3 Cara Mudah dan Cepat Sambung Hotspot Android ke Laptop

3 Cara Mudah dan Cepat Sambung Hotspot Android ke Laptop




Artikel ini ditujukan untuk kalian yang belum tau bagaimana cara menyambungkan hotspot wifi Android ke laptop. Android dilengkapi fitur teathering yang bermanfaat untuk di share ke komputer atau Android. Untuk bisa menyambungkan hotspot ke laptop, android harus mendukung fitur hotspot dan laptop harus mempunyai wireless. Jika anda sedang buru-buru bisa menggunakan modem supaya praktis.

Untuk caranya, anda tidak perlu  aplikasi tambahan untuk ini, hanya dengan fitur pendukung perangkat bisa terhubung satu sama lain. Berbagai macam teathering atau telepon sebagai modem adalah cara berbagi koneksi internet Android ke perangkat lain yang terhubung melalui hotspot.

Cara berbagi koneksi internet bisa melalui: Wi-Fi, Bluetooth atau memakai kabel USB jika ingin praktis. Wi-Fi teathering mempunyai kekuatan sinyal 2.4 GHz dan 5.8 GHz, sinyal ini juga di bagi lagi ke dalam beberapa bagian. Jarak maksimal Wi-Fi biasanya sampai 20 Meter dan akan meningkst jika tidak ada masalah pada jaringan tersebut.

Bluetooth teathering merupakan spesifikasi industri jaringan kawasan pribadi. Bluetooth berfungsi menyambungkan atau bertukar informasi antar perangkat yang memiliki media Bluetooth juga. Fitur Bluetooth ini dikembangkan oleh distribusi kelompok SIG ( Special Interest Group ). Bluetooth memiliki frekuensi 2.4 GHz dengan Frequency Hopping Tranceiver ( FHT ) yang mempunyai layanan komunikasi suara dan data secara langsung antar perangkat bluetooth yang terbatas.

Kelemahan bluetooth adalah jangkauan pendek dan kemampuan transfer yang lambat sehingga internet akan lambat saat melakukan transfer via bluetooth. USB ( Universal Serial Bus ) Teathering merupakan standar bus serial untuk perangkat terhubung biasanya terdapat di komputer tapi bisa juga di perangkat lainnya yang mendukung.

Teknologi USB ini memiliki desain asimetris yang terdiri dari pengontrol host dan fitur lainnya. Beberapa peralatan terhubung membutuhkan peralatan khusus. Desain USB bertujuan untuk menghilangkan penambahan expasion card ke ISA atau bus PCI. Desain juga memperbaiki kemampuan PAP ( Plug And Play ).

Baca juga : 12 cara mengatasi android lag dan macet

Desain mengizinkan peralatan  ditukar atau ditambah ke sistem tanpa melakukan perintah reboot. Pada saat USB di pasang,  perangkat akan langsung mendeteksinya dan memproses device driver untuk mengoperasikannya.


Cara Menghubungkan Internet Hp ke Laptop




1. Kabel USB



 hubungkan Android ke laptop dengan kabel port USB, buka pengaturan > menambatkan & hotspot portabel > nyalakan hotspot portabel ditandai dengan notifikasi hotspot aktif.

Kemudian sambungkan wifi laptop dengan hotspot android, lalu cek apakah laptop sudah bisa menggunakan koneksi internet apa belum

Untuk mengeceknya dengan klik icon network di laptop ( semua pasti tau lah ). Jika sudah maka terdapat tulisan Network Internet Access.


2. Wi-Fi



Cara lainnya bisa menggunakan teathering. Cara ini sangat mudah hanya menyiapkan paket internet dan baterai yang penuh.

Masuk ke pengaturan > jaringan lainnya > menambatkan & hotspot portabel > nyalakan. Jika anda tidak ingin ada perangkat lain yang tersambung, harap menggunakan password ( WPA-2 PSK ) untuk mengamankannya.

Kemudian nyalakan wireless pada laptop, kemudian klik connect > masukan sandi hotspot > terhubung. Sebelum anda menggunakan cara ini, diharapkan android anda.memiliki baterai penuh supaya tidak drop saat melakukan hotspot.


3. Bluetooth



Dengan bluetooth juga bisa untuk menyambungkan teathering ke laptop. Kalian pasti belum banyak yang tau kalau bluetooth bisa berperan sebagai NSI (Nirkabel Sharing Internet). Nyalakan jaringan bluetooth di android, lalu masuk pengaturan >  jaringan lainnya > memambatkan & hotspot portabel > nyalakan setelah itu masuk ke opsi dan ceklis penambatan bluetooth.

Jika ponsel lain ingin terhubung maka harus melakukan hal yang sama. Cara ini berguna jika perangkat wifi android maupun laptop rusak maka gunakan bluetooth dari pada harus bingung.


Cara sambung hotspot android ke laptop menggunakan aplikasi lain



Fungsi teathering ini bisa di dukung oleh beberapa aplikasi yang handal dalam hal Internet. Diantaranya ada aplikasi yang mengakses rooting ada yang tidak. Disarankan untuk anda yang tidak rooting saja. Kecuali jika anda seorang opreker yang handal dalam hal rooting. 


PdaNet+



Aplikasi ini membuat android anda mempunyai kemampuan teathering saat sistem teathering anda error.  Aplikasi PdaNet+ ini berbayar dan penggunaan terbatas jika anda memakai versi gratisnya.


Magisk



Magisk merupakan aplikasi yang memerlukan akses rooting android. Aplikasi ini memberikan akses tanpa mengubah sistem android. Magisk memiliki fungsi yang hampir sama dengan PdaNet+. Magisk menampilkan mode teathering dalam perintah superuser.


Xposed



Aplikasi open source ini bisa membuat modul untuk mengubah aplikasi dan sistem android yang menggunakan java. Framework dalam aplikasi ini berguna untuk memambah kode pada aplikasi closed source android. Aplikasi ini rupanya sedikit mirip dengan Aspect Oriented Programming. Xposed bisa mengaktifkan menu teathering jika dimatikan oleh developer ponsel.


FoxFi



Dulu aplikasi ini bisa menggunakan mode teathering dengan gratis, tapi saat android update noughat maka aplikasi ini sudah tidak berguna lagi. Jika versi android anda masih di bawah noughat maka bisa menggunakan aplikasi ini.

Baca juga : 4 cara mengubah tampilan keyboard android


Elixir 2



Aplikasi sistem informasi dengan widge penambah fungsi khusus dan teathering untuk perangkat anda. Developer aplikasi ini sudah tidak mengurus lagi sekaligus tidak ada versi baru lagi. Sama seperti FoxFi, aplikasi ini tidak berjalan pada android versi noughat ke atas. Tapi anda bisa menggunakan aplikasi ini dengam.versi android di bawah noughat.  

Posting Komentar

0 Komentar