5 Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Android dan Membuat Sinyal Tetap Stabil

5 Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Android dan Membuat Sinyal Tetap Stabil


Gambar sinyal


Cara mempercepat koneksi internet android dan membuat sinyal tetap stabil - Sinyal menjadi pengaruh terbesar dalam menjelajahi dunia internet. Kekuatan sinyal yang lemah membuat kegiatan berselancar dunia maya kita menjadi terganggu dan terkadang membuat kita kesal dengan sinyal lemah ini.

Setiap smartphone mempunyai kekuatan yang berbeda - beda dalan hal mengatur sinyal. Anda perlu mengenali tipe smartphone apa yang memiliki daya tangkap sinyal yang tinggi. Tidak heran jika kecepatan jaringan 4G satu ponsel dengan ponsel lain sangat berbeda.

Untuk mengatasi kekurangan ini, saya akan membagikan beberapa cara untuk mempercepat koneksi internet ponsel sekaligus membuat kekuatan sinyal tetap stabil. Caranya sangat mudah, anda hanya mengubah APN, menginstall aplikasi, masuk ke menu tertentu dan memakai alat sederhana yang tersedia di rumah anda. Oke langsung saja berikut caranya.


1. Mengubah APN kartu sim



Cara pertama, anda bisa mengubah APN di kartu sim untuk mengubah pengaturan sinyal menjadi lebih baik.

Caranya, anda masuk ke aplikasi pengaturan > lainnya > jaringan seluler > pilih kartu sim > nama titik akses (APN) > pilih APN utama pada kartu sim > ubah bagian APN menjadi internet > pilih simpan.

Atau menggunakan settingan APN lain yaitu di bagian APN diubah menjadi "foma01.wi-gate.net". Pada bagian username ubah menjadi "wg@sim", di bagian password "wg", di bagian authentication type pilih " PAP or CHAP" dan terakhir pada bagian APN type ubah menjadi "default,supl".


2. Menggunakan aplikasi penguat sinyal



Anda bisa memakai aplikasi penguat sinyal sebagai media untuk memperkuat koneksi internet supaya tetap stabil. Aplikasi yang saya rekomendasikan adalah HSPA+ Tweaker yang bisa anda download melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD

setelah anda install aplikasinya, silahkan buka dan langsung menjalankannya dengan menekan tombol bulat besar pada menu utama aplikasi. Maka secara otomatis aplikasi akan bekerja dan memperkuat sinyal dengan cepat, jika daerah kalian susah sinyal biasanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Baca juga : cara mengirim file dengan password di aplikasi whatsapp dengan mudah dan cepat

Aplikasi kedua yang saya rekomendasikan adalah AntennaPict yang bisa anda download melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD

setelah download, anda install dan buka aplikasinya. Pada menu utama, anda centang bagian AntennaPict Layanan maka akan muncul perubahan pada bar sinyal anda dan terlihat di menu tersebut kekuatan sinyal yang ditangkap oleh ponsel.

Dengan menjalankan aplikasi tersebut dan membiarkannya berjalan di latar belakang akan membuat sinyal anda menjadi kuat, anda bisa mengetes kekuatan sinyal dengan memutar beberapa video di youtube.


3. Memakai aplikasi termux



Mungkin kalian sudah kenal aplikasi yang satu ini. Aplikasi termux bisa kita manfaatkan untuk mengecek kondisi koneksi internet dengan melakukan perintah ping. Jika perintah ping ini dilakukan secara terus menerus maka koneksi akan stabil dengan sendirinya.

Pertama, silahkan anda download aplikasi termux melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD

Setelah install silahkan buka aplikasinya. Pada menu utama kalian bisa memberikan perintah untuk menjalankan setiap tools yang tersedia. Anda ketikkan "ping 8.8.8.8" lalu tekan enter maka akan muncul proses pengecekan koneksi, proses ini terjadi terus menerus. Jadi, anda harus menjaga aplikasi termux ini tetap berjalan di latar belakang ponsel supaya sinyal tetap stabil.


4. Melalui menu pengujian



Anda bisa mencoba menjaga sinyal tetap stabil di mode jaringan 3G atau 4G supaya koneksi internet bisa berjalan tetap dan tidak berubah - ubah. Caranya silahkan masuk ke aplikasi telepon > ketikkan "*#*#4636#*#*" maka akan muncul menu menguji > di menu ini, anda pilih informasi telepon > pilih menu jenis jaringan ke LTE only (tetap di jaringan 4G atau WCDMA only (tetap di jaringan 3G).

Dengan menerapkan jaringan seperti ini, maka jenis jaringan tidak akan berubah - ubah seperti yang sudah ditetapkan pada pengaturan tadi. Jadi, jaringan anda tidak akan berpindah ke 4G walaupun jaringan 3G sudah sangat kuat di daerah anda.


5. Cara memperkuat sinyal dengan alat sederhana



Selain dari aplikasi dan APN, anda bisa memperkuat sinyal ponsel menggunakan alat sederhana yang ada di rumah. Pertama, anda siapkan silet, 2 buah magnet dan kertas alumunium.

Jika semua alat sudah disediakan. Langkah pertama adalah menggosokkan magnet pada permukaan silet selama 2 - 3 menit. Setelah itu, ganti ke permukaan silet lainnya dengan magnet yang lain lalu gosokkan magnet dengan durasi yang sama.

Kemudian, anda buka kertas alumuniumnya dan robek menjadi bagian yang lebih besar dari silet (jangan terlalu besar). Bungkus silet dengan kertas alumunium dan tempatkan pada casing ponsel, anda bisa menggunakan double tip untuk merekatkannya.

Terakhir, anda pasang casing pada ponsel dan nyalakan. Maka kekuatan sinyal ponsel akan meningkat karena fungsi silet dan alumunium adalah menarik elemen sinyal yang ada di sekitar supaya bisa lebih dekat dan cepat terdeteksi oleh ponsel.


Pasang bungkus silet tersebut ke badan baterai atau casing


Cara kedua adalah menggunakan bungkus rokok. Bagi anda yang suka merokok diharapkan jangan membuang bungkusnya karena bisa dijadikan alat untuk memperkuat sinyal. Caranya silahkan ambil kertas yang ada di dalam bungkus rokok > kalian lipat menjadi bentuk persegi panjang > tempatkan di bagian port sinyal ponsel berada > terakhir, anda perkuat dengan menutupnya dengan casing dan nyalakan ponselnya.

Baca juga : cara mudah mengatasi android yang sering mati dan nyala sendiri

Fungsi kertas rokok ini sama yaitu menarik elemen sinyal di sekitar supaya lebih cepat terdeteksi dan dimanfaatkan oleh ponsel.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk baca artikel lainnya di blog MagerSena untuk mendapatkan informasi dan tutorial bermanfaat lainnya.

Posting Komentar

1 Komentar