Cara Menanam dan Merawat Bunga Yolanda Agar Cepat Berbunga

Cara Menanam dan Merawat Bunga Yolanda Agar Cepat Berbunga


cara merawat Bunga Yolanda


Bunga Yolanda adalah salah satu bunga yang banyak di cari orang karena bentuknya yang cantik dan warnanya yang elegan. Banyak orang yang merawat Bunga Yolanda untuk hiasan atau dekorasi taman di rumah.

Bunga Yolanda atau Buttercup merupakan Bunga yang memiliki warna putih bersih dan semburat kuning cerah. Nama ilmiah Bunga Yolanda adalah Ranuculus sp.

Cerita dari Amerika tentang Bunga Yolanda, bahwa warna kuning pada bunga itu berasal dari serbuk emas peri. Bunga ini memiliki arti kesucian dan kemdamaian.

Bunga Yolanda asal mulanya berasal dari Amerika Utara. Bunga Yolanda bisa ditanam di daerah manapun baik di daerah asal atau di daerah lain.

Bunga Yolanda mempunyai Bunga yang banyak dengan ciri yang menyerupai semak. Lalu bagaimana cara menanamnya? Cara menanam Bunga Yolanda sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Simak caranya di bawah ini.


Cara Menanam Bunga Yolanda



Hal yang harus dilakukan untuk menanam Bunga Yolanda adalah pemilihan jenis Bunga Yolanda yang akan di tanam di rumah anda. Jenis Bunga Yolanda ada 2 macam yaitu warna kuning dan warna putih.

Pilihlah jenis Bunga Yolanda yang anda suka, anda perlu mempelajari kedua jenis Bunga Yolanda tersebut untuk mengenali cara perawatannya nanti.

Bunga Yolanda berwarna putih lebih dominan dipilih masyarakat indonesia karena Bunga ini tahan dengan cuaca apapun dan cocok sebagai koleksi tanaman luar rumah anda. Bunga Yolanda jenis ini mempunyai bentuk seperti mawar.

Baca juga : cara menanam dan merawat Bunga Dahlia

Bunga Yolanda berwarna kuning sering digunakan sebagai penghias ruangan. Bunga Yolanda jenis ini tidak tahan dengan cuaca ekstrim sehingga harus di tanam di pot dan diletakkan di dalam ruangan.

Untuk bibit Bunga Yolanda, anda bisa membelinya di toko Bunga terdekat di daerah anda. Cara memilih bibit Bunga Yolanda yang berkualitas bisa ditanyakan pada penjual bunga.

Disarankan pilih bibit Bunga Yolanda yang tidak cacat dan tubuh tegap, hindari Bunga dengan bentuk melengkung. Anda bisa memilih bibit Bunga dengan tinggi 10 - 15 CM.

Setelah nemilih bibit yang berkualitas, letakan bibit di tempat yang sejuk dan kering. Jangan lupa siapkan media tanam untuk bunga Yolanda. Untuk media tanam, anda bisa menanamnya di pot atau di tanah lapang.

Pilihlah lokasi yang cocok untuk Bunga Yolanda supaya bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup. Bunga Yolanda sangat suka dengan sinar matahari, disarankan untuk menanam Bunga di paparan sinar matahari langsung.

Untuk menjaga keindahan Bunga Yolanda. Pastikan suhu di sekitar Bunga hangat dan lokasi sekitar bersih terutama dari limbah, bersihkan rumput liar di lokasi yang akan di tanam Bunga. Jaga supaya mendapatkan penyinaran matahari yang cukup.

Pastikan bahwa lokasi di sekitar Bunga terhindar dari polusi udara seperti asap kendaraan atau asap dapur. Kemudian cangkul area lahan sekitar 30 CM, campurkan pupuk organis baik pupuk kandang maupun kompos ke dalam tanah. Untuk mencegah adanya penyakit pada Bunga Yolanda.

Anda bisa menambah gambut atau serbuk kayu pada media tanam dan perdalam galian sampai 5 atau 10 CM. Hal ini bertujuan untuk melindungi Bunga Yolanda dari banjir atau genangan.

Langkah selanjutnya adalah melakukan proses penanaman Bunga. Penanaman sebaiknya dilakukan 2 minggu setelah media tanam dibuat. Berikut caranya.

Buatlah lubang tanam dengan kedalaman 5 - 10 CM beri jarak masing - masing lubang tanam 15 - 20 CM. Letakkan bibit Bunga Yolanda pada tiap lubang tanam, letakkan dengan posisi yang tepat.

Kemudian tutup lubang dengan tanah yang di campur pupuk kandang atau kompos. Buatlah gundukan pada setiap lubang tanam untuk mencegah tanah terkikis.


Cara Merawat Bunga Yolanda



Bunga Yolanda merupakan Bunga majemuk mempunyai bentuk Bunga kecil seperti piramid dengan warna merah mengkilap. Bunga ini sering dihinggapi kupu - kupu jika anda menaruhnya di pekarangan rumah.

Nama latin Bunga Yolanda adalah Clerodendrum japonicum. Bunga ini bisa tumbuh meranggas sampai 3 Meter, batang nya dipenuhi rambut halus, pangkal daun berbentuk jantung dan buah berbentuk bulat.

Bunga Yolanda atau Bunga Pagoda ini cukup di siram secukupnya, jaga kelembapan tanah supaya tidak menggenang di media tanam dan gunakan pupuk organik agar tanah cepat berbunga.

Siram Bunga Yolanda dengan air bersih setiap minggu selama curah hujan di daerah anda mencukupi. Pada saat musim panas tiba, cukup siram pada pagi dan sore hari.

Pangkas pucuk daun Bunga Yolanda saat Bunga berusia 3 - 6 Bulan. Lakukan proses perawatan dengan baik dan benar supaya bisa mewujudkan Bunga Yolanda yang berbunga cepat.

Baca juga : cara menanam dan merawat Bunga Amarilis

Untuk memperbanyak Bunga Yolanda bisa dilakukan dengan metode Stek Batang. Perawatan Bunga ini harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Cara merawat Bunga Yolanda.

1. Tempatkan tanaman di pot

Saat menanam Bunga, letakkan ijuk di dasar pot sebagai pengikat air dan memberikan udara untuk akar Bunga.

2. Pilih media tanam yang berkualitas

Gali tanah kemudian taruh batang Bunga lalu padatkan dengan tanah. Sisihkan sekitar 2 CM untuk permukaan tanah dan bibir pot. 

3. Siram Bunga dengan rutin

Sebaiknya saat penyiraman dilakukan dengan cara menyemprot Bunga. Semprot pada bagian akar saja, jangan sampai daun dan bunga terkena semprotan karena akan layu.

4. Perhatikan cahaya matahari untuk Bunga

Jika Bunga Yolanda milik anda diletakkan di dalam rumah. Jemur Bunga 3 - 4 jam di bawah sinar mataharipagi. Setelah itu letakkan kembali di dalam ruangan.

5. Gunakan pestisida

Gunakan suntikan dengan cairan pestisida untuk mencegah Bunga terserang dari penyakit dan mencegah Bunga agar tidak cepat layu.

6. Lakukan pemangkasan

Lakukan pemangkasan menggunakan gunting saat daun Bunga terlihat kering dan layu. Pemangkasan juga bertujuan untuk membantu Bunga cepat tumbuh subur dan terhindari dari hama. Demikian cara menanam dan merawat Bunga Yolanda.

Semoga cara di atas bisa bermanfaat untuk anda suatu saat nanti. Jangan lupa baca artikel lainnya di blog MagerSena untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar artikel ini.


Posting Komentar

0 Komentar