6 Cara Mudah Memelihara Kucing Untuk Pemula Tanpa Ribet

6 Cara Mudah Memelihara Kucing Untuk Pemula Tanpa Ribet




Kucing adalah hewan lucu dan menggemaskan, tingkah lakunya yang sering membuat kita tertawa membuat hati kita ingin mengurus si kucing ini. Banyak kucing liar yang bisa hidup mandiri tanpa harus di rawat. Berbeda dengan kucing ras yang membutuhkan makanan dan perawatan khusus untuk memenuhi kebutuhannya.

Memelihara kucing bukanlah hal yang mudah, membutuhkan tenaga dan biaya yang cukup dibantu dengan kesabaran saat menjalaninya karena anda pasti merasa kesal jika kucing peliharaan anda melakukan kesalahan atau merusak barang -barang.

Berikut cara mudah memelihara kucing untuk pemula tanpa ribet. Baca sampai akhir supaya anda bisa paham memelihara kucing dengan benar.


1. Suka dan peduli terhadap kucing 



Langkah pertama untuk memelihara kucing adalah anda harus menanamkan rasa cinta dan suka pada kucing. Tidak hanya kucing peliharaan saja tapi kucing lainnya di luar sana seperti kucing ras atau kucing domestik.

Jangan pelihara kucing karena sedang musim atau sedang trend. Tidak hanya kucing, anda harus menanamkan rasa kepedulian terhadap hewan lainnya supaya jiwa untuk memelihara mereka melekat dalam diri anda.


2. Izin dari orang tua untuk memelihara kucing



Ada perlunya izin ke orang tua terlebih dahulu untuk memelihara kucing. Jangan sampai anda sudah membeli kucing dan orang tua anda melarang membawa kucing ke dalam rumah. Kan jadi bingung, kucingnya mau dikemanain? 

Jika anda nge-kos sebaiknya minta izin ke bapak / ibu kos untuk memelihara kucing. Hal ini cocok untuk anda yang sendirian nge-kos dan butuh teman. Anda bisa memelihara kucing untuk menemani keseharian anda.

Tapi pastikan dulu bahwa semua biaya mulai dari peralatan, makanan dan perawatan si kucing harus terpenuhi. Jangan sampai anda sudah membeli kucing dan perawatannya asal - asalan maka si kucing pun tidak akan betah.


3. Biaya hidup si kucing



Memelihara kucing itu sama halnya dengan mengurus bayi. Harus diberi makan dan minum, di rawat, bila sakit di bawa ke dokter. Kalian harus siap mental dan fisik untuk memelihara kucing ini. Persiapkan perawatan, peralatan, makanan, tempat tidur untuk si kucing supaya kebutuhan si kucing bisa terpenuhi.

Persiapkan biaya untuk membeli peralatan baru bila rusak dan bawa ke dokter hewan bila si kucing sakit. Pelihara kucing sesuai dengan kemampuan anda. Anda bisa pelihara kucing dari low budget (harga rendah) sampai high budget (harga tinggi).

Hal itu bisa disesuaikan dengan ekonomi anda, asalkan jangan sampai kucing anda tidak terurus, kelaparan, kotor dan dekil. 


4. Tempat memelihara kucing



Persiapkan tempat peliharaan yang aman dan nyaman untuk si kucing. Jangan simpan kucing di tempat panas dan pengap karena kucing tidak akan betah di sana. Jika anda punya halaman rumah yang luas, anda bisa taruh kucing peliharaan anda di luar. Untuk ruangan kucing ini, tergantung dari jumlah kucing.

Jika anda pelihara kucing sampai puluhan, anda harus persiapkan ruangan yang luas dan nyaman untuk tempat si kucing. Tapi saya sarankan untuk pemula, sebaiknya pelihara satu kucing terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa dan mengerti langkah perawatan dan pemeliharaan kucing. Baru anda bisa pelihara puluhan kucing sekaligus.


5. Perlengkapan si kucing



Persiapkan perlengkapan si kucing untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari. Anda bisa mempersiapkan barang - barang di bawah ini untuk melengkapj kebutuhan si kucing :


A. Transport box



Kalian bisa pakai transport box untuk memasukkan kucing kesayangan anda untuk dibawa ke dokter hewan atau jalan - jalan. Jika tidak ada transport box, anda bisa memakai kandang kecil yang muat untuk si kucing.

Disarankan untuk menempatkan objek di dalam transport box atau kandang kecil seperti selimut kecil untuk si kucing yang akan membuatnya terasa nyaman. Saat pertama kali memasukan selimutnya pasti si kucing akan panik tapi lama - kelamaan si kucing akan bisa menggunakannya sendiri.

Jika si kucing buang air kecil atau besar di dalam transport box, anda bisa mengeluarkan selimut kecilnya lalu membersihkannya.


B. Toilet dan pasir



Saat si kucing sampai di rumah. Persiapkan toilet dan pasirnya untuk tempat kucing buang air kecil atau besar. Anda juga bisa membeli langsung alat untuk bersih - bersih seperti cat scop untuk mengambil kotoran kucing dan sapu kecil untuk membersihkan toilet si kucing. Jika anda ingin toilet si kucing sama seperti toilet manusia. Anda bisa beli alat untuk training kucing peliharaan.


C. Makanan



Hal penting yang harus kalian persiapkan untuk memelihara kucing adalah makanan. Anda bisa memberi makanan yang biasanya diberi oleh si peternak kucing atau anda bisa mencari makanan kucing yang cocok untuk kucing anda dan tentukan makanan apa saja yang akan diberikan untuk si kucing.


D. Tempat makan kucing



Jangan memberi makan kucing memakai piring yang biasa kalian gunakan untuk makan tapi gunakan tempat khusus untuk makan si kucing. Sebaiknya beli tempat makan kucing yang terbuat dari kaca karena mudah dibersihkan saat tempat makan kotor.

Jangan beli tempat makan kucing yang terbuat dari plastik meskipun harganya relatif murah tapi jika kalian memberi makanan yang basah untuk si kucing, anda akan kesulitan membersihkan tempat makan kucing karena terdapat sisa makanan yang menempel kuat dan bau makanan yang sulit hilang.

Anda bisa memberi alas pada bagian bawah tempat makan si kucing saat makanan atau minumannya tumpah, anda hanya membersihkan alasnya saja tanpa harus mengepel lantai.


E. Tempat tidur kucing



Hal yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah tempat tidur untuk si kucing. Kalian tidak mau kan kucing kalian tidur di lantai yang dingin. Persiapkan tempat tidur kucing yang nyaman dan memberikan rasa hangat atau si kucing bisa di tidur di kasur bersama anda.


F. Tempat untuk cakar - cakar si kucing 



Kalian gak mau kan kalau sofa atau tempat tidur kalian rusak karena jadi tempat untuk cakar - cakar si kucing. Untuk tempat cakar si kucing ini, anda bisa membeli keset yang bisa di cakar - cakar atau jika anda mempunyai isi dompet yang tebal, anda bisa membeli menara kucing untuk tempat bermain si kucing.

Batang pada menara kucing bisa dijadikan untuk tempat cakar - cakar dan mengasah kuku si kucing. Anda bisa membeli papan cakar yang bisa di tempel di dinding sehingga melindungi dinding rumah anda dari cakaran si kucing.


G. Alat - alat perawatan kucing



Anda harus persiapkan alat untuk perawatan si kucing sehari - hari seperti gunting kuku kucing, sisir untuk bulu kucing, shampo untuk mandi si kucing dan cairan pembersih telinga untuk membersihkan telinga si kucing.


H. Barang - barang lainnya



Barang - barang ini sebenarnya tidak wajib anda miliki tapi hanya sekedar alat untuk melengkapi peralatan perawatan kucing. 

- Anda bisa menambahkan kalung atau nama si kucing untuk memberikan ciri dan menghias penampilan si kucing.

- Anda bisa membeli roll pembersih untuk membersihkan baju, tempat tidur atau sofa yang terkena bulu kucing atau bisa menggunakan vakum cleaner untuk membersihkan barang yang terkena bulu si kucing

 - Anda bisa memberikan mainan khusus untuk bermain si kucing. Jika tidak, anda bisa membuat mainan sendiri dari kertas atau bahan lainnya yang aman untuk bermain si kucing.


6. Luangkan waktu bermain bersama si kucing



Anda merawat kucing anda juga harus memberikan waktu untuk memeriksa si kucing, mengajak bermain supaya ikatan kepedulian antara anda dan kucing peliharaan anda melekat. Sesibuk apapun, anda harus meluangkan waktu untuk bermain meskipun hanya beberapa menit.

Hal itu sangat berarti untuk kucing peliharaan anda. Jangan sampai kucing anda di kurung seharian, hanya di kasih makan, tidak pernah di ajak keluar. Kasihan atuh kucingnya :(

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga anda.

Baca juga : cara memperkuat mental yang lemah untuk menghadapi tantangan kehidupan

Posting Komentar

0 Komentar