Cara Mudah Memperbaiki Lampu Philips yang Mati Dengan Peralatan Sederhana

Cara Mudah Memperbaiki Lampu Philips yang Mati Dengan Peralatan Sederhana


Lampu philips


Cara memperbaiki lampu philips mati - Lampu merupakan alat yang harus semua orang miliki untuk memberikan cahaya pada tempat tinggal mereka di malam hari. Tanpa lampu ini maka rumah kita menjadi gelap gulita seperti jaman nenek moyang kita yang hidup tanpa lampu di malam hari.

Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya yaitu tentang cara memperbaiki lampu led mati total. Lampu menjadi kebutuhan dalam menjalankan aktivitas di malam hari, lampu berperan besar dalam bekerja, membaca, belajar dan lainnya.

Masalah yang sering terjadi pada lampu di rumah anda adalah lampu yang mati atau saat ingin dinyalakan ternyata tidak menyala tapi kemarin masih nyala. Masalah itu akan dijelaskan di dalam artikel ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan cara mudah memperbaiki lampu philips yang rusak menggunakan peralatan sederhana atau mudah didapat.

Anda bisa memperbaiki ini di rumah tanpa harus meminta bantuan orang lain. Saya mwnulis artikel ini dengan singkat,padat dan jelas karena caranya yang sederhana dan tidak terlalu rumit. Oke, langsung saja kita bahas cara memperbaiki nya.

Anda memerlukan beberapa peralatan seperti lampu TL, kabel penjepit buaya berujung 4 dan alat lainnya yang harus anda siapkan karena cara ini akan membongkar bagian dalam lampu.


Tes kerusakan blok komponen



Pertama, anda cek kerusakan pada bagian komponen yaitu dengan membongkar casing lampu dengan menggunakan obeng minus atau alat sejenis lainnya. Anda lepas lilitan kawat penghubung ke tabung neon menggunakan tang.


Tes kerusakan blok komponen



Alat tes blok komponen



Anda bisa menggunakan beberapa alat untuk mendeteksi blok komponen pada lampu philips. Alat - alatnya diantaranya :

1. Lampu TL atau neon yang masih menyala, daya lampu TL atau neon harus di atas blok komponen yang di tes.

2. Sepasang kabel berujung 4 penjepit buaya merah, sambungkan 2 kabel ke lampu TL.

3. Sepasang kabel berujung 4 kabel penjepit buaya hitam (warna dibedakan untuk memudahkan perbaikan), sambungkan 2 kabel ke sisi lampu TL yang lain.


Tes blok komponen



Mengetes blok komponen lampu ini penting untuk mengetahui apakah komponen lampu masih hidup atau tidak. Jika masih hidup maka bisa digunakan untuk memperbaiki lampu yang rusak.

Caranya : jepitkan 4 catut buaya pada blok komponen bekas sambungan neon yang berdekatan warna (merah - merah - hitam - hitam) dan dimulai dari pinggir. Kemudian anda cek komponen lampu philips jika tidak nyala maka komponen lampu rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Tapi, jika menyala maka komponen lampu baik - baik saja dan bisa digunakan kembali.


Tes blok komponen



Tes neon ulir



Dengan blok komponen lampu yang masih hidup, anda bisa mencari neon ulir bekas untuk dipakai sebagai pengganti neon ulir yang rusak tersebut. 

Caranya : lepas 2 catut buaya merah dari lampu TL lalu pindahkan ke sepasang kawat neon ulir yang masih bagus. Setelah itu, anda lepas juga 2 catut buaya hitam dari lampu TL. Pindahkan ke 2 kawat lain pada neon ulir. Ingat jangan sampai terbalik posisinya merah - merah - hitam - hitam. Jika lampu menyala maka masih bagus dan bisa digunakan kembali. Tapi, jika tidak menyala berarti neon sudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi.


Perakitan



Pertama, anda lepaskan penjepit buaya dari blok komponen lampu. Ambil neon yang masih menyala (masih bagus) > beri isolator pada kawat neon supaya tidak terjadi konslet > sambungkan 4 ujung kawat neon ke blok komponen dengan di solder atau di lilitkan > masukan blok komponen ke dalam casing lampu > beri isolator jika di rasa perlu > tutup casing lampu, jika masih longgar bisa gunakan lem atau solasi > sambungkan > terakhir, sambungkan lampu neon modifikasi ke listrik untuk mengetesnya.

Jika menyala berarti pemasangan sudah benar dan bisa digunakan kembali. Jika masih tidak menyala, coba anda cek di pemasangan kawat neon ke blok komponen. Sampai tahap ini, kita sudah berhasil membuat lampu hemat energi dengan cara kanibal (memperbaiki lampu rusak dengan menggunakan komponen lain yang masih berfungsi).

Baca juga : cara memperbaiki mesin cuci yang nyetrum dengan mudah dan cepat

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog MagerSena untuk mendapatkan pengetahuan lebih luas tentang dunia.

Posting Komentar

1 Komentar