9 Cara Memperbaiki Reputasi Buruk di Kehidupan Sosial

9 Cara Memperbaiki Reputasi Buruk di Kehidupan Sosial


cara memperbaiki reputasi buruk




Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, manusia melakukan kesalahan tanpa sengaja, tidak bermaksud untuk menyinggung atau menjatuhkan orang lain.

Apapun kesalahan anda, baik sengaja atau pun tidak sengaja akan membuat reputasi anda menjadi buruk di hadapan orang lain.

Reputasi atau nilai yang telah anda tancapkan dalam kehidupan, rusak seketika hanya karena kesalahan kecil yang tidak disengaja.

Jika anda sekarang sedang mengalami kondisi tersebut. Jangan khawatir, saya akan berikan langkah-langkah tepat untuk memperbaiki reputasi buruk.

Reputasi buruk bisa berdampak buruk pada diri anda juga, reputasi buruk bisa menghancurkan karir dan hidup anda, dan juga mengubah cara pandang anda terhadap dunia.

Kejadian ini, membuat anda merangkai kembali hidup anda dari awal. Tapi anda jangan bersedih, teruslah berusaha bahwa anda bisa merebut kembali karir yang telah ditempati.

Anda harus merangkai cara untuk memperbaiki reputasi buruk anda. Jika ingin kembali pada kehidupan lama.

1. Kenali situasi anda

Sebelum memperbaiki reputasi yang buruk, perhatikan dulu apa yang anda hadapi saat ini. Cari bagian hidup mana yang terkena dampak dari perbuatan anda.

Kenali dulu berapa kerusakan yang telah diperbuat, lalu pikirkan peran yang harus anda lakukan untuk memperbaikinya.

Lihatlah situasi perspektif orang lain, tunda mengambil kesimpulan lebih awal. Saat anda memiliki gambaran tentang keadaan anda, pikirkan bagian mana yang harus dilakukan dan bagian mana yang tidak.

Anda harus bisa mengendalikan tindakan sendiri, anda tidak bisa mengendalikan pikiran orang tentang anda.

Fokuskan pada hal-hal positif.  Jangan buang-buang waktu dengan hal yang membuat reputasi semakin buruk. Ambil langkah positif seiring perkembangan reputasi anda akan semakin membaik.

2. Fokus pada kesalahan awal

Jika reputasi buruk anda harus diperbaiki dengan segera, maka perbaikilah. Jangan menunda-nunda karena akan membuat reputasi menjadi buruk.

Hilangkan hambatan yang menghalangi anda dalam memperbaiki reputasi anda. Mintalah saran teman anda untuk memperbaiki kesalahan awal yang terjadi.

Hancurkan sesuatu yang membuat reputasi anda semakin buruk, tulis dalam kertas apa yang harus dilakukan untuk memperbaki reputasi buruk anda.

Contoh: coba untuk bangun tidur lebih pagi, balas chat dengan cepat, bertindak cepat tanpa perintah, menyampaikan laporan dan lain-lain.

Semakin anda sering melakukannya maka akan terbiasa, lalu reputasi anda pun seiring membaik.

3. Mengakui kesalahan diri sendiri

cobalah untuk mengakui kesalahan yang anda perbuat, walaupun itu sakit, tapi hal itu akan membuat anda menjadi lebih baik.

Mulailah memperbaiki kerusakan anda dengan mengakui kesalahan dan akan bertanggung jawab atas perbuatan anda.

Tindakan yang sungguh-sungguh untuk memperbaiki diri pasti akan sukses seiring anda memperbaiki situasi.

Anda juga akan diakui kepercayaan diri anda dalam bertanggung jawab atas segala sesuatu.

4. Perbaiki kesalahpahaman

Reputasi buruk bisa disebabkan oleh kenohongan, gosip, informasi yang keliru dan lainnya.

Jika anda tidak pernah terlibat dalam dakwaan tersebut, maka perbaiki keadaan dan bereskan kesalahpahaman tersebut.

Anda harus berani mendekati orang-orang yang menyebarkan berita tentang anda, jelaskan pada mereka bahwa anda tidak salah, dan minta mereka berhenti menyebarkan berita tersebut.

jangan berpikir bahwa masalah yang anda perbuat bisa menghilang dengan sendirinya,  maka itu sebuah kesalahan besar.



5. Minta saran orang lain

Mintalah pendapat orang lain jika perlu, pastikana anda meminta pendapat pada orang terpercaya.

Mintalah penilaian dari mereka tentang perilaku yang telah anda lakukan sampai kejadian tersebut terjadi. Lalu minta saran untuk memperbaiki situasi anda.

Pandangan orang lain dapat menimbulkan prespektif penting dalam kehidupan anda, masalah pribadi dan membangun jati diri.

Mereka akan memberika  motivasi pada anda untuk bangkit, maka anda akan terus mengingat mereka dalam setiap langkah anda.

6. Terima kritik orang lain

Sebagian orang ketika dikritik akan merasa marah atau tidak peduli. Termasuk saya, saya juga ketika dikritik oleh orang lain merasa marah karena tindakan saya itu tidak mengandung kesalahan.

Terima kritik orang lain meskipun anda sudah berbuat benar. Karena setiap kritikan yang direferensi oleh kita akan menghasilkan ketelitian dalam melakukan sesuatu.

7.Tunjukan sikap positif

Sesudah anda kerja keras, dan berbagai usaha untuk memperbaiki reputasi anda. Selanjutnya anda harus menunjukan sikap-sikap positif dalam diri anda.

Tahan sikap negatif yang ingin muncul dalam diri anda. Tunjukan sikap positif baik hal kecil maupun besar, anda akan bisa menjadi sosok yang menggembirakan di mata orang lain.

Contoh: anda bisa memberikan rasa terima kasih, membantu orang lain, memberikan pujian dan lain-lain.

Simpan dulu, kritikan orang lain terhadap anda. fokus pada langkah positif anda, dengan terus fokus maka orang lain akan memperhatikan anda dan situasi akan semakin membaik.

Tapi, anda harus konsisten dalam memperbaiki diri dan terus berbuat kebaikan tanpa tuntutan dari orang lain. Langkah positif harus tumbuh dari hati anda.

8. Teruslah bertindak

Reputasi yang baik adalah reputasi yang dilakukan dan dipertahankan oleh diri anda. Melakukan hal positif merupakan cara untuk membuat reputasi baik di hadapan orang lain.

Hentikan perilaku buruk yang akan membuat reputasi anda lebih jelek. Merubah situasi sosial jika di lingkungan anda bersifat negatif.

Jangan membicarakan keburukan orang lain. Fokus pada hal positif dalam kehidupan anda.

Tinggalkan dunia digital jika hal itu merusak karakteristik anda. Biasakan berbuat baik, orang tidak akan melihat kebaikan anda tapi melihat 1 keburukan anda. Maka berhati-hatilah.

9. Bangun kembali diri anda

Berperilaku sopan dan selalu berbuat hal positif juga sudah cukup untuk membangun kembali diri anda yang baik.

Jika ada orang lain yang tidak selaras dengan perbaikan diri anda maka pikirkan dan renungkan, untuk merevisi perbaikan diri anda.

Demikian beberapa cara untuk memperbaiki reputasi anda. Reputasi berperan penting dalam kehidupan karena menentukan kehidupan kita yang akan datang. Jika reputasi anda buruk maka akan dipandang jelek di masyarakat. Sebaliknya, jika reputasi anda bagus akan dipandang baik di masyarakat.


Posting Komentar

0 Komentar