Cara Mudah Mengatasi Motor Yamaha Mio Susah Hidup Saat Mesin Dingin

Motor mio susah hidup saat mesin dingin


Motor yamaha mio adalah motor matic yang paling banyak penggemarnya dan merupakan motor terlaris di negeri ini. Motor mio memiliki tampilan yang menarik dan dinamis membuat para pecinta motor untuk menggunakannya.

Masalah pada motor mio yang satu ini adalah sering mendadak mati dan susah dihidupkan kembali jika dalam keadaan dingin. Bayangkan anda lagi mengendarai motor dan tiba - tiba bar bensin hampir habis dan memaksa anda untuk mengisi bensin.

Pada saat selesai mengisi bahan bakar bensin dan anda mulai men-starter motor ternyata susah hidup lalu anda melakukan kickstarter pun sama masih susah hidup. Untuk mengetahui penyebab kenapa motor matic tersebut susah hidup simak caranya di bawah.

Pada motor mio yang masih baru pasti karburatornya itu masih bagus dan masih bisa hidup dalam beberapa bulan. Tapi lama kelamaan karburatornya bermasalah dan sering mati sendiri dan susah hidup saat mesin motor dingin.

Permasalahannya ada 3 yaitu pengapian yang mulai melemah, kompresi yang mulai menurun dan masalah pada karburator motor itu sendiri.

Penyebab kenapa motor yamaha mio sering mati sendiri adalah karena penyempitan ring seher. Bagaimana cara mengatasinya ? Yaitu dengan memasukkan oli ke lubang busi secukupnya saja. Setelah itu mulai kickstarter tapi kontak harus kondisi off. Setelah cukup silahkan kontak posisi on dan nyalakan motor mio anda.

Motor yamaha mio yang susah hidup bisa jadi karena ada kebocoran kompresi. Hal ini terjadi karena komponen mesin yang rusak seperti klep atau ring piston.

Motor yang memiliki kerusakan pada  kedua komponen tersebut harus ditangani dengan cara mendiamkan motor mio selama 5 - 10 menit. Kemudian anda starter atau kickstarter, biasanya motor akan normal kembali.

Out of topic : inilah 4 langkah mudah untuk mempertajam daya ingat

Jika motor sudah mengalami kerusakan yang parah pada kedua komponen tersebut maka cara mengatasinya adalah dengan cara gas motor dibuka penuh sambil diselah - selah sebanyak 5 × jika perlu sampai 10 × Pada saat mesinnya hidup biarkan saja tapi gas tetap dibuka penuh.

Jika kedua cara tersebut tidak ampuh dan motor tetap saja tidak mau menyala maka motor mio anda harus diperbaiki. Biaya perbaikan tergantung dari kerusakan komponen motor. 

Nah, begitu cara mengatasi motor yamaha mio susah hidup. Tips ini bisa anda manfaatkan saat motor tiba - tiba mati di tengah perjalanan anda. Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang permasalahan motor mio ini. Silahkan tonton video ini. Video yang menjelaskan masalah pada karburator mio yang membuat motor susah hidup.



Posting Komentar

0 Komentar