6 Cara mudah Mengatasi tidak bisa Download Aplikasi di Play Store

6 Cara mudah Mengatasi tidak bisa Download Aplikasi di Play Store


TIDAK BISA DOWNLOAD DI PLAY STORE




Di play store terdapat banyak sekali aplikasi, game, film atau buku yang bisa kita download. Hal itu menjadi kepentingan tersendiri pagi pengguna android tapi play store kita juga akan mengalami masalah yang membuat kita kesal, mulai dari tidak bisa menginstall aplikasi, download kelebihan kapasitas, play store berhenti sendiri dan masalah lainnya.

pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tuntas tentang cara mudah mengatasi masalah pada play store.


1. Hapus aplikasi yang jarang digunakan



setiap android pasti memiliki banyak jenis aplikasi yang terinstall di dalamnya, tapi jika aplikasinya jarang dipakai untuk apa diinstall. Hal itu hanya akan memenuhi memori internal android saja lebih baik hapus atau uninstall aplikasi yang sudah jarang dipakai untuk memperbesar kapasitas internal android.

cara menghapus aplikasi:
masuk ke menu setting > aplikasi > pilih aplikasi yang ingin dihapus > copot pemasangan.


2. Bersihkan Cache di semua aplikasi android



Kebanyakan pengguna android tidak memperdulikan cache yang menumpuk pada aplikasi android padahal cache adalah sampah yang lama kelamaan akan menumpuk dan mengurangi kapasitas penyimpanan android, cache juga bisa menghambat kinerja android sehingga membuat android mengalami masalah teknis.

Cara menghapus cache pada aplikasi android:
setting > aplikasi > pilih aplikasi yang ingin dibersihkan > clear cache


3. Install aplikasi di play store lalu pindahkan ke kartu memori (eksternal)



Jika terdapat informasi "penyimpanan tidak cukup" maka android akan kurang efektif dalam menajalankan sistemnya, alangkah baiknya jika aplikasi yang terinstall di memori internal dipindahkan ke memori eksternal supaya mengurangi kapasitas pada internal android dan play store akan berfungsi kembali seperti semula.

Cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal:
setting > aplikasi > pilih aplikasi > pindahkan ke kartu SD


4. Uninstall Google Play Service



Jika play store bermasalah pasti ada masalah juga pada google play service, karena Play store dan play service berhubungan satu sama lain.

Cara uninstall google play service:
setting > aplikasi > pilih google play serice > clear data.

Setelah play service di uninstall anda bisa coba download aplikasi di play store, kalau masih tidak bisa anda harus melakukan cara di atas lagi dengan "uninstall update". Cara menonaktifkan play service yaitu dengan me-restart android anda setelah di restart cobalah download aplikasi di play store.


5. Hapus proxy di android



Jika cara-cara di atas tidak berfungsi, maka cara yang terakhir yaitu dengan menghapus proxy yang ada di pengaturan APN android

Cara menghapus proxy di android:
pengaturan > jaringan seluler > nama poin akses > pilih APN yang digunakan > hapus bagian kolom proxy dan port > simpan. Jika cara di atas sudah dilakukan maka cobalah untuk download aplikasi di play store.


6. Cara lainnya



Jika cara-cara di atas tidak berguna bahkan hanya membuang-buang waktu maka anda bisa mencoba untuk me-root android anda. Namun cara ini beresiko membuat android anda rusak, dan juga garansi resmi android akan hilang. Selain itu, root juga akan membuat harga android anda menjadi turun sehingga akan membuat anda rugi.

Cara lainnya juga anda bisa membawa android ke customer service terdekat di daerah anda, dan akan ditangani oleh yang lebih ahli.

 ^_^

BACA JUGA :

4 cara mudah mencari android yang hilang

Posting Komentar

0 Komentar