10 Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

10 Manfaat buah semangka untuk ibu hamil



Manfaat buah semangka untuk ibu hamil




Buah semangka adalah buah yang dianjurkan dikonsumsi untuk ibu hamil, buah semangka mengandung berbagai macam nutrisi di dalamnya untuk membantu perkembangan si janin.

Siapa yang tak kenal dengan buah semangka, buah yang berbentuk bulat ini memiliki rasa manis dan mengandung banyak air yang segar saat dimakan. Kandungan nutrisi yang beragam pada buah semangka akan memberikan efek baik pada kesehatan ibu hamil.




DAFTAR ISI:

1.Nutrisi buah semangka untuk ibu hamil
2.Cara menyajikan buah semangka untuk ibu hamil
3.Manfaat buah semangka untuk ibu hamil





Nutrisi Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Di dalam buah semangka terdapat 91% kadar air dan 7,5% kadar karbohidrat. Buah semangka tidak mengandung lemak dan protein, buah semangka juga mengandung sedikit kalori. Buah semangka mengandung kadar air yang tinggi sehingga memberikan efek baik bagi tubuh dan membantu ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi lebih banyak air dari biasanya.

Kandungan air pada buah semangka membantu pembentukan plasenta dan kantung ketuban dan juga sebagai pembentuk cairan ketuban. Jika ibu hamil kekurangan air maka akan menyebabkan dehidrasi serta kompikasi serius antara ibu dan janin.

Nutrisi buah semangka yang baik untuk ibu hamil:

Asam amino citrulline

Buah semangka mengandung banyak sekali Asam amino citrulline. Citrulline terdapat pada kulit putih semangka. Asam amino citrulline akan diubah menjadi asam amino esensialarginine. Citrulline bermanfaat menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah semangka untuk menjaga kesehatan janin.

Kalium

Buah semangka banyak mengandung kalium. Kalium merupakan mineral penting untuk ibu hamil karena membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga jantung tetap sehat. Jika ibu hamik kekurangan kalium akan menyebabkan kaki kram, lemas dan irama jantung tidak stabil. Ibu hamil dinajurkan mengonsumsi kalium sebanyak 4.700 MG / hari.

Vitamin C

Buah semangka juga mengandung vitamin c yang baik untuk ibu hamil. Vitamin c berfungsi untuk membentuk kolagen pada ibu hamil. Kolagen akan membentuk jaringan ikat seperti tulang, kulit dan tulang rawan. Vitamin C juga bisa memperbaiki jaringan tubuh, mempercepat penyerapan zat besi dan menjaga kesehatan kulit.

Vitamin B5

Buah semangka mengandung vitamin B5 yang membantu pembentukan hormon kehamilan pada ibu hamil. Ibu hamil disarankan mengonsumsi vitamin B5 sebanyak 6 MG / Hari.

Tembaga

Buah semangka mengandung tembaga yang berfungsi membentuk sel sarah merah pada ibu hamil. Ibu hamil disarankan mengonsumsi tembaga karena ibu hamil lebih banyak membutuhkan sel darah merah untuk janin. Ibu hamil membutuhkan asupan mineral tembaga sebanyak 1 MG / Hari.

Vitamin A

Buah semangka mengandung vitamin A yang baik untuk tumbuh kembang janin. Vitamin A membantu perkembangan paru-paru, mata, ginjal, jantung, tulang, peredaran darah, pernafasan dan sistem darah pusat.

Likopen

Semangka banyak mengandung likopen. Likopen bermanfaat bagi tubuh untuk membentuk beta-karoten yang akan diubah menjadi vitamin A. Likopen berfungsi baik untuk mencegah terjadinya preeklamsia dan juga mencegah ukuran tubuh bayi kecil saat lahir.

Cara menyajikan buah semangka untuk ibu hamil

Pertama-tama anda harus memilih semangka terlebuh dahulu. Pilih buah semangka yang kuat, bebas dari retakan. Ciri-ciri semangka yang matang adalah memiliki kulit yang mengkilap.

Jangan pilih buah semangka yang terlalu keras, berwarna putih dan hijau pucat. Buah semangka seperti ini kemungkinan rasanya asam.

Buah semangka bisa dikonsumsi langsung dengan mengupas kulitnya, atau diubah menjadi jus.

Buah semangka memiliki sedikit serat, sementara ibu hamil memerlukan kandungan serat dan nutrisi yang banyak. Agar semuanya terpenuhi konsumsi sayur dan buah saat masa kehamilan.

Manfaat buah semangka untuk hamil

Berikut adalah manfaat buah semangka untuk ibu hamil:

1. Mencegah dehidrasi

Semangka mengandung banyak air, jika dikonsumsi secara rutin maka ibu hamil akan terhidrasi dengan kandungan air pada buah semangka.

Jangan konsumsi buah semangka secara berlebihan, jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan kelebihan cairan pada ibu hamil sehingga ingin buang air kecil terus-menerus.

2. Meningkatkan sistem imun

Manfaat buah semangka yaitu untuk meningkatkan sistem imun pada ibu hamil. perubahan hormon pada masa kehamilan sering menyebabkan lemahnya sistem imun tubuh.

Buah semangka mengandung vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh pada ibu hamil.

3. Melancarkan proses pencernaan

Manfaat semangka untuk ibu hamil yaitu untuk melancarkan proses pencernaan pada tubuh. Buah semangka mengandung banyak air sehingga membantu melancarkan proses pencernaan ibu hamil.

4. Mencegah sembelit

Buah semangka juga bisa mengatasi sembelit pada ibu hamil. Perubahan hormon pada masa kehamilan menyebabkan beberapa masalah pada pencernaan termasuk juga konstipasi dan sembelit.

Dengan buah semangka yang banyak mengandung air akan membantu mengatasi berbagai macam masalah pencernaan termasuk konstipasi dan sembelit.

5. Melancarkan urine

Buah semangka bermanfaat untuk melancarkan aliran urine. Mengonsumsi buah semangka akan melancarkan aliran urine pada ibu hamil.

Ibu hamil disarankan mengonsumsi banyak kandungan air. Dengan mengonsumsi buah semangka akan memenuhi kekurangan cairan pada tubuh sehingga urine akan terasa lancar.

6. Mengurangi bengkak

manfaat buah semangka juga bisa untuk mengatasi bengkak pada masa kehamilan.

Dengan kandungan air pada buah semangka akan melancarkan sistem peredaran darah di sekitar pembuluh darah sehingga bisa berjalan dengan lancar, pembengkakan pun sedikit demi sedikit akan membaik.

7. Mencegah keram otot

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yaitu untuk mencegah keram otot.Ketika masa kehamilan mulai memasuki masa 6 bulan, perut akan terasa berat dan otot punggung pun akan mengalami keram karena menahan beban yang berat.

Cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi buah semangka. Buah semangka bisa memperlancar sistem peredaran darah dan cairan dalam tubuh sehingga keram akan mudah teratasi.

8. Pertumbuhan rangka janin

Buah semangka juga bisa menjadi pertumbuhan rangka bagi si janin. Ketersediaan nutrisi mineral pada tubuh akan membantu proses pertumbuhan tulang pada janin. Buah semangka memiliki kalium dan kalsium yang bermanfaat untuk membantu proses perkembangan janin.

9. Mencegah pigmentasi

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil adalah untuk mencegah terjadinya pigmentasi. Perubahan hormon pada masa kehamilan juga bisa menyebabkan pigmentasi di kulit.

Dengan mengonsumsi buah semangka yang mengandung zat pigmen pembentuk warna kulit akan membantu memulihkan sel kulit yang terkena pigmentasi.

10. Mengurangi morning stickness

Manfaat semangka untuk ibu hamil dan janin adalah mengurangi gejala morning stickness. Morning stickness adalah gejala yang sering dialami ibu hamil pada masa awal kehamilan.

Dengan mengonsumsi buah semangka secara rutin pada pagi hari akan membantu mengurangi gejala morning stickness pada ibu hamil.

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil ini akan membantu mengoptimalkan proses pertumbuhan janin dalam kandungan.

Demikian beberapa manfaat buah semangka untuk ibu hamil. Ingat, jangan mengonsumsi buah semangka berlebihan karena menyebabkan berbagai masalah pada tubuh seperti diabetes, masalah pada lambung. Maka konsumsi buah semangka secukupnya saja untuk membantu perkembangan si janin pada ibu hamil.




BACA JUGA:

Mengenal obat cefadroxil
12 Manfaat buah duku untuk kesehatan


Posting Komentar

0 Komentar