8 Cara Membersihkan Nikotin Rokok Dalam Tubuh Secara Alami

8 Cara Membersihkan Nikotin Rokok Dalam Tubuh Secara Alami




Nikotin adalah stimulan yang kuat untuk menghasilkan perasaan euforia pada penggunaan awal menarik banyak orang untuk menghisap 1 - 2 batang rokok sehari bahkan lebih. Efek utama dari nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi tubuh.

Seiring waktu perasaan euforia tersebut menjadi suatu hal yang menempel dalam tubuh anda dan sulit untuk melepasnya kembali. Padahal nikotin termasuk zat berbahaya yang dapat merusak kesehatan.

Rokok dan kebiasaan merokok dapat membuat anda rentan dalam berbagai masalah kesehatan. Namun, menghentikan kebiasaan merokok bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Nikotin ditemukan dalam rokok elektrik, rokok tradisional, jerutu dan saat anda mengunyah tembakau.

Karena efek buruk dari nikotin, sebaiknya anda mulai melakukan beberapa cara berikut untuk menghilangkan nikotin dari tubuh anda secara alami sedikit demi sedikit.


1. Berhenti merokok


Langkah awal yang harus anda lakukan adalah berhenti merokok. Menyerah pada kenyataan dan tidak berupaya untuk berhenti merokok akan terus mendorong hasrat untuk terus merokok.

Dengan bertekad berhenti merokok, anda akan merasakan manfaat yang luar biasa. Jika anda berhenti merokok maka kadar nikotin yang ada di dalam tubuh akan berkurang.

Baca juga : manfaat nikotin dan tembakau  pada rokok untuk kesehatan

Tak perlu terburu - buru, perlahan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Disarankan dalam sehari, anda bisa mengurangi jumlah merokok anda sedikit demi sedikit sampai suatu hari anda tidak mengonsumsi rokok sama sekali.


2. Tidur yang cukup


Sebuah studi menunjukkan bahwa seorang perokok mengalami gangguan tidur yang signifikan dibandingkan dengan orang non - perokok. Hal ini dipicu karena kandungan nikotin dalam tubuh. Untuk menghindarinya, anda harus meningkatkan kualitas tidur anda. Maksimal waktu tidur itu 8 jam per hari.


3. Minum banyak air


Langkah selanjutnya adalah mencukupi asupan cairan harian tubuh. Air terbukti mempunyai manfaat baik untuk hipersifikasi yang akan membantu membuang racun yang ada dalam tubuh anda.

Jumlah air yang harus anda konsumsi tergantung pada kesehatan, kondisi iklim dan keaktifan tubuh. Kebanyakan orang harus minum air sebanyak 8 gelas sehari.

Salah satu cara membuat tubuh anda membuang keluar nikotin adalah melalui urin. Minum banyak air meningkatkan buang air kecil sekaligus mempercepat pengeluaran nikotin dalam tubuh.


4. Makan sayuran setiap hari


Kegiatan merokok dapat menghancurkan sistem pencernaan anda secara perlahan. Ketika anda berhenti merokok, pencernaan tubuh anda akan menyesuaikan diri setelah perubahan. Hal ini bisa menyebabkan sembelit selama beberapa hari. Oleh karena itu, anda harus mengonsumsi sayuran untuk menghindari sembelit.


5. Meningkatkan asupan gizi


Nikotin dikenal untuk meningkatkan metabolisme tubuh saat bersitirahat. Hal ini berarti seorang perokok lebih banyak mengeluarkan energi saat bersitirahat daripada orang yang tidak merokok.

Hal ini menyebabkan nafsu makan anda berkurang. Sebuah survey dari 496 remaja perempuan menilai pelaku perokok terkait dengan penurunan berat badan dalam masa 3 tahun.

Sebuah studi dari bulima yang diterbitkan dalam jurnal of adult, berkurangnya porsi makan terjadi karena anda kekurangan nafsu makan yang bisa menyebabkan kehilangan nutrisi dalam tubuh dan gula darah anda menurun.


6. Hindari gula, kopi dan alkohol


Gula, kopi dan alkohol memiliki zat adiktif yang bisa mempengaruhi tubuh anda. Anda harus menghindari ketiganya untuk memaksimalkan pengeluaran nikotin dalam tubuh anda. Zat ini bida membuat anda lebih kecanduan dalam merokok dan memperburuk keadaan tubuh anda.


7. Mengonsumsi elektrolit


Elektrolit adalah mineral penting yang mengandung air dan membersihkan seluruh tubuh dan menjaga keseimbangan sel tubuh. Elektrolit berperan penting dalam mengeluarkan zat berbahaya dalam tubuh termasun nikotin.

Nikotin pada asap rokok memainkan peran penting dalam menurunkan jumlah elektrolit. Makan sayur dan buah yang kaya elektrolit seperti semangka, seledri, tomat, timun, jagung ubi jalar dan lobak akan membantu mengeluarkan nikotin dalam tubuh anda.

Baca juga : 9 manfaat ganja untuk kesehatan tubuh manusia


8. Latihan dan Olahraga


Jika anda sudah bertekad kuat untuk berhenti merokok dan ingin mengeluarkan nikotin dalam tubuh maka anda harus menyediakan waktu untuk olahraga. Efek dari melakukan olahraga ini untuk mengurangi kadar nikotin dalam tubuh. Sebuah studi mengungkapkan hubungan baik antara berhenti merokok dan mulai berolahraga.



Posting Komentar

0 Komentar