Cara Mengatasi Persentase Baterai Android yang Error Terbukti Ampuh!!!

Cara Mengatasi Persentase Baterai Android yang Error Terbukti Ampuh!!!



mengatasi kalibrasi baterai android error


Baterai yang error pada Android menjadi permasalahan yang harus dihadapi penggunanya. Sebab saat persentase baterai android mungkin akan terjadi drop atau android mati sendiri.

Sedangkan baterai android kita masih 50%. Beberapa tipe android mungkin mengalami masalah persentase baterai saat 60%, 50% dan 30%.

Ketika anda memakai android sambil di cas mungkin akan terjadi persentase baterai naik turun sehingga baterai menjadi tidak stabil.

Banyak para pengguna android yang mencari solusi untuk mengatasi persentase baterai yang error. Diantaranya adalah melakukan perbaikan pada indikator baterai android yang bermasalah.

Penyebab paling umum kenapa persentase baterai bisa error adalah terlalu sering charger ponsel. Memang saat anda charge ponsel android anda sambil main game akan membuat baterai ponsel tidak pernah habis tapi bisa mengakibatkan berbagai masalah.

Termasuk indikator baterai yang error akibat kita melakukan pengisian ponsel dengan daya masih tinggi atau memakai ponsel sambil charge.

Anda pasti pernah melakukan pengisian dengan daya masih  60% atau 70% untuk menjaga agar baterai ponsel tetap tinggi. Padahal itu merupakan kesalahan besar yang bisa membuat baterai android anda rusak atau persentase baterai error.

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa persentase baterai android kita ini bermasalah ? Anda bisa melihat pada proses daya android digunakan.

Perhatikan ponsel anda jika ponsel mengisi daya lebih cepat dari biasanya dan terasa boros saat digunakan. Hal itu berarti persentase baterai ponsel anda error.

Kejadian ini pernah saya alami saat itu saya mengecas ponsel dari 0% sampai 100% dalam waktu 25 - 30 menit saja, sangat gila bukan.

Biasanya untuk mencapai 100% membutuhkan waktu minimal 1 jam. Ini pertanda bahwa persentase baterai android error. Dan juga kadang - kadang ponsel mati sendiri saat baterai 30% atau 50%.

Baca juga : cara mengatasi system recovery e3 ampuh

Ponsel yang cepat penuh saat di charge dan boros saat digunakan bisa disebabkan oleh baterai yang sudah rusak dan tua sehingga anda hanya perlu mengganti baterai dengan yang baru.

Tapi cek terlebih dahulu apakah persentase baterai error karena kerusakan pada hardware android atau tidak. Jika hardware yang rusak maka harus di service di service center terdekat.


Cara mengatasi persentase baterai android yang error



Cara ini dilakukan untuk mengembalikan kalibrasi baterai yang sering error. Cara memperbaikinya bisa dengan cara root atau pun non - root.

A. Mengubah cara charge ponsel

Jika anda mengecas ponsel dalam keadaan baterai masih penuh supaya baterai tidak drop atau memainkan ponsel sambil mengecas maka itu cara yang salah.

Untuk memperbaiki kalibrasi baterai yang error anda bisa melakukan cara berikut :

1. Habiskan baterai ponsel android anda sampai 0% dengan sendirinya atau habis total. Jangan menghabiskan baterai dengan memakainya terus menerus karena bisa mengakibatkan ponsel anda tidak nyala lagi.

2. Selanjutnya, anda charge ponsel android dalam keadaan mati sampai 100% dan jangan dipakai dahulu sebelum benar - benar penuh 100%.

3. Lakukan dengan rutin selama 7 hari untuk mengembalikan kalibrasi baterai yang error.

B. Menggunakan aplikasi Battery Calibration

Cara ini hanya perlu menginstall aplikasi Battery Calibration yang bisa anda anda install melalui play store. Cara menggunakan Battery Calibration :

1. Install Battery Calibration dari play store

2. Charger ponsel android anda sampai 100%

3. Buka aplikasi Battery Calibration

4. Lalu cabut charger dari ponsel

C. Melalui recovery mode

Untuk memperbaiki kalibrasi baterai android yang error melalui recovery mode bisa melakukan langkah berikut :

1. Matikan ponsel android yang ingin diperbaiki

2. Lalu tekan tombol power + volume atas atau bawah ( setiap tipe android pasti berbeda ) untuk bisa masuk ke recovery mode


Baca juga : 5 cara supaya bluetooth cepat terdeteksi oleh perangkat lain



3. Pilih menu advanced section kemudian pilih opsi hapus statistik baterai android

4. Nyalakan ponsel anda, biarkan sampai daya 0% lalu charge sampai 100% untuk memulihkan kalibrasi


Kenapa android sering mati saat baterai 30%



Kondisi ini ditandai saat anda sedang memakai ponsel saat daya baterai mencapai 50% atau 30% ponsel mendadak mati begitu saja padahal daya baterai masih banyak.

Dan pada saat anda menyalakan kembali ponsel tersebut daya baterai menunjukkan angka 0%. Hal ini karena pembacaan indikator baterai yang bermasalah.

Tenang, saya akan memberikan tips untuk masalah ponsel mati saat baterai 30% ini supaya tidak terjadi kesalahan pembacaan jumlah baterai. Caranya bisa anda lakukan di bawah ini.

D. Cara mengatasi ponsel mati saat baterai 30% ( no root )

1. Pastikan daya ponsel android anda masih banyak

2. Masuk ke menu telepon lalu ketik *#0228#

3. Akan muncul notifikasi tentang status baterai ponsel kamu kemudian klik " Quick Start " atau " Yes "

4. Akhirnya muncul daya baterai yang sebenarnya dari tampilan android

E. Cara mengatasi ponsel mati saat baterai 30% ( root )

Cara ini hanya bisa dilakukan untuk ponsel android yang sudah memiliki akses root dalam ponselnya. Caranya sebagai berikut.

1. Download aplikasi " No - Frills CPU Control " di play store

2. Berikan izin root pada aplikasi tersebut

3. Buka aplikasinya dan terdapar menu untuk mengubah setelan CPU

4. Ubah min clock freq menjadi 300 Mhz 

5. Ubah max clock freq menjadi 2.226 Ghz atau 1.4 Ghz

6. Ubah governor menjadi  " interactive "

7. Ubah scheduler menjadi " row "

8. Terakhir klik apply dan restart ponsel anda untuk menerapkan setelan CPU


Baca juga : 4 cara mudah mengatasi recovery mode android yang bermasalah



Cara ini terbukti aman, jangan takut jika terjadi error karena mengoprek setelan CPU android. Karena cara ini bermanfaat untuk menghemat baterai saat digunakan dan juga mengatasi kalibrasi baterai ponsel yang error.

Anda bisa mengecek setelan CPU yang anda ubah tadi di aplikasi CPU - Z. Anda akan melihat sedikit perubahan dari kinerja sistem android.

Sekarang anda sudah paham kan cara mengatasi persentase baterai android yang error ini. Selamat mencoba, semoga berhasil dengan tips yang saya berikan.

Jangan lupa baca artikel lainnya di blog MagerSena untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar artikel ini.