5 gejala demam berdarah yang berbahaya bagi kesehatan

5 Gejala Demam Berdarah yang Berbahaya bagi Kesehatan

GEJALA DEMAM BERDARAH



   Demam berdarah sedang mewabah daerah kita akhir-akhir ini. yang menyebabkan kekhawatiran masyarakat akan ketidaktahuan ciri-ciri seseorang terkena penyakit deman berdarah.


 Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. deman berdarah sering disebut dengan penyakit "break bone" karena menyebabkan nyeri pada bagian sendi & otot.

demam berdarah ringan bisa  menyebabkan demam tinggi, ruam, nyeri otot dan sendi, tapi jika penyakit demam berdarah parah, bisa menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah drastis dan juga bisa berujung kematian.

Penyakit demam berdarah ditemukan pada daerah tropis dan sub-tropis,biasanya di area urban.tapi, vaksin demam berdarah telah direncanakan oleh WHO pada bulan April sekitar 2016. Vaksin tersebut berguna untuk mengatasi terjadinya fase berikutnya dalam demam berdarah.

 gejala demam berdarah dimulai sekitar 4 - 10 hari setelah pasien digigit oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus.  Pada anak-anak yang sebelumnya tidak pernah terinfeksi, gejala demam berdarah yang dideritanya lebih parah dibandingkan dengan orang dewasa.


1. Demam tinggi mendadak

Demam mungkin sering terjadi pada banyak penyakit. tapi pada gejala demam berdarah, demam terjadi secara mendadak dan banyak orang yang tidak tahu perbedaan demam biasa dengan demam yang disebabkan oleh DBD.



2. sakit pada bagian otot


Setelah gejala demam berdarah seperti demam,  pasien akan merasakan nyeri pada bagian otot dan juga sendi. Gejala  demam berdarah ini dibarengi dengan tubuh menggigil juga berkeringat.

3. Sakit kepala dan sakit pada belakang mata

Beberapa jam setelah mengalami demam, gejala yang akan dialami adalah sakit kepala. Biasanya rasa sakit terasa di sekitar dahi. Sakit kepala juga disertai dengan sakit pada belakang mata. Ini merupakan gejala yang sering terjadi.

4. mengalami Mual-mual dan muntah

Pada beberapa orang, masalah pencernaan juga bisa terjadi, seperti mual dan muntah.oleh karena itu, bagian perut atau punggung terasa tidak nyaman. Gejala ini bisa terjadi selama 2-5 hari.

5. Kelelahan / kecapean

Demam disertai nyeri pada otot dan masalah pencernaan terjadi pada pasien DBD dapat menurunkan nafsu makan.hal ini menyebabkan tubuh menjadi kelelahan karena kurangnya asupan makanan dan sistem imun tubuh yang melemah.


Untuk mengobati pasien yang terkena DBD, virus  yang menyerang keping darah atau trombosit dan menyebabkan jumlahnya menjadi berkurang.untuk membantu mengatasi hilangnya trombosit,pasien bisa mengonsumsi buah jambu biji yang mengandung trombinol dan quercetin. Buah jambu biji mampu mempercepat pembentukan trombosit baru dan menghentikan virus.


 Untuk menurunkan komplikasi atau kematian terhadap penderita demam berdarah adalah dengan memberikan asupan yang bisa menaikkan jumlah trombosit saat memasuki fase kritis, dengan mengonsumsi jambu biji.

Jambu biji mengandung trombinol yang mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat menghasilkan keping darah yang lebih banyak memicu pembentukan platelet atau trombosit darah baru. Karena penderita demam berdarah memerlukan asupan makanan yang mudah dicerna, maka jambu biji diolah menjadi jus untuk mempermudah pencernaan. Kandungan air jus baik untuk mencegah dehidrasi dan dapat mempercepat penyembuhan demam berdarah.  Makan buah dan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C

Vitamin C,  dikenal sebagai asam askorbat, memiliki peran penting pada tubuh. ini membantu dalam pertumbuhan juga perkembangan jaringan di dalam sel tubuh. vitamin C daoat memberi kekuatan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan antibodi dan produksi sel darah putih.


Bagaimana cara mengatasi gejala demam berdarah.

1. Bersihkan bak mandi Anda.

Air merupakan tempat favorit berkembang biak nya nyamuk Aedes aegypti . Nyamuk betina bertelur pada bak yang terisi air, larva nyamuk akan mendapat makanan dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya.pada  masa ini, larva nyamuk melepaskan kulit pelindung dan berkembang biak sampai mencapai tahap terakhir. Ketika larva nyamuk cukup kuat, larva berubah menjadi pupa. Pupa akan mengalami perubahan bentuk hingga akhirnya menjadi nyamuk biasa yang siap terbang.

 siklus ini berlangsung 8 sampai10 hari dalam suhu ruang. Membersihkan bak mandi Anda satu minggu sekali dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti.

2.perhatikan perabotan rumah tangga yang menampung air

Baskom berisi air berpotensi menjadi tempat nyamuk bersarang.sering-seringlah membersihkan tempat tersebut setidaknya dua kali seminggu untuk mengurangi munculnya nyamuk pembawa demam berdarah.

3.coba gunakan kasa nyamuk

Kasa nyamuk berguna untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar rumah.pasanglah kasa nyamuk ini pada pintu dan jendela Anda.

4. Jangan biasakan menggantung baju terlalu lama

 perhatikanlah gantungan baju di balik pintu. Baju kotor menumpuk bisa menjadi tempat favorit untuk dihinggapi nyamuk. Memang tumpukan baju kotor bukan tempat nyamuk berkembang biak, tetapi tempat favorit nyamuk hinggap.karena nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Jika memang harus menyimpan kembali baju yang telah dipakai, letakkan baju pada tempat bersih dan tertutup.

nah,itulah beberapa penjelasan singkat tentang demam berdarah.

semoga bermanfaat...



BACA JUGA :

Posting Komentar

0 Komentar