[Panduan Lengkap] Belajar Cara Mendapatkan Uang di Youtube Untuk Pemula

Cara Mendapatkan Uang di Youtube Untuk Pemula


Menjadi youtuber sukses


Youtube adalah tempat berkumpulnya jutaan video - video yang bermanfaat untuk penonton, semua jenis video tersedia di youtube mulai dari kesehatan, tips & trik, bermain game, eksperimen dan lain sebagainya.


Menjadi seorang konten kreator youtube tidak semudah membalik telapak tangan, anda harus bekerja cerdas siang dan malam, mengedit dan merekam video seharian demi menarik pengguna youtube dan bisa terkenal serta menghasilkan banyak uang.


Para pemula kebingungan bagaimana cara memulai channel youtube, mereka biasanya asal upload video dan tidak peduli dengan kualitas video, info konten dan konsistensi channel. Disini, saya akan memberikan panduan lengkap bagaimana cara menghasilkan uang dari youtube untuk pemula supaya anda tidak tersesat ke cara yang salah dan malah menghancurkan channel anda sendiri.


1. Program partner Youtube


Youtube partner program


Pertama tama untuk mendapatkan uang dari youtube adalah bergabung dengan partner program youtube, anda akan langsung bekerja sama dengan google dan memunculkan semua persentase iklan di video anda.


Untuk bergabung dengan partner program, anda harus berusia 18 tahun atau mempunyai orang dewasa yang bertugas untuk mengurus keuangan, kemudian ada persyaratan khusus untuk channel anda. Program partner hanya menerima channel yang mempunyai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.


Channel anda harus mengikuti kebijakan Youtube dan harus ramah pengiklan, artinya tidak ada konten dewasa atau penyebutan dan gambaran yang menunjukkan penonton dewasa. Masalahnya, kebijakan Youtube selalu berubah setiap waktu, anda harus rutin mengecek web Youtube untuk melihat kebijakan baru.


Setelah diterima program partner Youtube, anda harus mengaktifkan monetisasi di channel dan mendapatkan penghasilan saat orang lain menonton video anda. Untuk channel besar dan penggemar setia, ada program membership channel yang membuat penonton bisa mengakses konten eksklusif.


Manfaat membership channel adalah mendapatkan badge dan emoji khusus yang membuat penonton tersorot di kolom komentar. Penonton setia juga bisa mendapatkan video khusus, live streaming dan live chat.


Hanya channel yang sudah bergabung di partner Youtube saja yang bisa mendaftar membership channel, anda harus memenuhi syarat - syarat tertentu. Subscriber yang dibutuhkan juga lebih besar yaitu 30.000 subscriber, jika anda mengalami masalah saat mendaftar atau tidak memenuhi syarat maka gunakan situs pihak ketiga seperti patreon.


Perbedaannya, manfaat eksklusif tidak akan didapatkan penonton secara langsung di Youtube tapi  dikirimkan ke aplikasi patreon melalui E-mail.


2. Menjual merchandise


Cara mendapatkan uang dari Youtube adalah dengan menjual merchandise, anda mungkin mempunyai desain logo yang unik untuk channel, bisakah dipasang di kaos, cangkir, gantungan kunci dan lain - lain. Jika bisa maka lakukan saja untuk menambah penghasilan anda dari Youtube.


Ada puluhan situs web E-commerce yang bisa membantu anda membuat barang dagangan bagus dan pasti diincar oleh subscriber setia channel anda. Jika anda mempunyai 10.000 subscriber maka anda bisa mempunyai galeri barang dagangan sendiri yang tersedia di bagian bawah video anda.


Galeri yang ada akan menampilkan semua barang terbaik dari anda, jika ada penonton yang melihat dan tertarik maka mereka akan membelinya. Sebelum itu, anda harus mengetahui situs merch yang disetujui google supaya barang anda bisa dijual dan terlihat di bawah video.


3. Live streaming


Live streaming adalah cara yang baik untuk menghasilkan uang dari Youtube, buat jadwal live streaming anda mungkin seminggu sekali atau sebulan dua kali. Penghasikan dari live streaming bisa menutupi biaya produksi video sehingga tidak memberatkan konten kreator.


Anda bisa mulai dengan menjawab pertanyaan dari penonton, memberitahu rencana selanjutnya dan memberi tahu video yang akan diupload selanjutnya. Live streaming Youtube menyediakan super chat dan super sticker, penonton bisa berdonasi supaya komentar mereka disorot selama beberapa menit di bagian live chat.


Dengan menjawab pertanyaan yang disorot atau memasang target donasi, penonton akan lebih terdorong untuk berdonasi dan anda pun akan mendapatkan uang. Anda bisa melakukan live streaming di beberapa situs populer seperti patreon dan twitch.


4. Program afiliasi


Program afiliasi


Selain iklan langsung dari video, anda bisa bergabung dengan program afiliasi. Anda hanya perlu mendaftar di situs web tertentu dan menaruh link di deskripsi video, jika penonton bertanya tentang produk yang anda punya maka berikan link ke situs web yang sudah anda daftarkan, saat penonton tertarik dan membeli barang tersebut maka anda akan mendapatkan imbalan.


Baca juga : jadi youtuber modal HP ! Inilah 10 aplikasi yang wajib dimiliki youtuber pemula


Beberapa merk memberi kode diskon kepada penonton di channel anda, saat penonton memakai kode diskon tersebut maka anda akan mendapat keuntungan. Penonton mendapatkan kode diskon untuk potongan harga barang yang ingin dibeli sedangkan anda mendapat imbalan karena mengantarkan mereka ke situs web yang dituju.


Youtube juga menyarankan anda untuk terbuka pada link afiliasi, semakin transparan channel ands maka semakin baik. Tidak ada penonton yang ingin dibohongi oleh konten kreator.


Cara lain adalah menjual tempat di akhir video untuk channel baru, banyak channel kecil yang mencari promosi dan jika anda mempunyai banyak subscriber maka anda bisa menayangkan potongan video konten kreator lain di akhir video anda maka anda akan mendapat imbalan.


Jika anda ingin seperti pengusaha, anda bisa membuat merk sendiri dan menggunakan Youtube sebagai media promosi. Penjualan akan lebih cepat jika sudah mempunyai penonton setia yang selalu melihat produk baru anda.


Channel yang mempunyai genre tertentu, anda bisa menjual kelas online. Misalnya channel kecantikan atau fashion bisa menjual preset kecantikan untuk foto Instagram dan channel memasak bisa menjual teknik tertentu saat memasak.


Cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube


Cara lainnya


Anda bisa mendapatkan uang dari berbagai merek dengan menampilkan produk mereka di video anda, untuk channel kecil sebaiknya minta produk gratis yang nanti ditukarkan dengan promosi video. Banyak sekali channel kecil yang awalnya mengirim email ke merek dan mengusulkan kerja sama.


Anda harus tentukan topik utama channel dan tentukan produk yang cocok untuk penonton anda, untuk hal ini anda bebas negoisasi persyaratan dan harga. Beberapa merk ingin anda membicarakan produk mereka selama 30 - 60 detik, sementara merk lainnya ingin anda mencantumkan nama produk di judul atau membuat video khusus tentang produk mereka.


Anda harus memberitahu bahwa anda melakukan sebuah promosi, buka pengaturan video lanjutan dan centang opsi video berisi promosi berbayar. Dengan melakukan ini maka anda akan terhindari dari masalah dengan Youtube dan penonton setia.


Jika semua tips gagal


Anda harus fokus pada channel dan branding, cari target pasar dengan cara yang berbeda tentunya dengan versi anda sendiri. Buatlah video dengan konsep yang berbeda dengan youtuber lainnya supaya ciri khas channel bisa dikenal banyak orang dan mulai terkenal.


Jangan lupa untuk membeli peralatan yang cukup untuk membuat video, suara anda harus jelas dan jernih, kualitas video harus bagus dan cerah. Hal ini akan membuat penonton puas dengan konten yang disajikan dan mereka tentunya akan menyukai channel anda.


Ikuti kelas akting dan pidato supaya anda bisa mengekspresikan peran anda dengan sungguh - sungguh di depan kamera. Setelah membuat video kualitas tinggi untuk menarik minat penonton, anda harus konsisten mengunggah video di channel.


Dengan rutin mengupload video maka video anda akan muncul di beranda penonton dan rekomendasi video, tentunya mereka akan mengingat channel anda dan mulai menonton setiap video yang ada. Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk mengatur jadwal upload video Youtube dengan sempurna.


Jangan sekali - kali mencoba cara mudah supaya channel banyak subscriber, membeli subscriber dan jam tayang tidak akan membuat channel anda sukses besar. Selain itu, anda harus terus berinteraksi dengan penonton mulai dari membalas komentar, merapihkan halaman media sosial dan membangun komunitas untuk menerima saran dan kritik.


Setelah itu, anda harus membuat thumbnail video yang menarik, judul yang bagus dan deskripsi yang lengkap. Dengan itu, video anda akan masuk daftar rekomendasi youtube dan masuk video teratas kata kunci pencarian.

Posting Komentar

0 Komentar