Cara Mudah Memperbaiki Touchscreen / LCD Smartphone yang Bergerak Sendiri

Cara Mudah Memperbaiki Touchscreen / LCD Smartphone yang Bergerak Sendiri


Cara Memperbaiki LCD yang bergerak sendiri


Benda apa yang paling sering kalian pegang ? Ya, itulah smartphone, ponsel canggih yang selalu dibawa kemana - mana karena manfaatnya yang begitu besar bagi kelangsungan hidup. Smartphone sudah hampir dipunyai seluruh kalangan mulai dari anak - anak, kaula muda sampai orang tua pun memakai smartphone untuk kebutuhan mereka.

Smartphone mempunyai banyak manfaat diantaranya adalah belajar, bekerja, mencari informasi dan hiburan. Dari tahun ke tahun smartphone pun semakin canggih dan berperan penting dalam hidup manusia.

Secanggih - canggihnya smartphone pasti akan terjadi error atau masalah sewaktu - waktu. Masalah tersebut akan terjadi karena kita tidak apik dalam menggunakan smartphone. Termasuk pada artikel ini, saya akan membahas masalah yang sering dialami para pengguna smartphone yaitu layar LCD yang selalu bergerak atau tertekan sendiri.


Penyebab touchscreen smartphone bergerak sendiri



Penyebab kenapa touchscreen smartphone sering bermasalah terutama sering bergerak sendiri padahal tidak kita sentuh. Hal ini dikarenakan penggunaan charger yang tidak sesuai dengan ponsel dan charger original yang sudah rusak.

Charger yang tidak sesuai dengan smartphone anda bisa menyebabkan LCD anda menjadi error dan sering tekan - tekan sendiri. Hal ini terjadi karena charger yang dipakai smartphone bukanlah charger bawaan sehingga menimbulkan masalah pada ponsel.

Jutaan orang tidak menyadari bahwa penyebab dari touchscreen yang sering bergerak sendiri adalah sering menggunakan charger lain atau bukan bawaan. Charger lain menyebabkan arus listrik yang berbeda masuk ke dalam baterai smartphone sehingga komponen perangkat menjadi tidak stabil.

Baca juga : 4 cara ampuh mengatasi android yang suka install aplikasi sendiri

Cara mengatasinya adalah dengan mematikan smartphone selama 5 - 10 menit. Setelah itu, nyalakan smartphone kembali jika masih bergerak sendiri maka paksakan untuk melakukan kegiatan di smartphone, seperti main game, buka facebook dan buka youtube maka seiring waktu, touchscreen akan berjalan dengan baik.

Ada beberapa penyebab lain yang membuat touchscreen smartphone bergerak sendiri, diantaranya smartphone yang sering panas, memori yang penuh dan firmware atau bug.

Smartphone yang sering panas disebabkan oleh kinerja ponsel yang bekerja terlalu keras sehingga smartphone terasa panas dan akhirnya sering terjadi ghost touching. Bagian chipset dan cpu menurun sehingga respon terhadap ponsel lambat.

Touchscreen yang bergerak sendiri juga bisa disebabkan oleh memori internal yang penuh. Pengguna smartphone pasti sudah tahu bahwa mengisi penuh memori ponsel dengan file yang kita inginkan itu tidak baik.

Biasanya, mereka hanya menyisakan beberapa MB saja untuk penyimpanan internal. Padahal itu akan membuat kinerja smartphone menjadi terganggu, termasuk LCD yang bergerak sendiri. Cara mengatasinya adalah memindahkan file anda ke memori eksternal untuk memberikan ruang bagi memori internal.


Cara memperbaiki touchscreen / LCD yang bergerak sendiri



LCD yang bergerak sendiri atau nama kerennya ghost touch adalah pergerakan pada layar LCD dengan sendirinya tanpa kita gerakkan. Cara memperbaiki masalah ini sangat mudah. Jika touchscreen smartphone tidak pecah, anda tidak perlu membawanya ke tukang service karena anda bisa memperbaikinya di rumah.


1. Masalah pada pelindung layar



Pelindung layar seperti tempered glass, anti gores dan sejenisnya bisa menyebabkan masalah serius pada touchscreen anda. Biasanya orang yang baru membeli smartphone akan langsung memasang pelindung layar.

Tapi, anda harus hati -hati karena pelindung layar yang pemasangannya tidak pas, terpasang terlalu keras bisa menyebabkan layar LCD anda tertekan kemudian bergerak sendiri (ghost touch). Cara mengatasinya adalah melepas pelindung layar dan coba geser - geser di layar smartphone, apakah masih terjadi error atau tidak. Jika masih error, anda harus membawanya ke tukang service.


2. Kalibrasi touchscreen



Jika touchscreen masih ada bagian yang bisa disentuh dan tidak atau masih bisa disentuh tapi tidak beraturan. Anda bisa mengunakan beberapa aplikasi kalibrasi touchscreen yang bisa anda install secara gratis di playstore. Aplikasi kalibrasi touchscreen ini akan memberikan solusi untuk bagian touchscreen yang bermasalah. Beberapa aplikasi kalibrasi touchscreen yang bisa anda coba adalah :

Kalibrasi layar sentuh
Touchscreen perbaikan
Reparasi piksel mati untuk layar sentuh


3. Cek touchscreen smartphone



Layar LCD yang tertekan sendiri bisa disebabkan oleh touchscreen yang ditekan atau disentuh terlalu keras. Anda harus mengecek keadaan touchscreen smartphone anda apakah rusak parah atau rusak biasa. Jika touchscreen rusak parah, jangan coba - coba untuk memperbaikinya sendiri, lebih baik bawa ke tukang service.


4. Cara lainnya



Cara yang satu ini menggunakan bahan yang biasanya ada di rumah yaitu korek api. Pertama - tama siapkan korek api dan coba anda setel apinya ke sedang (jangan terlalu kecil dan besar). Lalu siapkan smartphone anda, lihat bagian mana yang LCD nya error.

Jika sudah langsung saja panasi bagian layar tersebut dengan korek api sambil di gerak - gerakkan supaya mencegah kerusakan komponen. Biasanya layar akan bereaksi dan  lama - lama layar akan berjalan normal dan tidak tertekan kembali. Jika belum berhasil, coba cara ini sampai 3 kali.


5. Service smartphone anda



Jika cara - cara di atas tidak membantu sama sekali, maka jalan satu - satunya adalah membawa smartphone ke tukang service untuk diperbaiki oleh ahlinya. Biaya yang dikeluarkan biasanya tergantung dari tingkat kerusakan touchscreen.

Kesimpulannya, anda harus menjaga baik - baik smartphone anda supaya awet dan tidak gampang rusak, dan juga hindari penyebab yang bisa merusak touchscreen anda.

Baca juga : mau buat aplikasi ! Beginilah cara membuat aplikasi android dengan mudah tanpa harus jago coding

Posting Komentar

0 Komentar