Seberapa Cepat Manusia Bisa Berlari

Seberapa cepat manusia bisa berlari

Pelari tercepat


Berlari merupakan kegiatan olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan. Olahraga berlari secara rutin bisa menyehatkan jantung,meredakan stres, memperkuat sendi dan lain - lain.

Tapi, apakah kalian tahu seberapa cepat manusia bisa berlari. Apakah manusia bisa lebih cepat dari harimau atau rusa. Mari kita bahas.

Kalau dilihat dari sejarah. Manusia yang mempunyai kecepatan lari yang luar biasa adalah Usain Bolt (Jamaika). Ia adalah juara World Athletics Championships 2009.

Ia mencatatkan rekor dunia dengan berlari sejauh 100 M hanya dalam waktu 9,58 Detik. Sungguh luar biasa bukan, anda berlari sejauh 100 M butuh waktu berapa detik. Apakah mampu untuk melampaui juara dunia ini.

Tapi, kita lihat lebih jauh lagi. Apakah manusia bisa berlari lebih cepat lagi dari itu. Jawabannya bisa karena dari zaman dahulu perlombaan lari sudah banyak diadakan.

Dan dari perkembangan zaman terdapat beberapa orang yang mencatat rekor sebagai sprinter tercepat. Pada tahun 1902 pria bernama Donald Lippincott berhasil mencatatkan rekor berlari 100 M dengan waktu 10,60 detik.

Jika dibandingkan dengan Usain Bolt, selisih waktu nya hanya beberapa second saja. Menurut seorang ahli yang bernama Jeremy Richmond (2012) meneliti bahwa batas kecepatan manusia berlari adalah 9,3 sec / 100 M.

Baca juga : Berapa lama manusia bisa tahan tidur

Wow, lebih cepat dari Usain Bolt. Mungkin di masa depan ada orang yang bisa mengalahkan kecepatan sprint Usain Bolt. Semoga saja ia orang indonesia.

Lalu, apa yang menyebabkan manusia bisa berlari secepat itu ?

Manusia bisa berlari cepat karena mempunyai serat otot. Tubuh manusia mempunyai 2 jenis serat otot.

1. Serat otot merah berfungsi untuk mengubah gula menjadi tenaga yang berguna untuk kekuatan dan ketahanan stamina.

2. Serat otot putih yang memiliki tenaga super besar tapi tidak tahan jika berlama - lama.

Tidak hanya itu, otot tubuh bagian atas juga harus diperkuat agar badan tetap seimbang. Itulah kenapa postur tubuh seorang pelari cepat ( sprinter ) dan pelari jarak jauh ( marathoner ) sangat berbeda.

Nah, untuk menambah kecepatan lari anda bisa melakukan latihan ketat, mengurangi waktu pijakan kaki, memperpanjang langkah dan jangan lupa jaga asupan nutrisi anda sehari - hari.

Hal ini berfungsi agar serat otot putih menjadi kuat dan bisa berlari dengan kecepatan tinggi.

Baca juga : Inilah penyebab kenapa langit berwarna biru

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga.

Jangan lupa baca artikel lainnya di blog MagerSena untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar artikel ini.

Posting Komentar

0 Komentar