Ingin Menjadi Pebisnis, Kenali 7 Proses Dimulainya Bisnis Besar

Ingin Menjadi Pebisnis, Kenali 7 Proses Dimulainya Bisnis Besar


7 proses dimulainya bisnis besar


Apakah anda ingin menjadi seorang pebisnis. Banyak pebisnis yang sukses dan menikmati hidup mereka dari apa yang diperjuangkan di masa sebelumnya. Hal itu mungkin menjadi inspirasi anda.

Contoh pebisnis sukses adalah Bill Gates, beliau adalah pencipta microsoft yang saat ini dikenal di seluruh dunia. Kemudian ada Mark Zuckerberg, ia adalah pendiri facebook yang saat ini hampir dipakai setiap orang di seluruh dunia.

Apa anda terinspirasi dari mereka untuk menjadi seorang pebisnis sukses. Lalu bagaimana sih proses dimulainya bisnis besar seperti microsoft dan facebook.

Di zaman sekarang ini, ada 2 konglomerat besar dunia yaitu Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Apakah Bill Gates mempunyai modal besar untuk memulai bisnisnya yang besar itu ? Salah. Anda jangan mempunyai pikiran bahwa modal itu adalah faktor utama dari sebuah bisnis.

Bill Gates memulai bisnis pertamanya itu dari garasi rumahnya. Beliau rajin membuat program, membangun bisnisnya sampai microsoft dikenal di seluruh dunia saat ini. Bill Gates lahir dari orang tua yang tidak punya apa - apa. Tapi, dari situlah ia membangun kerajaan bisnisnya.

Konglomerat besar dunia yang kedua adalah Mark Zuckerberg. Mark memulai membangun facebook itu dari rumah kosnya. Ia rindu dengan teman - teman SMA dan ingin bertemu kembali. Tapi tidak hanya Mark yang rindu dengan teman - teman waktu SMA. Terdapat lebih dari 3 Milyar orang yang rindu dengan temannya dan disitu terciptalah facebook.

Facebook tercipta dari hal yang sepele yaitu rindu dengan teman dan akhirnya sekarang menjadi perusahaan raksasa yang dikenal di seluruh dunia. Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa faktor utama menjadi seorang pebisnis bukanlah modal.

Modal bukanlah faktor utama untuk memulai sebuah bisnis. Anda bisa memanfaatkan hal kecil dulu seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Lalu bagaimana tahapan untuk memulai sebuah bisnis agar menjadi perusahaan besar seperti Facebook dan Microsoft.

Baca juga : 9 cara berpikir orang sukses yang harus anda tiru

1. Keberanian


Proses pertama untuk membangun sebuah bisnis besar adalah rasa keberanian yang tinggi dalam diri anda. Berani berkorban, berani gagal, berani bertanggung jawab. Jika anda tidak mempunyai keberanian untuk berbisnis, sebaiknya tinggalkan saja mimpi anda untuk menjadi seorang pebisnis.

Keberanian itu sangat penting supaya anda tidak kebingungan saat pertama kali memulai bisnis anda.

2. Manfaatkan teknologi


Memanfaatkan teknologi untuk membantu perkembangan bisnis anda. Anda punya smartphone dan kuota, coba pakai untuk mengenalkan produk yang anda jual ke orang lain. Bagaimana terbentuknya bisnis besar jika produk anda tidak dikenal orang, produk anda tidak ada yang kenal, tempat mewah anda tidak ada yang kenal.

Bagaimana mau berkunjung, produk yang anda jual saja belum dikenal orang. Jadi, manfaatkan teknologi supaya orang lain mengenali produk atau jasa yang anda jual.

3. Menguasai produk anda


Penguasaan produk ini harus anda kuasai supaya bisa lebih berkualitas dari orang lain. Misalnya anda menjual kopi dan yang menjual kopi ini bukan hanya anda, lebih dari 1 juta orang yang menjual kopi.

Anda harus menjelaskan kepada orang lain tentang kelebihan kopi anda supaya mendapat penilaian bagus dari pelanggan. Jika anda menjual kopi yang sudah pasaran, bagaimana mau dikenal orang lain ? Kopi yang anda buat tidak memiliki ciri khas yang berbeda dari orang lain.

4. Membangun jalur distribusi


Pastikan jalur distribusi penjualan produk anda lancar. Jangan sampai customer anda ingin membeli produk anda, barangnya belum siap atau kosong. Hal ini yang membahayakan bisnis anda. Jangan sampai customer anda sudah banyak dan barang masih dalam tahap penyiapan.

5. Supplier Base


Anda harus mempertahankan supplier anda. Jangan sampai anda gonta - ganti barang secara terus menerus maka akibatnya anda tidak akan punya konsumen tetap. Ada sebagian pengusaha pemula yang hanya modal dipercaya orang lain, hal ini akan mudah membangun supplier base.

Anda jangan terburu - buru membangun tempat untuk bisnis anda. Bangunlah supplier base terlebih dahulu, membangun kepercayaan dengan orang sekitar, membuat produk yang berkualitas dan memuaskan. Maka supplier base akan terbentuk dengan baik.

6. Customer Base


Dua poin penting dalam membangun bisnis besar adalah customer base dan jalur distribusi. Jika kedua poin ini sudah anda kuasai. Bisnis anda lancar, permintaan sudah baik. Maka anda bisa menjalankan proses nomer tujuh. Apa itu ?

7. Tempat


Sesudah anda membentuk jalur distribusi, supplier base dan customer base. Anda bisa membangun tempat untuk membesarkan bisnis anda, meluaskan jangkauan bisnis anda.

Pada tahap ini, anda juga bisa mendapatkan permodalan dari bank untuk membantu perkembangan bisnis anda menjadi lebih baik.

Baca juga : 8 cara sukses di usia muda dengan cara sendiri




Posting Komentar

0 Komentar