Cara Mudah Mengatasi Mata Kelilipan Pada Bayi

Cara Mudah Mengatasi Mata Kelilipan Pada Bayi


Cara mengatasi kelilipan pada bayi


Kelilipan sering kita alami saat beraktivitas baik di dalam ruangan maupun luar ruangan. Biasanya orang kelilipan itu karena debu berterbangan yang terbawa angin kemudian masuk ke dalam mata kita.

Pada saat kelilipan, pasti anda menggosok - gosok mata atau berkedip - kedip supaya kotoran yang ada di mata itu menghilang.  Bagaimana jika kelilipan tersebut terjadi pada bayi anda.

Seorang bayi pasti akan menangis jika matanya kelilipan karena ia tidak tahu bagaimana cara mengatasi kelilipan tersebut. Kelilipan pada bayi terjadi karena debu kecil masuk ke mata bayi saat bermain baik di rumah atau di halaman.

Debu atau benda asing yang masuk ke mata si bayi itu bentuknya sangat kecil. Benda tersebut akan keluar bersamaan dengan air mata yang keluar lebih banyak. Si bayi bisa mengedipkan mata secara terus menerus sampai air mata keluar maka mata anda akan kembali seperti semula.

Cara ini tidak mempan untuk benda asing atau debu yang sedikit besar, harus menggunakan cara lain yang lebih efektif. Jika anda mendiamkan atau menutup mata si bayi saat kelilipan. Hal itu membuat si bayi semakin gatal dengan matanya, bertambah perih dan mata pun memerah.

Efek kelilipan ini menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri pada mata dan mata memerah. Biasanya yang dilakukan para ibu saat mata si bayi kelilipan adalah membuka matanya lalu meniup mata agar debu pada mata tersebut hilang. Padahal cara ini kurang efektif untuk mengatasi kelilipan.


Cara mengatasi mata kelilipan pada bayi



Bagaimana cara yang benar untuk menggatasi kelilipan pada si kecil. Berikut caranya.

Langkah pertama, jangan biarkan si kecil  menggosok matanya karena bisa menyebabkan selaput dan kelopak mata iritasi. Lalu gunakan cutton bud atau kapas putih yang basah pada ujung mata si bayi untuk menghilangkan debu yang menyangkut.

Baca juga : 8 dampak negatif terlalu sering makan mie instan

Jangan lupa untuk mencuci tangan anda sebelum menyentuh mata si bayi supaya mencegah iritasi pada matanya.  Lakukan pengangkatan dari bagian dalam ke bagian luar supaya debu tersebut terangkat seluruhnya.

Anda juga bisa membasuh mata si bayi dengan air bersih atau sediakan wadah dengan air hangat lalu minta si bayi untuk memasukkan mata ke dalam air sambil berkedip. Cara lainnya untuk mengatasi kelilipan adalah dengan membuka kelopak bagian bawah si bayi dengan perlahan - lahan.

Anda bisa gunakan obat mata untuk si bayi yang kelilipan supaya debu yang tersangkut menghilang dengan sendirinya. Bila ingin menggunakan obat mata sesuaikan dengan usia si bayi. Jika iritasi mata bayi semakin memburuk, sebaiknya bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.



Mata si bayi kelilipan akibat percikan bahan kimia



Biarkan mata si bayi terbuka. Lalu bilas mata dengan air mengalir dari dalam pojok ke arah luar mata dengan jarak 10 CM. Lakukan dengan hati - hati supaya mata si bayi tidak terluka.

Tutup mata si bayi dengan kasa steril untuk mengurangi pergerakan yang membahayakan mata si bayi.  Bila susah teratasi, anda bisa membawa si bayi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.


Cara mencegah kelilipan pada bayi


Jaga kamar si bayi supaya terhindari dari kotoran atau debu. Jaga kebersihan area bermain si bayi dengan menyapu dan mengepel kamar anak secara rutin. Jangan memasang karpet pada area bermain si anak dan jangan lupa tutup jendela kamar si bayi untuk mencegah debu berterbangan masuk saat ada angin besar.

Yang harus dilakukan bila mata si bayi bengkak


Gunakan kompres dingin untuk mata si bayi. Jangan tekan kompres pada mata karena bisa melukai bagian mata si bayi.  Apabila mata si bayi berdarah, sakit saat digerakkan atau penglihatan berkurang. Segera pergi ke dokter.

Baxa juga : 8 cara membersihkan nikotin rokok dalam tubuh secara alami



Posting Komentar

0 Komentar