kurap
- agar pengobatannya lebih ampuh anda bisa menaburkan sedikit garam pada bagian belahan lengkuas tadi.
- setelah itu, gosokan pada kulit yang terkena panu sampai agak memerah pada kulit jika sudah memerah maka kulit akan terasa perih.
Lakukanlah hal tersebut 3× sehari agar panu bisa hilang dengan maksimal.

3. Menggunakan Bawang Putih

Bahan alami lainnya yang bisa anda coba yaitu bawang putih,selain dipakai untuk bahan memasak bawang putih juga memiliki khasiat lain termasuk juga untuk mengatasi panu dan kurap ini, bawang putih terbukti ampuh untuk mengatasi gejala panu dan kurap dengan khasiat yang terkandung di dalamnya.

cara menggunakan bawang putih untuk mengatasi panu dan kurap :

- gunakan 1 bawang putih saja lalu kupas sampai bersih dari kulitnya setelah itu potong bawang putih dan gosokan pada bagian yang terkena panu dan kurap.
- supaya hasilnya maksimal gosokan secara merata pada bagian panu dan kurap secara perlahan.

4. Menggunakan Jahe

Bahan alami seperti jahe juga bisa untuk mengatasi panu dan kurap lho!, selain digunakan untuk menghangatkan badan bahan jahe ini akan ampuh mengatasi panu dan kural anda, karena kandungannya yang khas membuat jahe begitu efektif untuk mengatasi gejala panu dan kurap.

Cara menggunakan jahe untuk mengatasi panu dan kurap :

- gunakan 1 buah jahe saja kemudian belah jahe tersebut dan gunakan belahan itu untuk digosokkan pada bagian yang terkena panu dan kurap
- sama halnya dengan lengkuas jika ingin hasilnya maksimal harap gosokkan pada panu dan kurap sampai agak memerah jika sudah memerah akan terasa perih pada bagian panu dan kurap.
Lakukanlah hal tersebut 3× sehari untuk mendapatkan pengobatan panu dan kurap yang maksimal.

5. Menggunakan Lidah Buaya

Bahan alami lainnya yang bisa anda coba adalah lidah buaya, lidah buaya biasanya dipakai untuk perawatan rambut, selain itu lidah buaya juga bisa untuk mengatasi penyakit kulit seperti panu dan kurap, lidah buaya mengandung antiseptik yang bisa mengatasi jamur pada kulit, bakteri atau pun virus lainnya, lidah buaya juga bisa digunakan untuk mendinginkan kulit yang gatal atau membengkak agar supaya terasa lebih sejuk.

cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi panu dan kurap :
- gunakan 1 lembar lidah buaya saja kemudian belah dan ambil bagian dalamnya.
- setelah itu, oleskan bagian dalam tersebut pada bagian yang terkena panu dan kurap.
Lakukanlah hal tersebut 3-4× sehari untuk mendapatkan pengobatan yang maksimal.

Penjelasan di atas merupakan langkah-langkah cara mengatasi panu dan kurap, selain alami bahan-bahannya juga mudah untuk dicari dan berada banyak di lingkungan sekitar kita, penggunaan juga sangat mudah sekali.

Apabila gejala panu dan kural tidak segera sembuh, alangkah baiknya untuk mengunjungi dokter dengan segera untuk penangana lebih lanjut.

semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.




BACA JUGA:

4 Cara untuk meningkatkan kualitas sperma
7 Gejala autoimun yang sering dialami

Posting Komentar

0 Komentar