4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Ketika Sakit Tipes

4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Ketika Sakit Tipes

MAKANAN YANG DIHINDARI KETIKA TIPES

       Tipes atau bisa disebut dengan demam tifoid adalah infeksi yang menyerang sistem pencernaan akibat dari bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melewati makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi bakteri. Jika Anda mengalami penyakit ini, beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi untuk penyakit tipes.

Makanan yang disarankan untuk penyakit tipes :

      Tipes merupakan jenis penyakit yang menginfeksi sistem pencernaan, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lunak, lembek dan kalau bisa berkuah. Hal ini dilakukan agar makanan lebih mudah dicerna.

Pasalnya, sistem pencernaan yang mengalami tipes sedang dalam kondisi kurang baik dan butuh waktu pada proses penyembuhan, pemberiaan makanan yang lunak dan lembek juga untuk menghindari komplikasi perdarahan pada usus dan perforasi usus.

2. Makanan dengan tinggi protein

       Protein juga bermanfaat bagi tubuh karena mengandung sumber tenaga dan zat pembangun berfungsi pada pertumbuhan dan pemeliharan jaringan yang rusak, untuk orang yang mengalami tipes, asupan makanan tinggi protein wajib dikonsumsi karena untuk mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena protein mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat dari infeksi.

    Sumber protein yang bagus untuk penderita tipes di antaranya adalah daging ayam bagian dada, hati ayam, telur, ikan, tahu, dan tempe.

    Makanan ini sebaiknya dibuat lebih lunak dan berukuran kecil. Bisa merebusnya atau dibuat menjadi sup dan bisa juga dikukus. Hindari metode memasak dengan cara digoreng. Menggoreng makanan tersebut akan membuatnya lebih keras dan sulit sekali dicerna oleh pencernaan penderita tipes.

3. Makanan rendah serat

        Salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi sementara waktu oleh penderita tipes adalah mengonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi. Makanan yang mengandung serat tinggi sulit dicerna dan akan menyebabkan iritasi usus yang sudah meradang.

            Apabila ingin mengkonsumsi buah dan sayur, disarankan untuk mengonsumsi jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan serat yang lebih rendah. Jenis buah dan juga sayur rendah serat, tetapi memiliki vitamin dan juga mineral yang banyak comtohnya adalah kacang panjang, asparagus, buncis muda, tomat, brokoli, labu siam, wortel, pisang, melon, aprikot dan alpukat. Dan juga bisa mengonsumsi makanan yang rendah serat lainnya seperti pasta, nasi putih, kentang, roti tawar, dan lain sebagainya.

Makanan pedas harus dihindari oleh orang yang terkena tipes. Tipes membuat usus terluka akibat infeksi bakteri Salmonella Typhi.

Makanan pedas bisa membuat organ pencernaan seperti usus akan mendapatkan rasa panas sampai terjadi pembengkakan atau mungkin pendarahan. Kejadian ini tentu saja akan memperparah keadaan dan memperlambat proses penyembuhan dari penyakit tipes yang dialami.

Ada juga makanan dan minuman lain yang harus dihindari saat terkena tipes, yaitu :
Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti santan, gorengan, junk food, dan lain sebagainya.Makanan mentah, seperti sushi dan salad (tanpa direbus).Makan berbumbu tajam.Makan cepat saji.Minuman berkafein, soda dan alkohol. Dan jangan lupa penuhi juga asupan cairan

Tipes menimbulkan gejala diare, orang yang mengalami tipes rentan mengalami dehidrasi. Jangan lupa cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan perbanyak minum air putih. Minumlah setidaknya 6-8 gelas air per hari. Tapi, jika hal tersebut dirasa kurang, bisa juga minum lebih dari itu. minum setiap kali Anda merasa haus, sampai kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan baik dan akan terhindar dari risiko dehidrasi.

Posting Komentar

0 Komentar