Inilah 20 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

20 Manfaat Buah Naga Merah yang Baik Untuk Kesehatan


BUAH NAGA MERAH


Buah Naga terdiri beberapa jenis, tapi yang lebih populer adalah buah naga yang berdaging putih dan merah, buah nya menyegarkan, dan juga buah ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah naga secara rutin, berikut adalah khasiat buah naga yang bagus untuk kesehatan tubuh :

1. Menurunkan berat badan

Khasiat buah naga mampu menurunkan berat badan, kandungan buah naga mengandung banyak protein yang sangat tinggi, namun rendah lemak dan juga karbohidrat, buah ini dapat menjadi pilihan cemilan yang bagus bagi yang sedang dalam program diet.

2. Dapat menurunkan kolesterol

Buah naga mengandung B3 yang bagus dan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, manfaat buah naga akan sangat berasa oleh penderita kolesterol yang tinggi jika dikonsumsi secara teratur dan rutin.

Makan buah naga secara rutin bisa mencegah penyakit stroke dan juga jantung koroner akibat kadar kolesterol yang terlalu tinggi.

3. Mengatasi diabetes

 Manfaat buah naga merah bisa dirasakan pada orang penderita diabetes, rasanya yang manis dikarenakan mengandung glukosa, tidak berpengaruh buruk terhadap penderita diabetes.

4. Meningkatkan stamina pada tubuh


Saat musim telah berganti atau pancaroba, sebaiknya mengonsumsi buah-buahan, Berkaitan pada hal ini tingginya antioksidan dan kandungan vitamin pada buah naga merah ternyata bisa menambah stamina pada tubuh kita supaya tidak mudah terserang penyakit.

5. Sebagai pereda sakit tenggorokan atau sariawan


Saat sakit tenggorokan atau sariawan tentu akan merasa tidak enak dan terganggu pada saat makan dan minum, Rasa perih pada mulut dan juga tenggorokan mendorong untuk lebih memilih menahan rasa lapar dari pada harus makan karena akan merasakan perih ketika makan.

Kandungan buah naga merah yang banyak mengandung vitamin C akan sangat efektif untuk menyembuhkan sariawan dan juga sakit tenggorokan, tekstur buah yang lembut akan meringankan kinerja mulut dan tenggorokan.

6. Meredakan penyakit asma

penderita asma akan merasa resah saat penyakitnya kambuh, terdapat banyak sekali pengobatan asma untuk menyembuhkannya, jika tidak ingin membuang banyak uang cukup konsumsi buah naga secara rutin walaupun penyembuhannya sangat bertahap.
Manfaat buah naga yang belum anda ketahui

Buah naga terdiri beberapa jenis, tapi yang lebih populer adalah buah naga yang berdaging putih dan merah, buah nya menyegarkan, dan juga buah ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah naga secara rutin, berikut adalah khasiat buah naga yang bagus untuk kesehatan tubuh :

7. Meredakan Batuk

Vitamin B3 pada buah naga merah juga bisa meredakan batuk yang susah dihilangkan, Manfaat buah naga merah akan sangat berguna teringat batuk merupakan penyakit yang sulit disembuhkan walaupun sudah meminum obat.

Bila sedang batuk dan tak kunjung sembuh juga, cobalah dengan mengonsumsi buah naga, buah naga akan membantu meredakan dan mencegah batuk, jadi jangan buah naga saja yang dikonsumsi obat batuknya juga harus diminum.

8. Menstabilkan darah tinggi

Kandungan gizi pada buah naga juga sangat bagus dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Vitamin B3 mampu berperan nebstabilkan tekanan darah jika kita rutin mengonsumsinya.

9. Melancarkan pencernaan

Sebaiknya rencanakan untuk mulai mengonsumsi buah naga secara rutin, karena Kandungan serat buah naga yang sangat tinggi bisa melancarkan pencernaan, konsumsilah buah naga secara rutin setiap harinya.

10. Menguatkan jantung

Jantung adalah salah satu organ pada tubuh yang sangat penting bagi tubuh karena kalau tidak ada jantung, manusia tidak bisa hidup :) , Sebenarnya penyakit jantung yang mematikan ini bisa dihindari sejak dini dengan berbagai macam cara, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan juga tidak lupa berolahraga.

Kandungan phytochemical captin pada buah naga merah berfungsi memperkuat jantung, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah naga ini secara rutin mulai sekarang.

11. Mencegah penyakit osteoporosis

 manfaat buah naga merah yang bisa dirasakan dalam jangka panjang yaitu mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan pada tulang, hal ini didukung dengan adanya kalsium organik pada kandungan buah naga.



BACA JUGA :

manfaat spirulina untuk perawatan kecantikan

penyebab tangan dan kaki sering kesemutan



12. Mencegah penyakit kanker

Manfaat buah naga yang lain yaitu bisa mencegah kanker karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi, kandungan tersebut ampuh untuk mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Pencegahan kanker tentu tidak cuma dengan mengonsumsi buah naga, tapi perlu seimbangkan juga dengan pola hidup yang sehat, dan tetap memerhatikan asupan makanan dan mengimbanginya dengan berolah raga secara teratur.

13. Mencegah penuaan dini

Hal ini tentu akan terbukti jika mengonsumsi buah naga secara rutin dan teratur, sebab Kandungan antioksidan yang tinggi bisa membantu mengencangkan kulit dan me-regenerasi sel-sel kulit yang mati.

14. Mencegah anemia


Kandungan gizi di dalam buah naga yang kaya akan zat besi  baik juga untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada penderita anemia, kandungan buah naga tersebut juga membantu memproduksi sel darah merah, dan kemudian membantu pada oksigenasi yang tepat terhadap organ-organ vital.

15. Membantu perawatan rambut


Menambahkan buah naga pada program diet harian akan membantu menjaga rambut tetap sehat juga berkilau, nutrisi yang sangat tinggi akan membantu mengurangi kerusakan pada rambut terhadap bahan kimia yang hadir pada pewarna rambut, hal ini akan membantu meningkatkan tekstur dan mengembalikan kilau rambut yang indah.

17. Menyehatkan mata

Buah naga juga berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan sitokrom P450 pada manusia, protein yang ditemukan pada hati, Protein tersebut sering dikaitkan dengan terjadinya glaukoma bawaan, menurut penelitian yang di publish di jurnal Food Chemistry, kandungan beta-karoten pada buah naga akan membantu mencegah degenerasi makula dan juga pembentukan katarak dengan melindungi mata dari radikal bebas yang berbahaya.

18.  buah naga baik untuk kehamilan

Buah naga sangat bermanfaat untuk wanita hamil karena mengandung zat besi, vitamin B, dan juga asam folat, Studi menunjukkan bahwa zat besi akan membantu mencegah kekurangan hemoglobin dan juga mencegah terjadinya anemia, Vitamin B dan folat membantu mencegah cacat lahir dan juga meningkatkan energi pada tubuh.

Sifat pencahar ringan pada buah naga akan membantu melunakkan tinja dan mengatur pergerakan usus, kandungan kalsium di dalam akan membantu perkembangan tulang janin, dan sangat membantu menyehatkan kondisi kehamilan, Kadar kalsium dan juga magnesium yang sangat tinggi akan membantu melawan osteoporosis pada wanita pascamenopause.

19. Meningkatkan kecerdasan otak


Buah naga mengandung vitamin B dan juga kaya vitamin C, yang kedua itu akan membantu menjaga membran sel agar tetap sehat, Aktivitas vitamin tersebut dapat membantu mencegah terjadinya gangguan kognitif dan menjaga fungsi otak.

20. Mengobati jerawat pada wajah

Jerawat disebabkan oleh kulit yang berminyak dan ditandai pada masa masa awal pubertasi, kadang kemunculan jerawat sampai menginjak usia 30 tahun.

Solusi alami yang bisa dicoba untuk mengatasi jerawat, bisa juga menggunakan masker buah naga berdaging putih, karena mengandung banyak sekali vitamin C yang baik untuk wajah.

Caranya, haluskan seperempat buah naga menggunakan garpu, Kemudian oleskan dengan gunakan bola kapas pada permukaan kulit wajah yang terkena jerawat untuk menhindari penyebaran bakteri pada tangan, saat sudah lebih dari 20 menit, bilas dengan air hangat, Lakukan cara tersebut dua kali seminggu untuk kulit yang sempurna dan juga bebas jerawat.

Manfaat buah naga untuk kesehatan lainnya


Buah naga merah mengandung banyak sekali vitamin C dan memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, buah naga merupakan sumber potasium dan fosfor yang baik, serta kandungan mineral lain dan juga vitamin B kompleks, buah naga merah kaya akan protein, antioksidan (dari betacyanins), likopen, dan karoten.

Manfaat buah naga merah kering memiliki sepuluh kali lipat berkat nutrisi dari pada buah segar, manfaat buah naga termasuk mencerahkan kulit dan juga melindungi kulit dari kerusakan sinar UltraViolet.

Kandungan Gizi dalam Buah Naga

 berbagai kandungan buah naga yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh:

Buah naga biasanya dikonsumsi pada bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga, Kandungan buah naga terdiri dari kadar air yang sangat tinggi, kalau tidak salah sekitar 90% dari berat buah naga.

Rasanya agak manis karena mengandung kadar gula sekitar 13 sampai 18 briks, buah naga juga bisa dinikmati dalam bentuk jus, sari buah, manisan ataupun selai bisa juga beragam bentuk penyajian sesuai selera.

Secara umum, kandungan pada buah naga yang kaya akan potasium, ferum, protein, serat, sodium dan juga kalsium yang baik untuk kesehatan dibandingkan buah buahan lain yang di impor dari luar negeri.

Penelitian menunjukkan manfaat buah naga merah sangat baik terhadap sistem peredaran darah, dan juga memberikan efek mengurangi tekanan emosi dan bisa menetralkan toksik dalam darah, penelitian juga menunjukkan buah naga bisa mencegah kanker usus, selain mencegah kandungan kolesterol tinggi pada darah dan juga menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

Posting Komentar

0 Komentar