Inilah 10 Cara Mudah Membaca Buku Dengan Cepat dan Efektif

Membaca buku


Membaca menjadi kegiatan setiap orang. Tidak hanya pelajar, orang tua pun harus membaca untuk menambah pengetahuan dan keterampilan. Kegiatan membaca ini harus menjadi kebudayaan kita dan harus dibiasakan minimal 1 jam membaca per hari.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara membaca buku dengan cepat dan efektif. Efektif disini bukan berarti menghafal seluruh isi buku tetapi memahami seluruh isi yang ada di dalam buku. Kalian pasti tahu perbedaan antara menghafal dan memahami.

Menurut survey negara indonesia termasuk ke dalam negara yang penduduknya kurang minat dalam membaca dan kalah dengan negara - negara lain yang minat membacanya jauh lebih tinggi. Sebenarnya, orang indonesia itu bukan malas membaca tapi mereka merasa percuma karena saat anda membaca buku tentang ilmu pengetahuan dan selesai membacanya, anda tidak ingat sama sekali apa isi dari buku tersebut.

Pada saat anda selesai membaca buku dan tidak ingat apapun apa yang barusan dibaca. Maka anda akan merasa malas untuk membaca karena merasa percuma apa yang dibaca barusan tidak mendapatkan keuntungan satu persenpun.

Apa faktor yang membuat seseorang malas membaca ? Pada saat anda meluangkan banyak waktu dan tenaga untuk membaca buku sekolah atau ilmu pengetahuan dan pada saat anda selesai membaca, anda tidak ingat apa - apa yang barusan dibaca. Jadi, otak akan merasa percuma saat ingin melakukannya lagi dan akhirnya anda berhenti membaca.

Saya akan membagikan langkah - langkah yang bisa anda lakukan untuk membaca cepat dan efektif supaya apa yang anda baca bisa dipahami dengan jelas dan cepat.


1. Cari waktu yang tepat



Langkah pertama, anda harus mencari waktu di sela - sela aktivitas anda yang cocok untuk dijadikan waktu membaca. Anda harus mengetahui kapan waktu otak anda fresh atau tidak terlalu banyak pikiran.

Misalnya, otak saya akan fresh di waktu pagi jam 05 : 00 - 09 : 00 dan malam jam 21 : 00 - 00 : 00. Maksud kata fresh disini adalah tidak terlalu banyak pikiran, otak bisa berpikir jernih dan daya konsentrasi tinggi. Anda bisa cari waktu fresh anda dengan menyisihkan kesibukan anda di siang hari atau malam hari, supaya otak anda bisa bekerja dengan efektif saat membaca buku.

Maksud jam 05 : 00 - 09 : 00 adalah meluangkan waktu untuk membaca. Bukan berarti saya membaca buku full time dari jam lima sampai jam sembilan. Tapi di waktu tersebut otak saya merasa fresh dan siap untuk menangkap pemahaman dari bacaan yang dibaca.


2. Fokus



Ketika anda ingin membaca, jauhkanlah diri anda dari Televisi, Handphone dan suara bising lainnya yang mengganggu. Jika perlu, anda bisa pindah tempat ke tempat yang sepi dan tenang untuk membuat anda fokus membaca.

Anda tidak akan bisa fokus membaca jika anda membaca di depan televisi atau sambil memegang handphone. Pilihlah waktu dimana anda bisa fokus membaca dan terhindar dari suara - suara bisibg yang mengganggu. Misalnya di waktu shubuh antara jam 05 : 00 - 07 : 00, biasanya di waktu tersebut suara bising jarang terdengar karena sebagian orang masih tidur nyenyak.

Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk fokus membaca dan memahami isi bacaan dengan cepat dan efektif.


3. Baca buku selama 15 menit



Tips ini harus anda lakukan jika anda baru pertama kali melakukan kegiatan membaca buku. Membaca buku selama 15 menit lalu berhenti dan istirahat sejenak dapat membuat otak anda lebih efektif dalam menangkap pemahaman isi bacaan.

Baca juga : cara mudah memperbaiki lampu philips yang mati dengan peralatan seadanya

Jika anda mempunyai masalah dalam susah mengingat dan belum terbiasa membaca buku, anda bisa melakukan tips ini secara rutin setiap harinya. Satu hal penting, anda harus diniatkan belajar tanpa paksaan kalau anda belajar dengan paksaan maka otak akan susah dalam mengingat.

Niatkan dalam diri anda bahwa saya belajar dengan ikhlas dan tanpa paksaan apapun baik dari diri sendiri dan orang lain maka otak bisa merespon dan mulai konsentrasi tinggi pada setiap kegiatan belajar kita.

Kenapa harus membaca buku selama 15 menit ? Alasannya kapasitas otak manusia itu berbeda - beda. Ada yang membaca buku selama 1 jam tapi masih kuat dalam memahami bacaan, ada yang membaca buku selama 2 jam dan masih stabil dalam hal mengingat bacaan.

Saya sarankan untuk anda yang baru memulai membaca buku, mulailah dengan membaca buku selama 15 menit tapi rutin atau sering supaya bisa memahami isi bacaan buku dengan cepat. Misalnya anda membaca buku selama 15 menit sebanyak 4 kali per hari. Jadi, membaca selama 4 kali tersebut akan membuat kegiatan membaca selama 1 jam dan anda bisa memahami isi bacaan buku dengan cepat.


4. Memakai kacamata hitam



Lho, kenapa membaca harus memakai kacamata hitam ? Karena kacamata hitam ini berfungsi untuk meminimalisir cahaya yang masuk ke mata. Karena biasanya buku itu mempunyai background atau latar belakang putih sehingga membuat menjadi perih dan cepat lelah jika membaca dalam waktu lama.

Hal itulah yang menyebabkan kebanyakan orang memakai kacamata itu disebabkan oleh sering membaca. Untuk mencegah mata perih dan minus maka pakailah kacamata hitam jika latar belakang buku putih.

Tapi, saat ini sudah banyak buku yang memiliki latar belakang berwarna warni untuk meminimalisir cahaya yang masuk ke mata sehingga membuat anda tetap nyaman saat membaca buku dalam waktu lama. Jika latar buku putih pakailah kacamata hitam untuk mencegah mata perih dan terjadinya minus. Untuk kacamata nya, pilih kacamata yang mempunyai bagian kaca berwarna.


5. Membaca dalam keadaan enak



Saat anda ingin membaca, usahakan perut tidak lapar, tidak mengantuk dan pencahayaan ruangan baik sehingga anda bisa fokus membaca dan bisa cepat paham dalam mengetahui isi bacaan.


6. Gerakkan jari sesuai bacaan


Gerakkan jarimu sesuai dengan bacaan



Supaya anda cepat dalam membaca suatu buku biasakan anda gerakkan cari pada kalimat yang sedang anda baca. Supaya mata bisa fokus dan tidak kehilangan paragraf saat membaca. Tidak hanya itu, anda juga harus menemukan kata kunci di setiap paragraf yang dibaca supaya bisa mememami bacaan dengan cepat dan efisien.


7. Membaca dalam satu kalimat utuh



Usahakan dalam membaca, anda jangan diejah atau sedikit - dikit. Cepatkan bacaan anda sampai satu kalimat yaitu sampai titik atau koma supaya bisa memahami kalimat yang dibaca dengan baik dan benar.


8. Gunakan metode skimming



Metode ini bisa anda gunakan saat ingin mencari ide utama dari sebuah buku yang sedang anda baca. Anda tidak akan membaca secara berurutan tapi lompat dari satu bab ke bab lainnya untuk melihat pokok pikiran utama dari topik yang sedang dibaca.


9. Jadilah pembaca aktif bukan aktif membaca



Apa bedanya pembaca aktif dengan aktif membaca ?

Pembaca aktif adalah seorang pembaca buku yang memiliki bahan bacaan yang bervariasi atau berbagai topik. Sedangkan aktif membaca adalah seorang pembaca buku yang membaca buku dengan topik yang sama dan tidak peduli dengan isi bacaan.

Baca juga : 10+ cara merubah kepribadian menjadi seorang pendiam

Aktif membaca biasanya akan melatih seseorang dalam membaca cepat tapi kurang dalam hal pemahaman bacaan. Anda harus jadi pembaca aktif dengan berbagai buku yang bervariasi untuk anda baca. Menjadi seorang pembaca aktif, anda bisa mrngetahui berbagai macam informasi dari berbagai bidang bacaan sehingga wawasan anda menjadi lebih luas.


10. Meniru kegiatan membaca dari orang sukses



Anda bisa meniru atau mengikuti kegiatan orang orang sukses dalam kegiatan membacanya. Orang sukses seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg dan Elen Musk mempunyai kebiasaan membaca 1 jam per hari. Dengan waktu 1 jam tersebut mereka bisa menangkap isi bacaan dengan efisien sehingga paham dan tidak mudah lupa.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena untuk mendapatkan pengetahuan tentang dunia.

Posting Komentar

0 Komentar