9 Hal yang Harus diperhatikan Saat Memilih Pekerjaan

9 Hal yang Harus diperhatikan Saat Memilih Pekerjaan


9 Hal yang harus diperhatikan saat memilih pekerjaan




Ketika anda melamar kerja ke sebuah perusahaan kemudian anda diterima pasti anda akan merasa senang dan mulai bekerja dengan sungguh-sungguh di perusahaan tersebut.

Tapi, apakah anda yakin bahwa pekerjaan anda itu cocok dengan karakter dan sikap anda. Memilih pekerjaan yang tepat itu sulit, anda bisa merasa bahwa pekerjaan ini cocok untuk anda tapi begitu tidak layak di hati orang lain atau sebaliknya.

Terdapat banyak sekali faktor atau aspek yang menentukan apakah pekerjaan itu terasa cocok untuk anda atau tidak.

Di sini saya akan membagikan sebagian aspek atau faktor penting dalam memilih pekerjaan yang tepat.

1. Minat dan bakat

Jangan pikirkan pendidikan anda, karena aspek pekerjaan dimiliki oleh minat dan bakat. Banyak orang yang sudah lulus kuliah dan meraih karir tinggi di luar bidang pendidikannya.

Bekerja di bidang yang anda minati dan sesuai dengan bakat kemampuan anda, hal itu membuat anda bekerja dengan sepenuh hati tanpa memikirkan hal negatif terkait pekerjaan anda.

Faktor kemampuan atau bakat tidak bisa disingkirkan dari dunia pekerjaan, apalagi dalam memilih pekerjaan yang tepat untuk diri anda.

Jika anda memiliki keinginan besar terhadap sebuah pekerjaan tapi tidak sesuai dengan kemampuan diri anda, sebaiknya buang jauh-jauh khayalan seperti itu karena tidak cocok dengan bakat anda.

2. Level perusahaan yang sesuai

Bekerja di sebuah perusahaan besar dan berkelas tentu akan terasa berbeda karena nilai prestisius bekerja di gedung megah pasti akan berbeda.

Apalagi jika perusahaan tersebut merupakan bagian dari perusahaan terbaik dunia saat ini. Fasilitas yang dimiliki perusahaan tersebut juga sangat megah, sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan perusahaan kecil, dari mulai tunjangan dan juga gaji bulanan.

Ketika anda mulai keluar dari perusahaan tersebut dan memulai sebuah tantangan hidup baru, pihak perusahaan pasti akan melihat dimana anda bekerja sebelumnya.

3. Kesempatan mulai berkembang

Kesempatan juga merupakan aspek penting dalam memilih pekerjaan dalam hidup. Jabatan tidak selalu berujung pada uang dan pendapatan, tapi akan berhubungan dengan rasa aktualisasi diri yang dimiliki semua orang.

Saat mencari pekerjaan, lihat dulu aspek kesempatan yang dimiliki perusahaan tersebut untuk karyawannya. Apakah membuka kesempatan lebar tanpa perbedaan? atau yang bisa naik jabatan hanya orang yang dekat dengan atasan.

Anda juga bisa melihat kualitas perusahaan dari strukur organisasi perusahaan yang ada. Anda bisa melihat di mana anda saat ini dan bagaimana perusahaan memberi peluang perkembangan karir pada karyawannya.

4. Rekan Kerja anda

Tempat kerja merupakan 'rumah kedua' dari seluruh aktivitas anda, anda akan berada di tempat kerja selama 8-9 jam, belum juga waktu berangkat dari rumah ke tempat kerja.

Usahakan anda harus memiliki rekan kerja yang menyenangkan. Anda harus nengajak berdiskusi dan bercanda dengan rekan kerja anda agar membuat hati anda senang dan merasa nyaman saat bekerja.

Tapi apabila anda mendapatkan rekan kerja yang menyebalkan, memikirkan diri sendiri, tidak bisa diajak serius ataupun bercanda. hal itu akan membuat anda tidak nyaman dengan pekerjaan.

5. Lingkungan kerja

Lingkungan juga termasuk aspek penting dalam memilih pekerjaan. Jika anda senang bekerja di luar ruangan tapi anda harus bekerja di dalam ruangan yang gerah hal itu akan membuat anda tersiksa. 

Atau sebaliknya, orang lebih senang bekerja di dalam ruangan tapi dirinya harua bekerja di luar ruangan.

Oleh karena itu, ketika anda memilih pekerjaan harus sesuaikan dengan hati anda supaya merasa nyaman saat bekerja.

Jika anda ingin bekerja di perusahaan dengan iming-iming gaji besar, tapi tidak sesuai dengan hati anda pasti anda tidak akan bertahan lama bekerja di perusahaan tersebut.

Perhatikan juga aturan pada perusahaan, apakah anda bisa mematuhi aturannya atau tidak, jika tidak lebih baik cari pekerjaan lain yang sesuai dengan lingkungan anda.

6. Manajemen perusahaan

Jika anda sudah mulai bekerja di perusajaan pasti akan akan merasakan kinerja dari manajemen perusahaan tersebut.

Perusahaan yang dikelola oleh manajemen yang handal pasti akan memiliki output yang bagus, tapi sebaliknya jika perusahaan dikelola dengan buruk pasti akan hancur.

Contoh kinerja manajemen yang buruk adalah tata keuangan yang tidak transparan, seperti telat pembayaran saat hari gaji karyawan.

Jika anda bekerja di perusahaan itu sebaiknya cari yang lebih baik.

7. Kestabilan pekerjaan

Anda juga harus memperhatikan bagaimana kestabilan pekerjaan di perusahaan tersebut, perusahaan banyak membuka lowongan kerja tapi kestabilan kerja belum dipastikan.

Pada jaman now ini pasti banyak pekerjaan dengan gaji yang tinggi, tapi anda juga harus pastikan apakah perusahaan tersebut mempunyai sustainability yang tinggi.

Cari perusahaan yang sudah terbukti bisa bertahan lama  walaupun dengan gaji kecil, tapi seiring dengan kerja anda yang ulet dan anda akan dinaikkan jabatan, gaji anda pun akan ikut naik juga.

8. Gaji sesuai kebutuhan

Gaji merupakan aspek penting dari dunia kerja, untuk apa kita kerja kalo tidak digaji ya kan.

Ada juga seorang yang rela bertahan di perusahaan yang kurang nyaman karena gaji yang menggoda.

Carilah pekerjaan yang membuat anda merasa nyaman saat bekerja, gaji yang besar itu hanya bonus yang penting adalah kesenangan hati saat menjalani pekerjaan anda.

Jadikanlah pekerjaan anda untuk mengembangkan karir dan kemampuan anda.

Jika gaji anda sudah mencukupi kemudian anda menabungkan sebagian gaji anda untuk kebutuhan lain maka itu termasuk gaji yang memuaskan.

9. Mengangkat diri anda

Pekerjaan yang tepat adalah pekerjaan yang bisa mengangkat harkat martabat diri anda kepada orang-orang.

Hal ini tidak bisa didapat dari setiap pekerjaan, rasa bangga tidak hanya pada pangkat, jabatan ataupun gaji yang tinggi.

pekerjaan yang mengangkat diri anda adalah jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan anda dan merasa senang saat menjalaninya.

Intinya, jika anda merasa senang dan bahagia ketika bekerja di perusahaan maka itulah pekerjaan yang tepat untuk anda.

BACA JUGA:

Inilah 6 dampak negatif berpikir terlalu keras
8 cara menghilangkan malas dalam sehari

Posting Komentar

0 Komentar