Bagaimana Proses Terbentuknya Bulan ?

Bagaimana Proses Terbentuknya Bulan ?

Bagaimana Proses Terbentuknya Bulan


Bulan adalah satelit bumi dan termasuk sateli ke -5 terbesar di tata surya kita. Bulan memiliki diameter 27%, kepadatan 60% dan massa 1⁄81 (1.23%).

Bulan berada pada lokasi sinkron dengan bumi, ia selalu memperlihatkan sisi yang sama pada bumi dengan sisi paling dekat ditandai oleh mare vulkanik gelap yang terdapat diantara dataran tinggi kerak dan kawah tubrukan.

Bentuknya bulat, berwarna abu - abu dan bercahaya terang. Bentuknya yang seperti bakso ini ternyata berjarak ratusan kilometer dari bumi.

Bulan sering di sebut dan di buat lagu oleh para musisi dan juga dijadikan lagu saat kita masih di taman kanak - kanak. Tapi, pernahkah anda berpikir kenapa sih bulan bisa terbentuk ? Bagaimana bulan bisa terbentuk ? Mari kita bahas.

Ternyata banyak teori tentang munculnya bulan ini. Salah satu teori menjelaskan bahwa jaman dahulu bumi pernah di tabrak oleh benda angkasa yang besar.

Hal itu membuat bentuk bumi miring 23° dan puing - puing sisa benturan antara bumi dan benda angkasa tersebut menyatu dan mengeras.

Dan akhirnya terbentuklah bulan yang mirip dengan bakso. Teori dibenarkan karena adanya mineral di bulan itu terbentuk dari serpihan mineral yang ada di bumi.

Sekarang kita sudah tahu bagaimana bulan bisa terbentuk. Dan selanjutnya apakah bulan bisa meninggalkan bumi. Jika bulan meninggalkan bumi maka pada malam hari akan terlihat sangat gelap karena hilangnya cahaya bulan dari bumi.

Tapi nyatanya tidak, bulan akan terus setia menemani bumi. Meski jarak bumi dan bulan terkadang sangat jauh dan kadang sangat dekat. Bulan tetap setia mengelilingi bumi setiap 27 hari sekali.

Tanpa kehadiran bulan maka tidak ada yang namanya gerhana, rotasi bumi menjadi tidak stabil, tidak ada pasang surut air laut dan yang paling penting manusia serigala akan sulit berubah karena cahaya bulan yang menghilang entah kemana.

Meskipun bulan terlihat kecil tapi bulan masih menyimpan banyak misteri yang belum bisa terpecahkan hingga saat ini. Mungkin anda yang bercita - cita menjadi astronot yang akan memecahkan misteri bulan.

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana Proses Terbentuknya Bulan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga.

Jangan lupa baca artikel lainnya di blog MagerSena untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar artikel ini.

Posting Komentar

0 Komentar