7 Cara Mengatasi Game Free Fire Force Close Saat Bermain

free fire force close


magersena.blogspot.com - Free fire adalah game yang paling banyak dimainkan di asia tenggara termasuk indonesia. Game ini mempunyai size yang lumayan kecil jika dibandingkan dengan game PUBG Mobile.

Free fire bisa dimainkan di android versi 4.4 ke atas dan minimal ram 1 GB. Tapi terkadang saat anda bermain free fire terjadi force close.

Kesel kan ? Pada saat anda hampir booyah dan aplikasi tiba - tiba berhenti sendiri. Eits, jangan uninstall dulu game free fire nya karena disini saya akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi masalah force close ini.

Sebelum kita membahas cara mengatasinya. Kita kenali dulu kenapa game free fire kita bisa force close.

Penyebab game free fire force close

1. Spesifikasi smartphone yang rendah

Untuk kalian yang memakai ram 1 GB terkadang merasa patah - patah dan akhirnya force close. Hal itu disebabkan oleh settingan grafik yang tidak seimbang dengan keadaan smartphone.

Untuk mengatasinya, anda bisa menurunkan grafik ke standard atau smooth jika ram anda 1 GB.

2. Kualitas jaringan yang jelek

Jaringan menjadi hal yang sangat penting saat bermain game online seperti free fire. Jika jaringan anda bagus tapi saat bermain free fire ping merah terus. Berarti jaringan anda sedang bermasalah.

Anda bisa mencari tempat yang mempunyai jaringan bagus, memasang wifi di rumah atau ganti kartu sim.

3. Ram smartphone yang penuh

Ram merupakan aspek yang sangat penting saat bermain game, terutama game online seperti free fire membutuhkan pasokan ram yang tidak sedikit.

Jika ram anda penuh maka saat main free fire terasa patah - patah dan kadang macet bahkan force close. Untuk mengatasinya anda hanya perlu membersihkan ram dengan aplikasi pembersih yang tersedia di play store.

Baca juga : 9 cara mengatasi game PUBG Mobile force close saat bermain

4. Banyaknya aplikasi yang berjalan

Hal ini masih terkait dengan ram, aplikasi yang banyak berjalan saat anda bermain free fire maka menyebabkan smartphone panas atau hang kemudian force close.

Untuk mengatasinya anda harus menghentikan setiap aplikasi yang berjalan dengan tombol bersihkan yang ada di setiap smartphone atau aplikasi pembersih ram.

cara mengatasi game free fire force close

1. Restart smartphone

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah me-restart smartphone android anda. Dengan restart smartphone akan menghilangkan semua masalah semua aplikasi yang ada dan mengatur sistem smartphone kembali ke awal.

Setelah restart smartphone, langsung saja buka free fire dan mainkan. Dijamin tidak akan terjadi force close ( jika tidak ada masalah lain ).

2. Bersihkan penyimpanan android

Cara selanjutnya anda bisa membersihkan penyimpanan android anda. Anda bisa download aplikasi pembersih di play store seperti 360 security, clean master atau anda bisa hapus aplikasi yang tidak perlu.

Anda bisa menghapus cache dan menghapus beberapa file yang tidak perlu dan membuat ruang kosong dalam penyimpanan untuk anda bermain free fire. Setelah itu, coba mainkan free fire selama beberapa saat.

3. Perbaiki jaringan smartphone

Sama hal nya seperti game online lainnya bahwa jaringan merupakan perkara yang penting saat bermain game. Jika jaringan di daerah anda lemah maka anda bisa mengganti kartu sim, memasang wifi di rumah atau pindah ke tempat yang mempunyai kualitas jaringan yang bagus. 

4. Install ulang game free fire

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah meng - uninstall game free fire lalu install kembali. Hal ini berguna untuk memperbaiki bug saat install game.

Caranya anda bisa memindahkan terlebih dahulu data obb free fire ke folder lain supaya tidak terhapus saat uninstall aplikasi.

Cadangkan aplikasi free fire menggunakan aplikasi app backup jika tidak ada aplikasi mentahan. Lalu uninstall game free fire dan install kembali. Terakhir pindahkan data obb ke tempat semula biasanya terletak di android > obb > disini.

5. Hapus data game free fire

Anda bisa menghapus data game dan memulai dari awal. Hal ini berguna untuk mengatur game ke kondisi awal dan menghapus bug yang ada pada aplikasi.

Untuk menghapus data game anda bisa masuk ke pengaturan > aplikasi > cari aplikasi free fire > hapus data. Setelah itu buka aplikasi free fire.

Setelah hapus data anda harus memasukkan kembali akun free fire anda untuk memainkannya kembali. Dan pastikan kalau akun anda sudah terkait dengan facebook atau vk.

Baca juga : 4 cara mengganti icon dan nama aplikasi android dengan mudah

6. Hapus cache aplikasi free fire

Setiap aplikasi pasti mempunyai cache tergantung dari pemakaian aplikasi. Jika anda sering bermain free fire minggu ini pasti cache anda menumpuk di penyimpanan android.

Terkadang besar file cache lebih besar dari size aplikasi yang terinstall sehingga menguras penyimpanan android. Jika anda menghapus cache yang banyak. Android anda akan terasa ringan dan lancar saat membuka suatu aplikasi.

Terutama saat main game anda tidak akan patah - patah lagi. Cara menghapus file cache free fire sama seperti hapus data yaitu dengan masuk ke pengaturan > aplikasi > cari aplikasi free fire > hapus cache. Setelah itu, buka game free fire dan mainkan selama beberapa menit.

7. Reset ulang smartphone anda

Jika anda sudah melakukan berbagai cara agar mengatasi game free fire tidak force close. Jalan satu - satunya adalah dengan me-reset smartphone anda.

Bisa melalui recovery mode atau pengaturan. Anda bisa reset smartphone dengan masuk ke pengaturan > cadangkan & setel ulang > setel ulang telepon.

Jika melalui mode recovery anda bisa menggunakan tombol kombinasi tombol volume bawah + power atau tombol volume bawah + power + menu tengah.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga.

Posting Komentar

0 Komentar