Inilah Cara Mengatasi Gondongan Dengan Bahan Alami yang Ampuh !!!

Inilah Cara Mengatasi Gondongan Dengan Bahan Alami yang Ampuh !!!


Pengobatan gondongan dengan bahan alami



Gondongan merupakan pembengkakan yang terjadi pada bagian kelenjar parotis yang diakibatkan oleh infeksi virus paramyxovirus. Penyakit gondongan termasuk penyakit menular yang banyak diderita oleh anak - anak.

Ciri gondongan terdapat pada bagian wajah penderita yang terlihat lebih besar. Pembengkakan ini ada pada kelenjar parotis yang berfungsi untuk memproduksi air liur yang bertempat di bawah telinga. 

Gondongan bisa menyebar ke seseorang dalam waktu beberapa hari saja. Anda harus melakukan upaya pencegahan untuk menghindari penyebaran penyakit ini, yaitu dengan menjalani imunisasi bagi anak - anak di atas usia 1 tahun dan menghindari kontak langsung dengan penderita gondongan.

Penyebaran virus gondongan berasal dari percikan ludah yang dikeluaran pederita dari bersin atau batuk. Seseorang bisa tertular gondongan dari peralatan makan yang sudah digunakan penderita atau menyentuh perlengkapan yang sudah terkena virus gondongan.

Orang yang sehat bisa terkena penyakit gondongan ini jika percikan ludah penderita masuk ke dalam mulut atau hidung baik secara langsung atau melalui perantara. Masa rawan penularan gondongan adalah 5 hari setelah pembengkakan muncul dan beberapa hari sebelum kelenjar parotis.

Baca juga : hanya 30 menit !!! Cara mudah mengatasi muka merah dengan cepat

Penularan virus paramyxovirus  dari penderita ke orang sehat bergerak dengan cepat. Virus itu akan masuk melalui saluran pernafasan, virus tersebut akan berkembang biak, menetap lalu menginfeksi kelenjar parotis sampai bengkak.


Gejala gondongan



Gondongan biasanya akan muncul 15 - 25 hari setelah infeksi virus masuk ke tubuh. Gejala gondongan ditandai pembengkakan pada sisi wajah atau pipi, hal ini karena kelenjar parotis yang membengkak sehingga mempengaruhi wajah. Setelah kelenjar parotis membengkak, biasanya akan muncul gejala lain diantaranya :

1. Mulut kering
2. Sakit perut
3. Sakit kepala
4. Lelah
5. Nafsu makan hilang
6. Nyeri sendi
7. Demam dengan suhu tinggi
8. Nyeri saat mengunyah makanan


Diagnosis gondongan



Untuk diagnosis penyakit gondongan, anda harus pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik pada suhu tubuh dan mulut untuk melihat kondisi amandel. Tes darah juga perlu dilakukan untuk memerangi virus gondongan dan  mendeteksi antibodi tubuh.

Penyakit gondongan bukan termasuk penyakit yang serius tapi seseorang harus memeriksakan anak atau diri mereka ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Pemeriksaan bertujuan untuk  membedakan gejala gondongan dengan infeksi lain seperti radang amandel.


Pengobatan gondongan



Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan gondongan, gondongan bisa pulih pada saat sistem kekebalan tubuh berhasil mengatasi infeksi yang terjadi. Ada beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi penyakit gondongan, antara lain :


1. Kunyit



Selain jahe, bahan alami untuk mengatasi gondongan adalah kunyit. Kunyit adalah salah satu bahan yang mudah didapatkan dan di setiap rumah pasti ada kunyit. Caranya campurkan kunyit sebesar jari telunjuk dengan bubuk margosa lalu aduk sampai membentuk pasta kemudian oleskan pada bagian yang bengkak.


2. Jahe



Tanaman yang satu ini bermanfaat untuk mengatasi gondongan. Cara penyajiannya yaitu dengan menumbuk jahe dan mengoleskannya pada area yang terkena gondok. Selain itu, anda bisa menuangkan jahe yang telah dihaluskan pada kain kassa lalu menempelkannya di area yang bengkak.


3. Bunga sepatu



Jika anda menanam bunga sepatu di pekarangan rumah maka anda bisa memanfaatkannya sebagai obat alami penyakit gondongan. Caranya gunakan daun atau bunga sepatu seberat 30 Gram kemudian rebus dalam 400 ML air, tunggu sampai air mendidih dan air tinggal setengahnya. Cara ini bisa anda lakukan sebanyak 3 × sehari dengan porsi 200 ML sekali minum.


4. Daun tapak dara



Tanaman yang satu ini dpercaya sebagai obat alami untuk mengatasi gondongan dengan ampuh. Anda bisa membuat ramuan alami dengan daun tapak dara ini. Caranya siapkan daun tapak dara sebanyak 1 genggam lalu tumbuk sampai halus. Kemudian tempelkan tumbukan daun tapak dara ke bagian yang terkena gondongan dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasik yang maksimal.

Baca juga : 6 cara membuat lesung pipi dengan teknik paling mudah


5. Daun belimbing wuluh



Buah dengan rasa asam ini dipercaya masyarakat sebagai obat gondongan yang alami dan ampuh. Bahan yang digunakan adalah daunnya, caranya yaitu dengan menyiapkan 10 lembar daun belimbing wuluh dan 4 buah bawang putih. Setelah itu, tumbuk sampai halus kedua bahan tersebut dan oleskan pada bagian gondongan.


6. Blau



Pada umumnya blau digunakan untuk memutihkan gigi tapi blau ini bisa digunakan untuk mengatasi gondongan dengan ampuh. Caranya adalah mencampurkan bubuk blau secukupnya dengan air hangat. Kemudian oleskan ke daerah yang terkena gondongan.

Minum air putih bisa membantu  mencegah dehidrasi selama gondongan yang dialami. Memenuhi kebutuhan cairan juga bisa melancarkan metabolisme tubuh. Gondongan membuat tenggorokan sakit saat mengonsumsi makanan atau minuman.

Hal itu membuat penderita malas untuk makan dan minum. Mengonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya sangat disarankan untuk penderita gondongan.

Untuk orang yang tidak mendapatkan vaksin saat balita, cara menanganinya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh, menggunakan tisu saat batuk atau bersin, tidak berbagi peralatan mandi dan makan untuk mencegah penularan virus dan memakai masker.

Penderita gondongan tidak boleh keluar rumah selama 5 hari setelah gejala pertama. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit kepada orang lain.

Penderita gondongan sebaiknya banyak beristirahat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghentikan penyebaran virus gondongan dan jangan berpergian ke luar rumah. Gondongan akan menular sangat cepat saat awal gejala.

Perhatikan juga sumber makanan, anda bisa mencoba makanan yang lunak seperti  sup, yoghurt, kentang dan makanan lain yang tidak sulit untuk dikonsumsi. Pemilihan makanan yang tepat untuk penderita gondongan akan menurunkan komplikasi dan mempercepar proses penyembuhan.

Hindari makanan asam seperti  jeruk karena bisa memperbanyak produksi air liur dan memperlambat proses penyembuhan.

Bentuk penanganan lain untuk penderita gondongan adalah mengonsumsi obat pereda sakit seperti paracetamol dan ibuprofen. Penyembuhan penyakit gondongan membutuhkan waktu sekitar 1 - 2 minggu, penderita harus banyak beristirahat sampai gejala gondongan mereda.

Jangan mengonsumsi jus buah saat terkena gondongan, memang jus buah mengandung banyak vitamin dan mineral. Tapi jus buah untuk penderita gondongan bisa menyebabkan  kelenjar partoid terkena dehidrasi.

Pada saat kelenjar partoid terkena dehidrasi, aliran darah menjadi tidak lancar dan menambah rasa ngilu dan nyeri pada bagian gondongan.


Komplikasi gondongan



Penyakit gondongan ini bisa mengakibatkan dampak yang serius seperti radang pankreas, radang selaput otak dan pandangan pada testis. Jika gondongan tidak kunjung membaik dengan perawatan di rumah maka anda harus pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Virus gondongan bisa masuk ke cairan serebrospinal yang melindungi sistem saraf otak dan tulang belakang. Selain itu, virus gondongan juga bisa menyebar ke bagian indung telur, testis dan pankreas. Berbagai komplikasi yang akan muncul jika virus gondongan meyebar antara lain :


1. Radang otak



Radang otak harus dilakukan perawatan darurat di rumah sakit, meskipun komplikasi ini jaeang terjadi tapi bisa berakibat fatal bagi penderitanya. 


2. Orchitis



Pengobatan untuk mengurangi gejala ini adalah mengonsumsi obat pereda sakit (paracetamol dan ibuprofen), mengompres bagian bengkak dengan air hangat dan memakai celana dalam yang nyaman saat digunakan.

Peradangan testis biasanya dimulai sekitar 4 - 8 hari setelah penderita mengalami pembengkakan kelenjar parotis yang sudah mencapai usia pubertas.


3. Meningitis virus



Meningitis virus menyebabkan gejala ringan dan bisa sembuh dengan mudah, biasanya 1 - 2 minggu. Komplikasi ini disebabkan oleh virus yang berbeda dengan meningitis yang biasanya mengancam nyawa manusia. Gejala lain dari meningitis virus adalah sensitif terhadap cahaya, leher terasa kaku dan sakit kepala.


4. Pembengkakan indung telur


Ovarium atau pembengkakan indung ini dapat terjadi sesudah virus gondongan berhasil diatasi, pembengkakan terjadi pada  wanita penderita gondongan setelah masa pubertas.

Baca juga : manakah waktu terbaik untuk mengonsumsi susu ? Pagi atau malam


5. Pankreatitis akut



Untuk komplikasi pankreatitis akut sebaiknya melakukan perawatan di rumah sakit sampai penderita pulih. Komplikasi ini ditandai dengan nyeri secara tiba - tiba di bagian tengah perut dan gejala lainnya seperti demam, mual, nafsu makan hilang dan diare.

Untuk pencegahan penyakit gondongan sendiri, harus memberikan imunisasi MMR pada anak - anak. Pemberian vaksin dilakukan sebanyak 2 kali yaitu saat anak berusia 1 tahun dan 5 tahun.

Posting Komentar

0 Komentar