Hanya 30 Menit !!! Cara Mudah Mengatasi Muka Merah Dengan Cepat

Hanya 30 Menit !!! Cara Mudah Mengatasi Muka Merah Dengan Cepat


Penyebab muka merah



Keadaan muka merah mungkin pernah anda alami saat merasa malu, stres atau marah. Muka merah seperti itu masih tergolong wajar karena aktivitas saraf simpatis yang bekerja sangat cepat.

Muka merah juga bisa anda alami saat terkena jerawat dan munculnya bintik - bintik merah pada wajah dan muka merah bisa terjadi karena kulit yang kepanasan dalam waktu lama.

Jika kondisi muka memerah ini disertai dengan gatal dan bintik - bintik atau dalam waktu yang lama, mungkin penyebabnya dari kondisi medis tertentu. Seperti alergi mengonsumsi obat dan mempunyai penyakit tertentu.


Penyebab muka merah



Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan muka anda memerah, diantaranya :


1. Sinar matahari



Pada saat kulit anda terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama maka kulit akan menjadi kemerahan karena terbakar oleh sinar matahari. Kulit bisa mengelupas setelah 5 - 7 hari berlalu.


2. Jerawat



Jerawat bisa membuat muka anda menjadi merah jika di muka anda banyak jerawat yang meradang. Jerawat merupakan hal yang wajar dan semua orang juga pernah mengalaminya. Jadi, jangan heran jika muka merah terjadi karena jerawat.


3. Olahraga



Muka memerah bisa disebabkan pada saat berolahraga atau sesudah berolahraga. Kondisi ini membuat pembuluh darah di daerah pipi dan dagu bekerja. Hal ini dikarenakan pembuluh darah kapiler melebar disertai aliran darah yang meningkat. Pada saat berolahraga tubuh akan memindahkan panas ke kulit untuk mendinginkan tubuh saat berolahraga.

Baca juga : cara membuat lesung pipi alami dengan teknik paling mudah


4. Rosacea



Rosacea adalah penyakit kulit jangka panjang yang menyerang area wajah. Penyakit ini bisa membuat kulit anda merah, perih, menyengat dan sulit dihilangkan. Rosacea juga bisa terjadi pada area dada, punggung dan kuping.


5. Minuman alkohol



Alkohol bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi melebar dan kondisi ini membuat muka anda menjadi merah, pusing dan mual - mual. 


6. Dermatitis seboroik



Dermatitis seboroik pada wajah bisa menyebabkan muka menjadi merah, penyakit ini bisa dialani bayi dan orang dewasa. Tidak hanya itu, dermatitis seboroik bisa menyerang bagian tubuh seperti kulit kepala, hidung, telinga, alis dan kelopak mata.


7. Makanan



Faktor muka merah ini bisa disebabkan oleh makanan yang pedas. Makanan yang sangat pedas bisa mengubah muka anda menjadi merah karena rasa panas yang terasa di area lidah. Selain itu, makanan yang mengandung bumbu MSG atau lada juga bisa menyebabkan muka anda menjadi memerah.


8. Lupus



Muka merah yang disebabkan oleh penyakit lupus ditandai dengan ruam berwarna merah dan perubahan pada bagian kuku. Gejala penyakit ini bisa menyerupai penyakit lain yang berhubungan.


9. Obat - obatan



Jika muka anda merah karena mengonsumsi obat - obatan, mungkin karena efek dati histamin yang melepas zat kimia sebagai reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap obat yang anda konsumsi.

Efek samping dari mengonsumsi obat -bobatan diantaranya calcium channel blocker, kortikosteroid, hormon tiroid, rifampin, prostaglandin dan nitrogliserin. Reaksi ini juga terkadang menimbulkan pusing dan gatal - gatal.


10. Menopause



Penyakit menopause terjadi saat siklus menstruasi wanita berakhir dibarengi dengan produksi hormon estrogen yang menurun. Wanita yang mengalai menopause akan merasakan sensasi panas di wajah selama 1 - 5 menit dan akhirnya muka menjadi memerah.


Cara mengatasi muka merah



Sekarang anda sudah mengetahui beberapa penyebab muka anda menjadi merah. Selanjutnya kita akan membahas cara mengatasinya. Caranya sangat beragam dan ada cara khusus untuk menghilangkan muka merah dengan penyebab tertentu. Berikut caranya.


1. Masker mentimun



Masker mentimun bisa membantu anda mengatasi muka memerah yang sulit dihilangkan. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengiris mentimun kemudian mendinginkannya di kulkas, setelah itu tempelkan irisan mentimun di permukaan wajah dan biarkan sampai mentimun tidak dingin lagi.

Mentimun mengandung vitamin dan mineral yang bisa menjaga kulit wajah tetap sehat. Ulangi cara ini sampai terasa manfaatnya. Selain  itu, anda harus menjaga wajah dalam keadaan bersih dan jangan lupa untuk mencuci muka dengan facial wash yang cocok untuk anda.


2. Salep dan obat oral



Anda bisa mengonsumsi ibuprofen, aspirin atau acetaminophen untuk mengatasi muka merah yang disertai rasa sakit. Obat oral dan salep ini sudah terbukti bisa menghilangkan bagian wajah yang memerah dengan cepat

Baca juga : manakah waktu terbaik untuk mengonsumsi susu ? Pagi atau malam

Anda juga bisa melakukan perawatan dengan perawatan laser yang terbukti baik untuk muka anda yang memerah. Untuk kemerahan karena rosacea harus diperlakukan dengan cara yang berbeda yaitu dengan menghindari  penggunaan produk exfoliant dan toner.

Penyebab umum muka memerah pada orang rosacea adalah terpapar sinar matahari, minuman alkohol dan makanan pedas. Jika sering terkena sinar matahari maka anda harus memakai tabir surya (SPF) yang tinggi dan memakai pakaian untuk menutupi tubuh dari sinar matahari langsung.


3. Lidah buaya



Anda bisa mengoleskan lidah buaya pada muka yang memerah. Lidah buaya mempunyai manfaat sebagai antiflamasi yang berfungsi mengatasi iritasi, kulit kering dan peradangan yang bisa menyebabkan muka memerah.


4. Minyak kelapa



Minyak kelapa sering digunakan sebagai pengobatan tradisional yang ampuh termasuk muka memerah. Minyak kelapa berfungsi mengurangi  kulit merah berkat sifat antioksidan. Minyak kelapa adalah bahan formulasi yang cocok untuk kulit yang terbakar. Tapi mekanisme kerja minyak kelapa belum diketahui oleh para ahli.


5. ES batu



Cara paling umum untuk mengatasi muka merah adalah mengompes dengan ES. Caranya  dengan menyediakan es batu yang di bungkus kain, lalu kompres wajah selama satu menit dengan perlahan - lahan. 

Jangan menempelkan ES langsung ke kulit karena bisa terjadi kerusakan sel kulit wajah. Suhu dingin pada ES batu berfungsi untuk mengontraksi pembuluh darah sehingga kemerahan pada wajah anda akan berkurang sedikit demi sedikit.


6. Masker colloidal oatmeal



Pada umumnya, oatmeal adalah asupan untuk penderita kolesterol. Tapi fungsi lain dari oatmeal adalah bisa mengatasi muka merah dengan mudah. Selain itu, oatmeal juga berfungsi menyerap minyak di bagian wajah dan menjadi efek pelembab untuk kulit.

Colloidal oatmeal mempunyai sifat menyejukan dan anti inflamasi, artinya seseorang akan memiliki potensi alergi dan iritasi yang relatif rendah.


7. Teh



Jenis teh yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan muka merah adalah chamomile tea, peppermint tea dan green tea.

Green tea mengandung polifenol yang berfungsi meremajakan sel kulit untuk penderita rosacea. Sedangkan peppermint dan chamomile memberikan manfaat lebih pada wajah yang memerah. Jangan mengonsumsi chamomile tea jika anda alergi dengan ragweed.

Cara menggunakannya : anda harus merebus kantong teh pada panci yang berisi air mendidih selama  8 - 10 menit. Lalu dinginkan kantong teh di dalam kulkas dan tuangkan ke waslap secukupnya.

Waslap yang basah karena rebusan teh langsung tempelkan pada area yang memerah sambil ditekan - tekan. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


8. Madu



Madu bisa mengatasi muka merah sekaligus menjadi kulit agar tetap lembab. Madu mempunyai sifat anti bakteri dan bisa menghilangkan muka merah yang disebabkan oleh deematitis seboroik dan rosacea.


9. Bedak bayi



Pada saat bayi mengalami iritasi dan kemerah - merahan pada bagian tubuhnya maka ibu akan memberikan bedak bayi untuk mengatasinya dan esok harinya pun iritasinya hilang.

Cara ini juga bisa diterapkan untuk anda yang mengalami muka merah. Anda oleskan bedak bayi ke wajah kalnian secara perlahan dan melakukannya secara rutin maka secara perlahan kemerahan di wajah akan menghilang.


10. Minyak zaitun



Minyak zaitun mempunyai manfaat untuk menghilangkan kemerahan pada kulit. Caranya anda taruh 1 sendok gula pasir pada wadah lalu tuangkan minyak zaitun ke wadah secukupnya. Setelah itu aduk sampai tercampur merata.

Langkah selanjutnya, anda oleskan campuran minyak zaitun dan gula pasir ke bagian wajah yang merah secara merata menggunakan tangan atau kuas masker. Diamkan selama 30 menit supaya bahan bisa menyerap ke dalam kulit. Lakukan cara ini 2× sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Facial wash yang tidak cocok bisa menyebabkan masalah kulit lainnya yang bisa nemperparah kulit anda. Anda harus biasakan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta menghindari sinar matahari secara langsung.

Anda bisa mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, dimulai dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung cairan. Anda bisa mengatasi kemerahan dengan makanan yang bisa mengobati dari dalam seperti wortel, melon, timun, pepaya, bayam dan masih banyak lagi.

Baca juga : cara mudah mengatasi mata kelilipan pada bayi

Makanan yang mengandung cairan mempunyai antioksidan yang berfungsi melembabkan kulit wajah anda dari dalam.  Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung cairan secara rutin maka akan terhindar dari kekeringan atau kondisi kering.

Anda harus menghindari makanan panas, alkohol, minuman panas dan kafein karena bisa memunculkan kemerahan kulit dan memperparah kemerahan.

Posting Komentar

0 Komentar