100% Berhasil ! Inilah 10 Cara Mudah Agar Baterai Ponsel Awet Seharian

Baterai ponsel awet


Cara agar baterai ponsel awet seharian - Ponsel digunakan untuk media komunikasi, mencari informasi dan media hiburan saat waktu luang. Semua orang menggunakan 70% waktu mereka untuk mengoperasikan ponsel karena terdapat hal yang penting yang harus diselesaikan.

Seiring pemakaian ponsel yang berlebihan maka akan muncul masalah yang bisa mengurangi kegunaan ponsel seperti baterai yang cepat habis. Baterai smartphone yang cepat habis membuat anda jengkel karena waktu pemakaian yang sangat singkat.

Tenang saja, saya akan membagikan beberapa cara menghemat baterai ponsel supaya tetap awet seharian supaya anda bisa menambah waktu bermain ponsel.

1. Jangan sampai baterai habis total


Sebagian orang menerapkan kebiasaan ini yaitu membiarkan baterai smartphone habis sampai mati. Hal ini hanya berlaku bagi baterai ponsel tipe lama dan sangat berbahaya bagi tipe batetai ion lithium yang digunakan pada smartphone dan laptop saat ini.

Baterai modern di desain untuk kosong antara 300 - 500 siklus pengisian ulang tergantung dari jenis ponselnya. Menjaga smartphone tetap terisi akan memperpanjang siklus tersebut menjadi lebih lama.

Dengan menjaga HP tetap terisi maka anda bisa mengatasi kerusakan yang bisa melemahkan kemampuan baterai HP untuk menampung pengisian.

2. Memakai wallpaper sederhana


Wallpaper dan latar belakang yang sudah di atur sesuai selera adalah cara keren untuk menyesuaikan kepribadian ponsel anda. Tapi, tidak baik jika hal ini dikaitkan dengan memperpanjang umur baterai.

Wallpaper animasi dengan efek khusus akan menguras baterai tanpa manfaat yang nyata. Jika anda ingin baterai smartphone awet sepanjang hari maka gunakan gambar latar belakang yang menarik dan sederhana.

3. Kurangi kecerahan dan waktu mati layar


Penyebab baterai ponsel anda boros karena layar ponsel memakan lebih banyak daya dibandingkan bagian ponsel yang lain. Dengan menurunkan akan berguna untuk menghemat daya lebih, anda juga harus mematikan kecerahan otomatis untuk mencegah baterai berkurang secara drastis.

Perubahan intensitas cahaya secara terus menerus akan menguras daya dengan cepat. Anda kurangi waktu  layar mati otomatis dengan masuk ke aplikasi pengaturan > tampilan > tidur > ubah ke waktu paling cepat.

4. Matikan pembaruan otomatis


Banyak aplikasi yang menerapkan pembaruan otomatis saat sudah tersedia versi baru dari developer. Hal ini kadang berpengaruh pada baterai dan anda harus menonaktifkannya jika ingin menghemat daya baterai lebih.

Pengguna smartphone apple bisa menemukan penyetelan ini di bawah menu tab umum pada aplikasi pengaturan. Semantara pada smartphone android sedikit lebih sulit karena membutuhkan penjelajahan pada aplikasi pengaturan.

5. Gunakan Wi- Fi dengan bijak


Anda sering menggunakan wifi sebanyak mungkin maka bisa mengurangi pengeluaran dana bulanan. Tapi, hal ini bisa mengurangi umur baterai smartphone. Kapan saja wifi menyala tapi tidak terhubung maka membuat smartphone mengaktifkan energi untuk mencari sinyal wifi.

Hal ini terutama berlaku saat anda dalam perjalanan dan melewati banyak sinyal wifi sehingga smartphone bekerja sangat keras dan umur bateraimu menjadi cepat habis dan akhirnya drop.


Wifi adalah cara terbaik untuk menghemat daya saat anda tidak berpergian. Wifi rata - rata menggunakan 40% lebih sedikit energi daripada jaringan 4G sehingga anda harus menyalakan wifi saat tinggal di suatu tempat.

6. Menyimpan smartphone saat baterai 50%


Anda mungkin sering mendengar dari teman bahwa mengecas smartphone semalaman bisa merusak kondisi baterai. Ternyata, hal ini tidak sepenuhnya benar. Baterai modern saat ini jika sudah mencapai pengisian 100% maka ponsel akan menghentikan arus pengisian.

Menyimpan smartphone dalam keadaan baterai 100% dapat membuat arus baterai tidak stabil seiring waktu. Beberapa menit dibiarkan tidak akan merusak baterai, jika anda mempunyai ponsel yang sudah tidak terpakai selama berhari - hari cukup cas ponsel sampai 50% saja.

7. Gunakan mode hemat daya


Sudah banyak smartphone modern yang sudah menerapkan fitur hemat daya agar baterai lebih awet dan terjaga. Mode ini secara otomatis akan mengubah berbagai pengaturan yang sudah diterapkan seperti aplikasi latar belakang dan kecerahan.

Jika anda punya smartphone yang lebih baru dengan layar OLED maka menggunakan aplikasi mode gelap akan mengurangi penggunaan baterai dan smartphone menjadi terlihat keren sekaligus mencegah ketegangan mata.

8. Aktifkan mode pesawat


Sudah jelas bahwa mematikan ponsel akan menghemat daya sampai kapanpun. Tapi, bukan itu cara tepat untuk menghemat daya smartphone. Setiap hari pasti ada aplikasi yang dibutuhkan secara cepat tanpa menunggu lama.

Sebaiknya, anda nyalakan mode pesawat pada ponsel sebelum menyalakan mode tidur. Mode tidur berfungsi untuk mengatur interaksi jaringan walaupun dalam keadaan tidur dan mode pesawat berfungsi untuk mengursngi konsumsi daya sebanyak 2/3 baterai.

9. Jangan gunakan pengisian daya cepat


Smartphone kini sudah dilengkapi dengan mode isi daya cepat supaya pengisian baterai bisa cepat penuh dalam waktu yang singkat. Anda juga bisa membeli kabel khusus untuk mengisi baterai dari 0% sampai 100% dalam beberapa menit saja.

Cara ini bagus untuk mengurangi ketidaknyamanan. Tapi, anda harus tahu bahwa hal ini bisa memperpendek umur baterai smartphone saat menggunakannya. Baterai bekerja menggunakan listrik untuk memicu reaksi kimia di dalam baterai itu sendiri.

Dengan mengecas terlalu cepat membuat proses kimia yang masuk ke baterai kurang efisien. Hal ini dapat mengurangi jumlah energi yang bisa disimpan sampai 20% sisa siklus pengecasan ponsel.

10. Jaga suhu ponsel


Anda pasti pernah mengalami ponsel yang terasa sangat panas. Pada suhu di bawah 0°C udara dingin akan menghambat reaksi di dalam baterai sehingga menurunkan jumlah daya yang dspat di simpan.


Anda bisa memperoleh pengisian lebih pada suhu di atas 45°C maka biasakan hal ini untuk menjaga kesehatan baterai anda. Jika ponsel panas dengan sendirinya maka anda sudah menggunakan banyak daya sekaligus yang akan menjadi masalah besar.

Posting Komentar

0 Komentar