12 manfaat Buah duku untuk kesehatan tubuh

12 Manfaat Buah Duku untuk kesehatan tubuh


MANFAAT BUAH DUKU UNTUK KESEHATAN




  1.Sebagai Sumber Antioksidan

Buah duku adalah buah yang memiliki banyak vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk menghindari tubuh dari berbagai macam kerusakan dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Kerusakan ini disebabkan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi pada tubuh. Antioksidan juga berperan untuk menghindarkan tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh polusi maupun zat beracun.


2. Mencegah Penuaan Dini


 Buah duku juga bisa mencegah penuaan dini, penyebab penuaan dini tidak lain disebabkan oleh radikal bebas,  vitamin C dalam buah duku sangat manjur untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Vitmain C juga bermanfaat untuk melindungi protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas maupun polusi atau racun.


3. Menguatkan Gigi


 Siapa sangka buah duku bisa untuk menguatkan gigi karena kandungan fosfor pada buah duku sangat baik untuk menutrisi gigi, dengan kandungan fosfor gigi menjadi kuat dan sehat jika mengonsumsi buah duku secara rutin. Hal ini juga bisa dioptimalkan dengan mengkonsumsi manfaat strawberrry untuk kesehatan gigi.


4. Menjaga Kesehatan Gusi


Kesehatan gusi bisa dirawat dengan mengkonsumsi vitamin C,  buah duku memiliki kandungan vitamin C yang melimpah sehingga beemanfaat untuk menjaga kesehatan gusi. vitamin C juga banyak terdapat dalam buah lain.


5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

  Kandungan vitamin C pada buah duku bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh serta bermanfaat untuk orang yang sedang dalam masa pemulihan kesehatan.


6. Menurunkan Berat Badan


Buah duku ternyata juga bisa untuk menurunkan berat badan. Buah duku akan membantu tubuh untuk mendapatkan banyak carnitine. Carnitine akan mengarahkan molekul lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak, molekul lemak wajib  diperhatikan bagi yang ingin menurunkan berat badan karena jika kekurangan molekul lemak, tubuh akan terasa lelah dan kurang energi.


Jadi, jika carnitine pada tubuh berkurang akan terajadinya penumpukan lemak. Buah duku bisa dikonsumsi dengan apel bagi yang sedang menjalani diet.


7. Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh


Buah duku mengandung serat yang tinggi sehingga berfungsi untuk melancarkan pencernaan.


8. Menjaga Kesehatan Kulit


Kesehatan kulit bidsa dijaga dengan cara sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E. Buah duku memiliki banyak kandungan vitamin E sehingga bisa untuk menjaga kesehatan kulit.


9. Mengendalikan Kadar Kolesterol


Metabolisme kolesterol pada tubuh akan menjadi asam empedu, untuk penderita penyakit kolesterol, dapat dibantu dengan sering mengkonsumsi buah duku secara teratur.


10. Mengatasi Diare dan Demam


Buah duku bermanfaat secara efektif bisa mengobati diare dan juga untuk menurunkan panas atau demam tinggi karena buah duku mengandung hawa dingin.


11. Mengusir Nyamuk


Selain buahnya yang banyak manfaat,  kulit buah duku juga bisa sebagai alat pengusir nyamuk atau serangga,  caranya dengan membakar kulit buah duku ketika digunakan sebagai pengusir nyamuk.


12. Pengobatan Masalah Kesehatan Kulit


Buah dukut tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga bermanfaat untuk kulit, seperti menghaluskan kulit, sampai mengobati gatal-gatal karena serangga. Caranya hanya dengan menggosokkan kulit buah duku ke wajah yang berjerawat atau kulit yang gatal-gatal.



Kandungan nutrisi Dalam Buah Duku


Buah duku adalah buah yang setiap 1 tahun sekali berbuah dan juga termasuk buah yang subur pada tempat yang memiliki curah hujan tinggi. Duku merupakan buah dari Asia Tenggara barat berperan sebagai anggota buah Meliaceae. Buah ini mempunyai bentuk hampir sama dengan buah langsat, pisitan, dan lain-lain.

semoga bermanfaat...    



BACA JUGA :

 7 penyakit aneh dan menyeramkan

 ciri ciri anak terkena demam berdarah


Posting Komentar

0 Komentar