5 Manfaat Buah Plum untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

5 Manfaat Buah Plum untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin


keperluan buah plum ibu hamil


Buah plum atau prem termasuk buah yang masih se-keluarga dengan buah persik dan almond. Buah ini belum banyak di tanam di indonesia dan saat ini buah plum mulai dibudidayakan masyarakat indonesia.

Buah plum memiliki bentuk kecil seperti buah ceri dilengkapi dengan rasa dan aroma yang enak dan berbagai manfaat yang terkandung untuk mencegah berbagai macam penyakit. Harga buah plum ini terbilang mahal yaitu sekitar Rp 150.000 / KG.

Buah plum ini mempunyai zat yang bermanfaat untuk kesehatan anda, diantaranya:

- Karbohidrat
- Lema
- Thiamin
- Serat
- Folat
-  Protein
- Niasin
- Asam
- Piridoksin
- Riboflavin
- Vitamin A
- Vitamin B

Buah plum juga memiliki kandungan polifenol yang tinggi yang memberikan kesehatan pada tulang dan mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung. Buah plum sangat cocok dikonsumsi untuk ibu hamil karena buahnya yang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk si janin.

Tapi jika anda mempunyai masalah kesehatan seperti ginjal maka ketika makan buah plum anda akan mengalami masalah fungsi ginjal. Buah plum dianjurkan dikonsumsi sewajarnya saja tidak berlebihan, cukup 2 buah plum kering per hari kecuali ibu hamil yang menderita sembelit maka kurangi konsumsinya.

Baca juga : 10 manfaat buah semangka untuk ibu hamil

Buah plum adalah buah yang segar dan mengandung banyak nutrisi. Buahnya yang  sangat lelezat menjadi daya tarik anda untuk mengonsumsinya.  Buah ini memiliki berbagai macam manfaat dan efek samping bila dikonsumsi oleh ibu hamil.

Buah ini cocok dikonsumsi untuk anda yang sedang menjalani masa kehamilan karena buah plum mengandung banyak nutrisi yang baik untuk si janin. Tapi, bagi  penderita masalah ginjal sebaiknya konsultasi dulu ke dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

Berikut adalah manfaat buah plum untuk ibu hamil yang harus anda ketahui:


1. Mengatasi wasir dan sembelit



Pada masa kehamilan, ibu hamil pasti sering mengalami wasir, sembelit atau kembung yang disebabkan oleh kadar hormon yang meningkat sehingga sistem pencernaan ibu hamil bekerja tidak maksimal.

Untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi buah plum karena buah ini mengandung banyak serat yang berfungsi mengatasi sembelit, wasir dan masalah pencernaan lainnya.


2. Mencegah berat badan naik



Anda bisa mencegah berat badan naik apabila mengonsumsi buah plum kering karena plum kering mengandung karbohidrat yang rendah dan bisa mengurangi asupan kalori berlebih.


3. Menghilangkan kelelahan



Buah plum ini mengandung zat kalium dan antioksidan yang bisa mengembalikan semua energi ibu hamil saat kelelahan. Anda bisa memperbanyak konsumsi buah plum setiap harinya untuk menjaga tubuh tetap fit.


4. Mengatasi anemia



Buah plum mengandung vitamin C yang berfungsi mempercepat penyerapan zat besi ke dalam tubuh dan si janin. Perbanyaklah mengonsumsi buah plum dalam masa kehamilan supaya memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh dan mengatasi anemia.


5. Menghindari kelahiran prematur



Buah ini memiliki kandungan magnesium yang banyak dan berfungsi melemahkan otot - otot sehingga bisa menghindari persalinan prematur dan kontraksi dini. Masalah yang akan timbul jika anda mengonsumsi buah plum secara berlebihan adalah Anda akan kekurangan asupan kalori sedangkan kalori sangat penting untuk memperkuat metabolisme tubuh anda.

Disarankan untuk mengonsumsi buah plum secukupnya dan lengkapi dengan asupan lainnya. Jika ibu hamil memiliki masalah pada penyakit, sebaiknya hindari konsumsi buah plum karena akan memperparah penyakit tersebut karena buah plum mengandung oksalat dan akhirnya bersatu dengan kalsium di ginjal dan akhirnya membentuk batu. 

Cara memilih buah plum yang bagus, sebaiknya amati dulu penampilan buahnya dari luar, pilih yang kulitnya masih bagus, utuh, berwarna merah segar, tidak lembek dan berukuran sedang.

Baca juga : 9 manfaat ganja untuk kesehatan tubuh manusia

Sebaiknya simpan buah plum pada kantong plastik untuk menjaga kesegaran buahnya. Jangan lupa konsumsi lebih banyak plum segar daripada yang kering karena plum segar lebih banyak manfaatnya dibandingkan dengan plum kering. Jangan konsumsi buah plum kering lebih dari 2 porsi karena bisa menyebabkan sembelit.   

Posting Komentar

0 Komentar