4 Cara Membuka dan Mengedit file PDF dengan mudah di Android

4 Cara Membuka dan Mengedit file PDF dengan mudah di Android 

cara membuka dan mengedit file PDF



File PDF sangat penting untuk kehidupan sehari-hari anda seperti: keperluan kerja, belajar dan lain-lain. Pada saat ini anda tidak perlu repot-repot buka file PDF di computer, sekarang anda bisa membuka file PDF lewat android supaya bisa diakses lebih mudah.


Cara membuka file PDF di android yaitu dengan menginstall aplikasi pembuka PDF di android yang bisa ditemukan di playstore. Berikut adalah rekomendasi aplikasi pembuka PDF yang bisa and coba.


1. PDF Reader


play store


PDF adalah aplikasi pembuka PDF yang popouler. Keunggulan aplikasi ini tidak hanya untuk membuka file  PDF, bisa juga membuka file ZIP, XVS, DjVu. PDF reader bisa diinstall di android versi 2.0 ke atas dengan kapasitas 5.5 MB. PDF reader dilengkapi dengan fitur lengkap yang memudahkan anda saat mengakses file PDF seperti: mode baca per halaman, daftar isi, pencarian teks, ekspor bookmark ke file text dan lainnya.


2. Adobe Acrobat Reader


play store


Adobe Acrobat Reader memiliki kapasitas 17 MB yang dilengapi dengan fitur fitur yang lengkap untuk memudahkan anda mengakses file PDF. Adobe Acrobat Reader memiliki fitur PDF View, pencarian teks, memperbesar dan memperkecil, mode single (jomblo), gulir lanjutan, mode reading dan fitur lainnya yang membuat anda lebih nyaman saat mengakses file PDF. anda juga bisa membuat komentar pada file PDF menggunakan cacatan tempel atau alat gambar lain. Anda juga bisa mengambil foto dari kamera android anda untuk dijadikan file PDF. Untuk menggunakan aplikasi ini membutuhkan versi android 4.4 +.

3. Google PDF Viewer


play store


Google PDF Viewer sudah disediakan sebagai fitur untuk membuka file PDF di Google Drive. Di Google PDF Viewer anda bisa membuka file PDF, mencetak file, meneluauri file dan mencari teks dari file PDF. File size untuk Google PDF Viewer sekitar 3.8 MB, diunduh oleh 10 juta pengguna playstore.


4. WPS Office


play store


WPS Office memiliki fitur fitur yang unik saat mengakses file PDF seperti: rangkaian office gratis, gabung dan pisah PDF, tanda tangan PDF, memindai dokumen kertas menjadi PDF menggunakan kamera android, konversi teks menjadi gambar halus, paket font, template presentasi ekslusif, Konversi PDF ke Word dan fitur lain yang bisa anda coba setelah menginstall aplikasi WPS Office. Aplikasi dengan fitur lengkap ini bisa memudahkan anda mengakses file PDF di mana saja dan kapan saja.


5. Office Suite


play store


Office Suite menyediakan fitur untuk mengedit file PDF sesuai keinginan. Office Suite juga memiliki banyak fitur lengkap untuk kenyamanan anda saat mengakses file PDF. Selain PDF, di Office Suite anda bisa membuat dokumen Word, Excel dan PowerPoint.

Itukah beberapa aplikasi yang saya sarankan, sebenarnya masih banyak aplikasi lain untuk mengakses file PDF, tapi menurut saya aplikasi di atas yang paling banyak dipakai para pengguna file PDF. 


Cara membuka file PDF yang terkunci


Ciri-ciri file PDF yang dikunci, jika anda ingin membukanya maka akan diminta password untuk konfirmasinya. Jenis file PDF yang terkunci mempunyai alasan tertentu seperti: hak cipta dan privasi file.

Pada file PDF yang terkunci terdapat teks pada bagian belakang yang menandakan file tidak bisa di copy-paste menu print berwarna abu-abu , tanda tersebut menunjukan fitur tidak bisa di pakai.

Jika anda butuh file PDF yang terkunci itu untuk pekerjaan, tugas kuliah atau hal lain. Maka anda harus menggunakan beberapa aplikasi atau situs web untuk membuka paksa file PDF tersebut. Simak caranya di bawah ini.


1. iLovePDF


iLovePDF adalah salah satu aplikasi yang bisa membuka file PDF yang terkunci.

Cara membuka file PDF yang terkunci menggunakan aplikasi iLovePDF:
Download dan install aplikasi iLovePDF - kemudian cari fitur unlock pada menu tools - kemudian akan muncul tampilan nama file PDF yang terkunci - pilih file dengan menekan ikon pada kanan atas aplikasi - pilih file yang terkunci - kemudian tekan unlock PDF - selesai. Setelah itu file PDF bisa dibuka.

Selain menggunakan aplikasi, membuka PDF yang terkunci juga bisa melalui website penyedia jasa file.

DOWNLOAD - iLove PDF


SmallPDF.com


Webiste SMALLPDF.com bisa membuka file PDF yang terkunci secara online.

Caranya: Akses website SMALLPDF.com melalui browser - setelah itu, muncul tampilan website yang menyediakan fitur-fitur untuk file PDF - pilih fitur unlock PDF - lalu pilih file PDF yang terkunci - setelah itu centang kotak dialog "I pinky swear that I have the right to edit this file and remove its protection" - lalu pilih opsi PDFBoom - tunggu beberapa saat - sesudah itu anda bisa membuka file PDF tanpa terkunci.


CrackmyPDF.com


Website CRACKMYPDF.com juga menyediakan tools yang bisa membuka file PDF yang terkunci secara paksa.

Caranya: Akses website CrackmyPDF.com - kemudian muncul fitur untuk file PDF - Upload file PDF yang terkunci - lalu centang kotak dialog "I agree to the Terms of Service below” - klik opsi unlock - tunggu beberapa saat. Setelah itu anda membuka file PDF tanpa terkunci.


Cara edit file PDF di android


Bagaimana cara mengedit file PDF sesuai dengan keinginan kita. Biasanya mengedit PDF menggunakan laptop/PC, tapi anda bisa mengedit file PDF di android juga.

Mengedit file PDF bisa menggunakan aplikasi ataupun situs penyedia edit PDF. Aplikasi yang bisa untuk mengedit file PDF adalah: 


Xodo PDF Reader & Editor


Aplikasi ini mempunyai fitur untuk mengedit file PDF sesuai keinginan kita. Aplikasi yang mempunyai tampilan dinamis serta mudah digunakan.

Link aplikasinya disini

Aplikasi ini bisa mengakses file PDF pada cloud storage seperti: google drive, dropbox, onedrive dan lain-lain.

Edit file PDF melalui situs

Jika anda enggan untuk mendownload aplikasi mengedit file PDF, anda bisa mengakses situs yang menyediakan jasa edit PDF online. Salah satu situsnya ialah: cutepdf-editor.com.


CutPDF-editor.com


Situs ini menyediakan jasa edit file PDF secara online dengan fitur canggih yang dimilikinya.

Caranya: Akses laman cutepdf-editor.com - setelah diakses akan terlihat fitur untuk edit PDF - setelah itu anda upload file PDF yang ingin kalian edit - lalu edit file PDF sesuai keinginan - kemudian simpan file di tempat file storage.


Cara Membuka File PDF yang Rusak di android


PDF (Portable Document Format), file PDF di dukung oleh sesua jenis sistem operasi tanpa ada kendala dari software maupun hardware. File PDF sangat unik dari jenia file lain karena ada tambahan keamanan pada file sehingga bisa di lindungi.


Dokumen PDF sulit untuk dirubah isinya karena terdapat password untuk konfirmasi saat ingin membuka file atau file mempunyai watermarks.

Penyebab file PDF bisa rusak adalah dari gangguan perangkat lunak. File PDF beresiko rusak karena anda melihat file secara online, banyak kasus yang setelah melihat file PDF secara online ketika ingin dibuka lagi terasa lambat bahkan tidak bisa dibuka sama sekali. Membuka file PDF di browser beresiko merusak file.

Jika anda mencoba membuka file PDF dari link dalam browser anda, kemungkinan akan mengalami masalah file dan tidak bisa dibuka. Penyebabnya adalah plug-in yang hilang pada browser yang memuat file PDF.

Pada saat anda mengirim file PDF melalui email, kemungkinan mengalami error karena file dikirim secara mutlak. Untuk mengatasinya harap lakukan kompresi pada file menggunakan aplikasi zarchiver untuk mengubah format file ke packing: seperti: *.zip, *.rar . Gunakan jika ingin mengirim PDF dalam jumlah banyak melalui email. Kenapa file PDF bisa error, kemungkinan karena kegagalan saar download file PDF.

Cara 1: Cara pertama untuk memperbaiki file PDF yang rusak adalah dengan menggunakan aplikasi notepad di android.

Download aplikasi notepad di playstore - setelah itu masuk ke aplikasi - cari file PDF yang rusak - lalu buka - pada saat dibuka terdapat banyak kode-kode - hapus kode-kode yang ada dengan cara manual.

Cara ini memakan banyak waktu dan akan membuat kita bosan.

Cara 2: Cara kedua untuk memperbaiki file PDF yang rusak adalah menggunakan situs web yang menyediakan fitur repair file PDF.

Situs web untuk memperbaiki PDF banyak bertebaran di google, diantaranya:

pdf2go.com
pdf-online.com
sejda.com

Caranya: anda tinggal upload file PDF yang rusak ke tools yang sudah disediakan - lalu tinggal pilih opsi 'repair' - situs web akan memperbaiki file PDF anda - biasanya file PDF yang sudah diperbaiki akan dikirim ke email pengguna.



BACA JUGA:

5 cara download video facebook di android
5 manfaat root untuk game android



Posting Komentar

0 Komentar