6 Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Android yang Penuh

6 Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Android yang Penuh



Cara mengatasi memori internal android penuh




Hal ini kerap kali dialami oleh sebagian pengguna android, masalah memori internal yang terisi penuh padahal tidak ada file apa-apa. Pada saat penyimpanan tersedia sedikit pasti akan muncul pemberitahuan "penyimpanan tidak cukup" , hal itu membuat kita tidak bisa mengisi file yang kita inginkan ke dalam storage android. Pada kali ini, saya akan membahas tuntas bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

Android pada jaman now, sudah semakin canggih dari segi desain, tampilan, dan juga memori. Banyak sekali smartphone android yang menyediakan memori internal yang cukup besar sehingga anda lebih leluasa menyimpan file yang anda inginkan, tetapi jika anda tidak bisa merawat memori dengan baik pasti akan terdapat banyak sampah yang membuat memori anda penuh.



DAFTAR ISI :

1. Pengertian memori internal, eksternal dan RAM

2. Penyebab memori internal android penuh

3. 6 cara mengatasi memori internal android penuh




Pengertian memori internal



Memori internal adalah ruang penyimpanan yang sudah disediakan di sistem android. Ada berbagai macam kapasitas memori internal sesuai dengan tipe android, memori internal tidak bisa anda ganti, lepas atau dibongkar karena itu sudah menyatu dengan mesin.

Pada era modern ini, android sudah memiliki memori internal sebesar 4GB, 8GB, 16GB bahkan ada yang sampai 128GB jika anda sanggup membelinya :D .

Memori internal yang tersedia di android tidak sepenuhnya bisa diisi dengan file yang anda inginkan. Misalnya memori internal anda 4GB akan terpakai 2GB untuk penyimpanan sistem android dan 2GB untuk penyimpanan file yang anda perlukan.



Pengertian memori eksternal



Memori eksternal adalah memori berbentuk kartu yang bisa kita pasang untuk penyimpanan tambahan di android. Terdapat berbagai macam kapasitas memori eksternal ( kartu SD) mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 16GB dan seterusnya sesuai perkembangan zaman, memori eksternal banyak dijual di konter atau toko hp.

Memori eksternal ini bisa diisi penuh sesuai dengan kapasitas yang tersedia tanpa terpotong oleh sistem android.


Pengertian RAM



RAM kepanjangan dari (Random Access Memory) adalah tipe penyimpanan android yang mengatur jalannya sistem operasi android. RAM menjadi masalah serius yang dikeluhkan para pengguna android, karena Memori RAM yang cepat habis padahal aplikasi sedikit.

Jika memori RAM penuh maka android akan berjalan lambat (lemot) dan kadang blank tanpa sebab, hal ini tentu membuat pengguna android kesal dan tidak segan-segan untuk membanting hp-nya :D .

Cara mengatasi memori RAM penuh adalah dengan meng-uninstall aplikasi yang ada, RAM akan cepat penuh jika banyak aplikasi yang terinstall di android anda. Oleh karena itu buanglah aplikasi yang jarang digunakan.


Penyebab memori internal android penuh



Ketika anda bermain sebuah aplikasi yang membutuhkan internet baik itu game ataupun social media maka secara otomatis akan menyimpan file buangan yang mengisi memori atau disebut dengan cache. File cache ini mengisi memori internal kita sesuai dengan penggunaan aplikasi, jika anda sering memakai aplikasi tertentu maka cache akam semakin menumpuk dan memenuhi memori android.

Hapus File-file besar yang tidak penting, hal ini sering diabaikan para pengguna android padahal menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kapasitas memori internal android.

Selain itu, Junk file (file sampah) juga akan memenuhi memori internal anda. junk file masuk ke memori anda tanpa diketahui dan bagaimana cara mengatasinya simak di bawah ini.


Cara mengatasi memori internal anroid penuh




1.Pindahkan penyimpanan kamera android


Cobalah untuk pindahkan ruang penyimpanan hasil kamera ke memori eksternal (jika punya). Kenapa harus dipindahkan, karena hasil jepret foto kamera HP sekali itu bisa memakan memori sekitar 3-5 MB sehingga akan memenuhi memori internal android, itulah kenapa harus melakukan cara ini.

Caranya terdapat di pengaturan kamera hp = masuk ke kamera > penyimpanan kamera > pilih memori eksternal (kartu SD).


2.Hapus cache di setiap aplikasi yang terinstall



Hapus cache di setiap aplikasi, semua aplikasi pasti mempunyai penyimpanan cache.oleh karena itu, periksalah setiap aplikasi yang memakan cache cukup besar seperti: facebook, WhatsApp, Instagram dan aplikasi lain.

Apa Fungsi cache?

Cache berfungsi untuk mempercepat kinerja aplikasi yang dibuka, contoh jika kita pertama kali membuka instagram pasti akan terasa lambat dan jika kita sudah pernah membuka sebelumnya pasti akan terasa cepat, di saat itulah cache akan terisi dan memenuhi penyimpanan android, semakin sering aplikasi dibuka maka cache akan semakin banyak terisi.

Cara menghapus cache
buka pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > hapus cache.

Jika anda malas untuk menghapus cache aplikasi satu per satu, anda bisa mendownload aplikasi penghapus sampah yang saya sarankan di google playstore, link nya ada di bawah guys lanjut baca.


3.Bersihkan file sisa pada aplikasi



Jika anda meminta aplikasi dari teman lalu anda meng-installnya, alangkah baiknya setelah diinstall anda hapus aplikasi mentahannya karena itu akan memenuhi memori internal saja.

Semakin banyak anda menginstall aplikasi lalu tidak menghapus aplikasi mentahannya maka kapasitas memori internal akan cepat penuh.

Cara menghapusnya bisa langsung ke file aplikasi di storage.


4.Pengaruh dari file download yang terlalu banyak



Aplikasi yang banyak menyimpan data seperti youtube. Youtube sekarang bisa dinikmati dengan download video secara offline dan otomatis hal itu akan mengisi kapasitas memori pada android, tidak hanya youtube ada juga aplikasi yang menyimpan data besar seperti JOOX, play store, play music, tiktok dan lain-lain.

Aplikasi social media seperti whatsapp, facebook dan instagram juga bisa menyimpan data tersembunyi sehingga menyebabkan kapasitas memori penuh.

Cara mengatasinya adalah dengan memindahkan aplikasi ke memori eksternal sehingga membuat memori internal terbebas dari data aplikasi yang memenuhi memori.

Dengan itu maka android akan bekerja lebih leluasa dan sistem bekerja lebih cepat karena kapasitas memori yang tersedia cukup banyak.


5.Menggunakan aplikasi pembersih



Ada beberapa aplikasi pembersih yang ampuh untuk membersihkan memori internal anda, diantaranya:

- Clean master

- NOX Cleaner


- Super Cleaner



Aplikasi pembersih adalah aplikasi yang membersihkan sampah secara otomatis, aplikasi ini bisa kalian download di play store dengan kata kunci "cleaner".

Sesudah kalian install, lalu buka aplikasi biasanya ada tombol pembersih satu kali klik maka sampah yang ada di memori internal akan terhapus secara otomatis.


6.Reset android anda



Jika kalian sudah memakai HP sekitar 1-2 tahun sebaiknya reset saja android-nya, karena itu akan memulihkan memori internal yang ada pada android.

Sebab android yang sudah lama tidak terurus junk file (file sampah), dan menyebabkan memori internal kurang maksimal maka jalan keluarnya adalah dengan me-reset android anda.

Sebelum reset android, alangkah baiknya untuk mem-backup dulu data-data yanh dianggap penting untuk mencegah terjadinya kehilangan. Anda bisa upload filenya ke google drive, setelah HP anda di reset kemudian download kembali file tersebut.

Dengan me-reset android semua data yang ada di android akan terhapus dan memori internal anda akan kembali fresh seperti baru.




BACA JUGA:

4 cara mengatasi hp mati total dan tidak bisa di cas
2 cara mudah mengatasi bootloop android

Posting Komentar

0 Komentar